Kegiatan MOS Awal Sekolah

Kegiatan MOS di awal sekolah – Selamat buat siswa kelas VIII dan IX jenjang SMP/Sederajat  dan kelas XI dan XII SMA/Sederajat. Mungkin di minggu ini sudah memulai hari pertama sekolah. 

Namun ada sekolah yang memulainya di bulan puasa. Bukan main! Siswa telah menduduki tingkat dan kelas yang baru. Tentunya sangat mengasyikkan, bukan? Oleh sebab itu mulai lagi dengan semangat dan cara belajar yang baru.

Bagi siswa baru di SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat, tentu saja lebih mendebarkan lagi. Siswa akan memulai belajar di tempat dan situasi baru. Selamat juga karena siswa telah diterima sebagai siswa baru.

Kegiatan pendidikan di awal sekolah  bagi siswa baru ditandai dengan pembukaan MOS( masa orientasi siswa. Selanjutnya kegiatan ini berlangsung 2 atau 3 hari. Siswa baru  perlu mengikutinya sebaik mungkin dengan perasaan senang dan gembira.  

Diharapkan tidak ada sekolah yang menerapkan sistem MOS ala perpeloncoan. Tujuan MOS untuk memperkenalkan siswa baru terhadap seluk-beluk lingkungan barunya.

kegiatan,mos,sekolah

Sebagai anggota  baru pada suatu sekolah, siswa perlu mengenal lingkungan sekolah dengan baik. Di lingkungan sekolah ada kepala sekolah, guru, tenaga administrasi, dan tenaga lainnya. Ini dikenal dengan lingkungan personal. Lingkungan fisik antara lain lokal belajar, perpustakaan, laboratorium, dan unit pelayanan lainnya.

Dengan mengenal lingkungan ini, siswa baru akan dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah. Sasaran yang hendak dicapai adalah siswa siap untuk belajar dan mentaati semua aturan yang ada di sekolah. 

Biasanya kegiatan MOS juga mengadakan penelusuran bakat dan minat siswa. Kegiatan ini untuk menjaring siswa yang berbakat dibidang tertentu dan akan dikembangkan selama pembelajaran berlangsung di sekolah itu. 

Pelaksanaan kegiatan MOS hendaknya bersifat sederhana, namun meriah, kreatif dan tepat sasaran. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan kepada siswa baru bahwa lingkungan sekolah tersebut menyenangkan. Lingkungan sekolah yang menyenangkan menjadi motivasi bagi siswa untuk belajar dengan baik.

Seusai kegiatan MOS diharapkan siswa dapat memulai belajar dengan penuh semangat untuk meraih prestasi belajar yang baik. Prestasi belajar dimaksud adalah prestasi akademik dan prestasi non akademik sebagai wujud pengembangan diri siswa. 

Demikian sekilas tentang kegiatan MOS di awal sekolah. Terima kasih 

Share this :

0 Response to "Kegiatan MOS Awal Sekolah "

Poskan Komentar