5 Tips Ringan Menghadapi Ujian Naik Kelas

5 Tips ringan menghadapi ujian naik kelas Satu atau 2 minggu ke depan, siswa kelas 1 sd 5 jenjang SD/Sederajat, kelas VII dan VIII jenjang SMP/Sederajat dan siswa kelas X dan XI jenjang SMA/Sederajat akan menghadapi ujian kenaikan kelas.

Hiruk pikuk ujian nasional, pelaksanaan maupun hasilnya akan berakhir. Perhatian pihak sekolah akan tertuju pada pelaksanaan ujian kenaikan kelas tersebut. Tak terkecuali bagi siswa pada jenjang pendidikan tersebut.

tips,menghadapi,ujian,naik kelas

Ujian kenaikan kelas menjadi bagian prosesi pendidikan di sekolah untuk menentukan tingkat siswa pada suatu jenjang pendidikan. Bagi siswa, tinggal kelas merupakan hal yang tabu.

Semua siswa ingin naik kelas meskipun pada akhirnya akan ada yang mengalami tinggal kelas. Bagaimana upaya siswa menghadapi ujian tersebut agar naik kelas?

Berikut ini tips menghadapi ujian naik kelas:

1.Benahi seluruh catatan pelajaran, khususnya untuk mata pelajaran yang diuji-tuliskan untuk naik kelas. Jika ada yang kurang lengkap, segera lengkapi secepat mungkin. Atau bisa juga dengan meminjam kemudian foto-copy catatan teman yang dianggap lengkap. Kalau catatan tidak lengkap, bagaimana siswa akan belajar di rumah dengan baik?

2.Periksa kembali apakah ada nilai ulangan harian yang belum tuntas. Jika ada maka hubungi guru mata pelajaran yang bersangkutan untuk mencari penyelesaiannya. Nilai ulangan harian termasuk unsur penting dalam penentuan nilai rapor kenaikan kelas.

3.Biasanya menjelang ujian dibagikan kisi-kisi soal ujian mata pelajaran. Apakah siswa sudah memilikinya? Hal ini hanya sekadar untuk pedoman dalam mempelajari materi pelajaran yang akan diujikan.

4.Jaga kesehatan mulai dari sekarang. Maksudnya kurangi waktu bergadang sebaliknya perbanyak istirahat (tidur).

5.Berdoa dan mohon restu orang tua agar sukses ujian dan naik kelas. Bagaimanapun, keberhasilan siswa tak lepas dari restu orang tua siswa.

Demikianlah tips ringan untuk menghadapi ujian naik kelas. Semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "5 Tips Ringan Menghadapi Ujian Naik Kelas"

Poskan Komentar