logo blog
Selamat Datang di web Matra Pendidikan
Terima kasih atas kunjungan Sobat semua di situs pendidikan ini,
semoga artikel yang ada di sini menjadi bahan diskusi dan inspirasi bagi kita semua
dalam rangka membangun pendidikan Indonesia yang berkualitas.

Tips Merawat Seragam Sekolah Anak

Tips merawat seragam sekolah anak – Ibu rumah tangga memppunyai banyak tugas dan pekerjaan di rumah. Seorang ibu akan merawat anak dan segala  perlengkapannya dengan telaten. Salah satu kegiatan penting yang dilakukan seorang ibu rumah tangga adalah menjaga semua perlengkapan sekolah anak dan peralatan lainnya.

tips,merawat,seragam,sekolah

Tujuannya adalah supaya perlengkapan dan peralatan sekolah tersebut tetap awet dan tahan lama. Hal ini akan dapat mengirit pengeluaran, apalagi dalam kondisi perekonomian saat ini.  Selaian itu dapat pula digunakan untuk biaya pendidikan anak yang lainnya. Baca juga: Tips Merawat Perlengkapan Sekolah

Kali ini lebih dalam akan dibahas bagaimana memelihara seragam sekolah anak. Bagi sahabat yang mempunyai anak usia taman kanak kanak dan sekolah dasar, perawatan seragam harian sekolah anak perlu mendapat perhatian khusus. Anak pada usia ini paling tidak bisa memperhatikan keselamatan seragam sekolahnya.

Pakaian seragam sekolah  anak usia sekolah dasar adalah stelan baju putih dan celana/rok merah.  Baju anak  sering kotor dan semrawut. Maklumlah, aktivitas bermain  anak usia sekolah dasar, termasuk taman kanak kanak  cukup tinggi.  Mereka bermain lebih agresif  dengan temannya seperti berlari untuk bermain kejar-kejaran. Dapat dibayangkan bagaimana keadaan seragam anak setelah mereka pulang sekolah.

Berikut ini adalah tips merawat seragam sekolah anak :

1.Seragam digantung pada cantolan kain.
Jika seragam anak  masih bisa dikenakan untuk hari esoknya,  sebaiknya pakaian itu digantung dengan gantungan kain (cantolan) di tempat yang kena angin. Upaya ini bertujuan agar seragam anak tidak semrawut. Selain itu mencegah kelembababan yang memungkinkan timbulnya bintik-bintik hitam pada baju terutama pada ketiak dan punggung.

2. Mencuci dengan sedikit sabun cuci.
Jika seragam anak terlalu kotor segeralah cuci  dengan menggunakan sedikit sabun. Namun dibilas dengan air yang cukup. Sebenarnya, mencuci seragam anak terlalu sering dengan pencuci terlalu banyak akan membuat cepat lapuk dan pudar warnanya.

3.Menjemur seragam di tempat teduh.
Menjemur pakaian sekolah anak yang sudah dicuci, sebaiknya dikeringkan  saja pada tempat yang tidak kena cahaya matahari langsung.

4.Menyetrika dengan suhu sedang.
Menyetrika pakaian seragam sekolah anak bertujuan supaya rapi. Sebaiknya disetrika pada saat setrika bersuhu sangat tinggi. Tujuannya supaya pakaian tidak cepat menipis dan mudah robek.

Demikianlah tips merawat seragam sekolah anak dan mudah-mudahan ada manfaatnya dari artikel sederhana ini.


Enter your email address to get update from Uda Awak.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

6 komentar

kerapihan dan keawetan pakian seragam anak...memang tergantung bagaimana kita cara merawatnya ya mas...dan tips ini sangat berguna sekali...

trims ya mas sdh berbagi :)

Balas

waduh yang no. 2 - 4 itu agak sulit dikontrol mas, biasa masukin loundry

Balas

@>>budi os 19: ya, mas Pur. Sepele namun perlu mendapat perhatian dalam merawatnya.

Balas

@>>Mohammad Isnaeni: memang itu masalahnya mas. Kita tidak tahu bagaimana loundry menjemur dan menyetrikanya. Mudah2an saja mereka mengerti dengan kondisi kita.

Balas

Tips di atas cocok juga Pak untuk mencuci Batik, kalau menyetrika dibalik aja.hehe

Balas

@>> Muh Hendrik: Ya, pak Hendrik. Batik pakaian seragam harian (PSH) saya cukup awet dg cara demikian..

Balas

Copyright © 2013-2014. Matra Pendidikan - Blog artikel pendidikan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger