Inilah Alasan Pihak Sekolah Panggil Orangtua Siswa

Inilah alasan pihak sekolah panggil orangtua siswa - Pelaksanaan pendidikan di sekolah akan melibatkan berbagai pihak terkait. Pihak sekolah (kepala sekolah, guru dan tenaga administrasi) perlu bekerja sama dengan pihak lain, seperti; orangtua siswa, masyarakat dan intansi pemerintah setempat demi kemajuan pendidikan di sekolah tersebut. 

Pihak sekolah sebagai penyelenggara pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah akan berkomunikasi dengan semua pihak terkait. Komunikasi dapat dilakukan secara tulisan (undangan) maupun lisan (pesan). 

Kita sebagai orang tua anak, sering merasa khawatir bila ada panggilan, apalagi bersifat mendadak oleh pihak sekolah. Baik melalui undangan resmi  maupun pesan. Tidak jarang sebagian kita yang mengabaikan panggilan karena memang sudah sering terpanggil karena anak melanggar peraturan di sekolah.


alasan pemanggilan,pihak sekolah,orangtua siswa

Inilah beberapa kemungkinan alasan pihak sekolah memanggil orang tua siswa.

1.Musyawarah komite sekolah

Pemanggilan orang tua melalui surat undangan yang diketahui oleh komite sekolah bersifat periodik. Musyawarah paripurna komite biasanya di diadakan satu atau dua bulan setelah tahun pelajaran baru.

Panggilan musyawarah paripurna ini sudah bisa kita tebak isinya : iuran atau sumbangan. Biaya pendidikan anak semakin bertambah setelah berhasil diterima di sekolah itu. 

2.Pelanggaran peraturan sekolah oleh anak

Sekolah mempunyai peraturan tertentu dan harus dipatuhi dan ditaati oleh semua siswa. Bagi siswa yang melanggar peraturan sekolah akan mendapat sanksi mulai dari peringatan, pemanggilan orang tua sampai pengembalian siswa kepada orang tua.

3.Prestasi belajar anak menurun

Orangtua anak juga bisa dipanggil pihak sekolah karena prestasi belajar anak menurun. Panggilan ini dilakukan oleh guru kelas/wali kelas atau guru bimbingan konseling.

4.Penerimaan rapor semester

Sudah menjadi tradisi pada sebagian sekolah untuk menyerahkan rapor siswa bersama orang tuanya. Anak yang berprestasi, menjadi pemuncak kelas, biasanya diumumkan di depan para orang tua anak.

Anak bersama orang tuanya tampil ke depan mimbar penyerahan raport. Disinilah kebahagian orang tua yang memiliki anak berprestasi di sekolah. Jerih payah mencari uang untuk membayar iuran/sumbangan  seakan tak terasa.

Apapun alasannya, pemanggilan orang tua siswa oleh pihak sekolah berkaitan dengan kemajuan belajar siswa. Oleh sebab itu orang tua harus peka dan menyempatkan diri untuk memenuhi panggilan pihak sekolah tersebut.

Share this :

14 Responses to "Inilah Alasan Pihak Sekolah Panggil Orangtua Siswa"

  1. Orang tua saya di panggil ke sekolah karna saya maen laptop di sekolah... Apa yang harus saya lakukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung Sob...

      Panggilan pihak sekolah terhadap orang tua Sobat, membuktikan adanya kerja sama yang baik antara pihak sekolah dengan orang tua siswa. Tujuannya pasti untuk kemajuan belajar siswa.

      Di sekolah ada aturan dan tata tertib yang tertuang dalam kurikulum sekolah. Ada uraian pelanggaran dan sanksinya. Jika memang gara-gara main laptop orang tua kita dipanggil, maka saran saya, penuhi saja panggilan itu.

      Kita tak perlu panik, orang tua tak perlu malu. Mengapa? Tak seorang pun siswa yang tak bersalah karena mereka dalam taraf belajar.Maka belajarlah dari kesalahan itu agar tidak terulang kembali.

      Yang penting, kita mengakui kekhilafan dan meminta maaf kepada guru. Jika sempat kena marah oleh guru maupun orang tua, itu wajar. Itu tugas mereka kepada kita...

      Hapus
  2. Oarang tua saya dipanggil karena nilai olahraga saya belum keluar,gimana dong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemanggilan orang tua oleh pihak sekolah bisa saja karena mata pelajaran OR belum tuntas. Mengapa belum tuntas? Tentu sobat yang lebih mengetahuinya. Solusinya, penuhi saja panggilan pihak sekolah. Sobat tak usah malu atau takut. Pemanggilan orang tua, tujuannya slalu baik. Untuk kepentingan belajar Sobat...

      Hapus
  3. Bagaimana dengan pemanggilan orangtua karena anak melanggar tata tertib sekolah cukup besar ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemanggilan ortu oleh pihak sekolah tujuannya untuk membina anak dan sekaligus menjalin kerja sama dengan ortu siswa. Jika anak melakukan pelanggaran besar, tentu harus melihat pada peraturan dan tata tertib sekolah serta sanksinya...

      Hapus
  4. dulu waktu sekolah orang tua aku pernah di panggil sekolah dan itu penyebabnya karena aku pernah bolos mas hehehe tidak masuk kelas ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bearti disebabkan oleh faktor berkaitan poin nomor 2 ya mbak...hehehe...

      Hapus
  5. untunglah saya gak sampe dipanggil orang tua paling cuma dinasehatin sama guru budi pekerti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena mas Denny hanya melakukan pelanggaran disiplin belajar yang ringan kali ya mas?.

      Hapus
    2. iya sih malah abis itu saya dan teman saya malah lebih senang ngobrol sama guru budi pekerti orangnya baik enak diajak ngobrol

      Hapus
  6. gan saya kan kena pelanggaran yg bukan salah sya ..dan ortu sya jg dipanggil ..sya hrus gmn gan ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika memang betul-betul tidak bersalah, agan jangan khawatir. Silahkan beritahu ortu dan minta beliau untuk datang. Jika agan menjelaskan duduk persoalan sebenarnya, maka pemanggilan ortu akan berfungsi sebagai usaha konsolidasi antara sekolah dengan orang tua di rumah...

      Hapus
  7. Gan saya Bolos sekolah 3 hari terus orang tua saya dipanggil Ap yg perlu saya lakukan gan

    BalasHapus