Tips Melatih Kecepatan Membaca

Tips Melatih kecepatan membaca - Salah satu ciri budaya masyarakat modern adalah membaca. Kegiatan membaca  sudah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari. Namun kegiatan ini belum begitu membudaya di tengah sebagian masyarakat.

Pada umumnya kegiatan membaca dilakukan di saat waktu senggang atau sekadar mengisi waktu lowong. Bahkan dilakukan saat-saat yang terpaksa dimana ada kegiatan yang mengharuskan membaca. Umumnya hal ini dilakukan oleh sebagian pelajar dan mahasiswa yang akan mengikuti ulangan atau ujian. Ini menjadi salah satu kendala dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.


tips,melatih,kecepatan,membaca

Bukan rahasia lagi bahwa budaya membaca bangsa Indonesia masih rendah jika dibandingkan negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam. Disinyalir bahwa, salah satu penyebabnya adalah rendahnya kemampuan memahami apa yang sudah dibaca. Istilah lainnya, kecepatan membaca masih rendah. Rendahnya kecepatan membaca sering disebabkan oleh kesalahan dalam membaca. Berikut adalah kesalahan umum yang sering dilakukan:
1.Mata sering terfokus pada kata-kata asing atau kalimat yang menarik sehingga mata tidak fokus lagi kepada kalimat yang seharus dibaca.

2.Membaca secara zigzag dan tidak runtut sehingga kalimat yang mesti dibaca menjadi tertinggal.

3.Sering melafalkan kata yangg dibaca dalam hati pada waktu bersamaan sehingga memperlambat waktu baca.

Sehubungan dengan hal di atas, pengelola kursus membaca MindWorks, di Inggris, Ken Shear mengemukakan, orang dewasa rata-rata membaca 250 kata permenit. Setelah 36 jam, daya ingat yang tersisa dari apa yang dibacanya itu tinggal 10 %. Itu artinya, orang yang membaca 1 jam hanya menguasaai bahan yang dibaca selama enam menit. Mengapa sedikit sekali penguasaan bahan yang telah dibaca?

Lebih jauh, Shear menyebutkan, kebanyakan orang dalam mebaca mengunakan otak kirinya. Wilayah otak kiri, menurutnya, biasanya membaca dengan pola analisis, harfiah, dan linear. Sementara otak kanan mampu melakukan pemahaman secara simbolik dan spasial serta mudah menangkap makna intuitif dan metafhor.

Maka shear menyarankan agar digunakan kedua belah otak ini secara bersamaan maka membaca sekaligus  memahami teks  bisa dilakukan dengan kecepatan lebih.

Nah, berikut ini dikemukakan bagaimana melatih kecepatan dalam membaca;
1. Libatkan otak belahan kiri dan kanan dalam membaca.
 
2. Biasakan membaca bahan bacaan dengan runtut dari samping kiri ke samping kanan.

3. Kalau perlu gunakan jari tangan atau benda lainnya (misalnya pensil) untuk mengikuti baris-baris kalimat bahan bacaan tersebut

4. Biasaakan mata untuk terlibat dalam rute membaca secara tertetib, namun hal ini tergantung pada koordinasi mata, jari dan otak.

Demikian sepintas kilas bagaimana tips melatih kecepatan membaca. mudah-mudahan dengan meningkatnya kecepatan membaca membuat kita terbiasa membaca dan membudaya dalam kehidupan sehari-hari.

Share this :

10 Responses to "Tips Melatih Kecepatan Membaca"

  1. Selamat Malam Bapak Uda Awak. Sudah malam saya masih mendapat pelajaran
    Yang sangat mendidik buat pengetahuan tentang melatih ketangkasan dalam
    Membaca yah Pak. Atikel ini sangat bermanfaat sekali sebagai Juru didik dan
    Bisa membuat Siswa lebih matang. Terima kasih Pak atas pencerahanya salam santun :)

    BalasHapus
  2. Sangat Bersyukur saya Pak Uda, Ilmunya saya dapat kan, Kesempatan
    Pertamax nya saya bisa dapat juga. terima kasih atas Artikel Edukasi nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu hambatan pengembangan minat baca memang masalah ketangkasan dalam membaca, mas Saud....Anak-anak didik sering malas karena banyak butuh waktu dalam membaca suatu sumber informasi....Terima kasih kunjungan tengah malamnya mas, meskipun Uda sudah ketiduran waktu itu...hehehe.

      Hapus
  3. kalau bisa melatih kecepatan membaca apa tidak terpengaruh dengan kecepatan mikir Mas? soalnya kadang kalau cepat membaca bisa cepat lupa apa yang sudah di baca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melatih kecepatan membaca sekaligus melatih kecepatan berfikir, mas...Membaca bukan berarti sekadar membaca tetapi diikuti dengan pemahaman dan nalar. Jadi, berlatihnya mungkin secara perlahan dan bertahap. Begitu, mas...

      Hapus
  4. Tapi ini kayaknya juga terngantung orangnya ya, soalnya saya sendiri kalau membaca terlalu cepat malah bikin cepat lupa, dan isi dari bacaanya malah jadi susah masuk.

    Cara membaca dengan otak kanan itu gimana ya? Saya masih agak bingung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepatnya barangkali tergantung kebiasaan seseorang dalam membaca. Membaca semata, apalagi terlalu cepat, memang susah masuknya dan mudah lupa terhadap apa yang dibaca.

      Namun dengan melibatkan otak kanan, berarti memahami dan memberi makna sendiri terhadap bacaan yang dibaca. Sehingga kita dapat menangkap makna di balik bacaan yang kita baca. Jadi, di samping kecepatan membaca ditingkatkan, pemahaman terhadap apa yang dibaca juga diperdalam.

      Hapus
  5. Ada yang bilang, agar bisa membaca dengan cepat katanya harus dikuti dengan gerakan kepala, bagaimana menurut Bapak..?? Apakah ini hanya terkait kebiasaan pembaca saja atau memang langkah yang efektif agar cepat membaca..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu artinya gerakan mata diikuti dengan gerak kepala.dari samping kiri ke kanan mengikuti bahan bacaan, menurut saya termasuk alternatif mempercepat membaca, mas...Saya sering melakukan hal ini soalnya...hehehe. Terima aksih ya mas...?

      Hapus
  6. menarik informasi bahwa membaca perlu melibatkan otak kanan.
    tapi dalam praktek rasanya perlu latihan agar mampu melibatkan
    kedua belahan otak

    BalasHapus