5 Tips Sederhana Merawat Rambut Pria

5 Tips sederhana merawat rambut pria - Sebagian kaum pria memang tidak begitu mempersoalkan perihal rambut. Bagaimana pun keadaan rambut dianggap sebagai suatu kodrat semata. Dan, kebanyakan laki-laki memang tidak menganggap bahwa rambut sebagai suatu mahkota sebagaimana lazimnya kaum wanita.

Namun tidak sedikit kaum adam yang merasa bermasalah dengan rambut. Misalnya rambut tidak subur, kering, atau tumbuh uban sebelum waktunya. Hal ini sering mendorong laki-laki untuk melakukan upaya yang biasa dilakukan wanita mengatasi masalah rambut tersebut. 

Ada yang menerapkan cara-cara alami namun lebih banyak menggunakan produk perawatan rambut tertentu. 
Baca juga: Tips Agar Rambut Tidak Cepat Beruban
Perawatan terhadap rambut pria bertujuan agar rambut tumbuh subur, hitam berkilau, dan stiles dipandang mata sehingga meningkatkan performa dan rasa percaya diri. Tentu saja, tujuan ini sangat logis. 

Bagaimana seorang anak muda/berusia muda akan percaya diri dengan rambut yang ditumbuhi uban, rambut tipis, setengah botak, atau tidak berambut sama sekali kendatipun itu dipengaruhi oleh faktor genetis.

tips,cara,merawat,rambut

Untuk merawat rambut pria secara sederhana, berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan:

1.Menyisir rambut

Pengalaman sehari-hari menunjukkan bahwa rambut yang disisir secara teratur dan kontinyu dapat menyuburkan rambut. Namun perlu digunakan sisir yang lembut dan cara yang lembut juga. 

Hal ini dilakukan supaya pembuluh darah yang ada pada dermis akar rambut aktif mengedarkan darah sehingga merangsang pertumbuhan akar rambut di kulit kepala. 
Baca juga: Tips menyisir Rambut Agar Tumbuh Subur

2.Membersihkan rambut

Usahakan agar tidak sering bergonta-ganti shampoo pembersih rambut. Sebaliknya pilihlah pembersih rambut yang sesuai dengan jenis rambut. Sekarang sudah banyak tersedia pencuci rambut sesuai jenis rambut,  berminyak dan rambut kering. 

Jenis rambut kering atau berminyak ditentukan oleh kelenjar minyak yang terdapat pada bagian dermis (kulit jangat).

3.Mengatur rambut

Mengatur rambut supaya rapi dapat digunakan minyak rambut tertentu. Minyak rambut mempermudah penyisiran rambut. Di samping itu juga dapat menyuburkan rambut. 

Gunakan minyak rambut yang sesuai dengan jenis rambut dan jika tidak tepat, atau sering gonta-ganti, minyak rambut justru dapat merangsang tumbuhnya uban di kepala.

4.Memperindah tampilan rambut

Anak muda sering memperindah tampilan rambut, baik dengan memberi warna maupun model rambut. Namun berhati-hatilah agar tidak terlalu sering melakukannya. Tindakan yang berlebihan dapat mengurangi kesuburan pertumbuhan rambut. 

Rambut itu ibarat pohon yang memiliki daun, batang dan akar. Jika akar rambut tidak subur tidak mungkin berharap rambut akan tumbuh subur.

Aksi menghitamkan rambut beruban dengan pewarna tertentu termasuk memperindah tampilan rambut. Namun hal itu sifatnya sementara. Tindakan itu bukan untuk mencegah tumbuhnya uban. Justru bisa jadi merangsang pertumbuhan uban.

5.Menggunakan sabun mandi

Menggunakan sabun mandi saja untuk mencuci rambut mungkin menjadi alternatif bagi pria yang bermasalah dengan shampoo pembersih rambut. Namun gunakanlah sabun mandi yang mengandung lemah nabati. Hal inilah yang admin laksanakan sampai sekarang. Sudah dua puluh tahun menggunakan hanya sabun mandi sebagai pembersih rambut. Menggunakan minyak rambut murah namun konsisten.

Demikian tips merawat rambut pria secara sederhana. Diayakini, masih banyak tips yang lebih sederhana lagi yang dimiliki dan diposting sahabat. Mohon untuk berbagi melalui format komentar di bawah ini. 

Share this :

0 Response to "5 Tips Sederhana Merawat Rambut Pria"

Poskan Komentar