5 Manfaat Papan Tulis di Rumah

Manfaat papan tulis di rumah – Jika sobat mempunyai anak pra sekolah atau anak usia sekolah. 

Mungkin ada baiknya menyisihkan sedikit waktu dan uang untuk menyediakan sebuah papan tulis kecil. Benda ini cukup sederhana namun akan bermanfaat besar untuk keperluan belajar anak di rumah. 

Papan tulis ini bisa dibuat sendiri atau dipesan pada tukang perabot, misalnya ukuran 80 x 60 sentimeter dengan warna putih (whiteboard). Papan tulis ini membutuhkan sejumlah spidol warna hitam yang dapat diisi ulang (refill). 

Namun jika papan tulis berwarna hitam (blackboard), sobat perlu menyediakan kapur tulis. Sebaiknya jangan gunakan papan tulis ini karena serbuk kapur yang sudah dituliskan akan dapat merusak kesehatan anak.

Penyediaan papan tulis kecil di rumah bertujuan untuk menumbuhkan budaya tulis dan baca awal pada anak, mewujutkan kreasi dan imajinasi anak, wadah informasi praktis di lingkungan keluarga, dan lain sebagainya. 

Hal ini menunjukkan bahwa peran papan tulis kecil di rumah sebagai benda  multiguna dan multimedia yang murah meriah. Dengan pemanfaatan papan multiguna ini, orang tua sudah terbantu dalam membimbing anak belajar di rumah.

manfaat,papan tulis,rumah

Agar lebih rinci, berikut ini dipaparkan manfaat papan tulis kecil di rumah untuk anak dan orang tua:

1.Sarana praktis untuk melatih anak dalam membaca awal, menulis dan menggambar.

2.Media untuk menuliskan berbagai hal yang penting mengenai aturan dan kebiasaan di rumah tangga. Misalnya, peringatan untuk antri mandi di kamar mandi yang terbatas, himbauan hemat air dan listrik.

3.Dapat dijadikan sebagai draft pekerjaan rumah anak sekolah sebelum dipindahkan ke buku pekerjaan rumah, tempat coretan-coretan mencari bilangan sebagai pengganti kalkulator, dll. Hal ini akan mengurangi penggunaan buku tulis untuk coretan anak sekolah.

4.Media anak untuk berkreasi dan berinovasi sesuai bakat dan minat yang muncul pada anak. Anak dipersilahkan untuk menggambar, menulis sesuatu sesuai keinginannya.

5.Sewaktu-waktu dapat digunakan orang tua untuk menjelaskan sesuatu yang penting mengenai pekerjaan rumah anak. Sebagai orang tua mungkin saja menguasai mata pelajaran tertentu meskipun tidak berprofesi sebagai guru.

Share this :

4 Responses to "5 Manfaat Papan Tulis di Rumah"

  1. Alhamdulilah terimah kasi atas penjelasannya semoga saya dapat menerapkannya dalam lingkungan keluarga saya.

    BalasHapus
  2. Aku biasa menggunakan papan tulis sebagai media untuk mengajarkan membaca dan menulis sisterku :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantab kalau begitu, sob. Papan tulis memang efektif utk media baca dan tulis di rumah...

      Hapus