Pentingnya Kecerdasan Berbahasa Tulis

Pentingnya kecerdasan berbahasa tulis - Tak dapat dibayangkan seandainya orang tidak memiliki bahasa. Orang tidak akan bisa berkomunikasi dengan baik dan efektif dalam pergaulannya. Oleh sebab itu bahasa menjadi alat komunikasi penting bagi kita dalam pergaulan sehari-hari. 

Bahasa tulis adalah bagian dari alat komunikasi bahasa dalam pergaulan sosial di dunia nyata maupun maya. Kecerdasan berbahasa tulis meliputi kemampuan menuliskan kata dan kalimat serta kemampuan membaca kata dan kalimat tersebut dengan efektif. 

Dengan kecerdasan ini memungkinkan seseorang untuk merangkai kata bersifat sugestif, agitatif, propaganda, dll. Sebaliknya dapat pula membaca dan  memahami apa maksud si penulis kalimat tersebut.


[entingnya,kecerdasan,berbahasa

Katanya, orang cerdas memiliki kemampuan untuk menelaah bahasa tulis. Dengan cepat menangkap dan memutuskan makna suatu kata, kalimat melalui logika bahasa. Jadi, tulisan orang cerdas harus dihadapi dengan membaca yang cerdas juga. 

Tidak perlu dengan marah dan emosi. Jika tidak, besar kemungkinan kita akan terjebak  dan terpojok.

Bahasa tulis dapat dimanfaatkan orang untuk jalan yang baik. Menyebarkan informasi ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat bagi orang lain. Namun tak sedikit yang memanfaatkannya untuk jalan yang tidak baik demi kepentingan pribadi semata.

Kasus penipuan yang marak terjadi di dunia maya akhir-akhir ini menjadi salah satu bukti penggunaan kecerdasan bahasa tulis untuk jalan yang salah. Bahasa tulis dikemas sedemikian rupa sehingga orang terjebak dalam perangkap tipu daya yang menyesatkan. 

Ironisnya, orang merasakan semua itu setelah berada dalam perangkap itu, bukan sebelumnya.

Sobat mungkin sering membaca dan menyimak bagaimana pemilihan dan penyusunan kosa kata pelaku penipuan. Menarik dan memikat hati untuk diikuti. Kalimat-kalimat yang disusun pada awal-awalnya berusaha untuk meyakinkan sasarannya. 

Tapi ketahuilah, sugesti pada awal kalimat itu tak jarang sebagai jebakan dan landasan berpijak si pelaku untuk mengelak jika kedok terbongkar. Ini hebatnya!

Memang, tidak semua orang yang memanfaatkan kecerdasan berbahasa tulis untuk melakukan penipuan. Namun demikian, kita perlu juga berhati-hati dan memiliki kecerdasan berbahasa  untuk membaca dan menyimak bahasa tulis. Pada gilirannya, kita akan dapat membedakan mana yang penipuan dan mana yang tidak.

Share this :

2 Responses to "Pentingnya Kecerdasan Berbahasa Tulis"

  1. buat saya ngeblog itu salah satu cara untuk meningkatkan skill bahasa tulis, di samping penggunaan media sosial juga ikut mmebantu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sob. Kegiatan ngeblog dan penggunaan jejaring sosial melatih keterampilan berbahasa tulis. Terima kasih.

      Hapus