Dahsyatnya Sistem Kerja Otak Manusia

Dahsyatnya sistem kerja otak manusia - Jika otak manusia berfungsi untuk berfikir, itu hampir semua orang mengetahuinya. Inilah salah satu perbedaan manusia dengan makhluk lainnya. Tentu dalam hal lain mempunyai kelebihan tersendiri dalam soal otak.

Kelebihan manusia dari makhluk lain adalah memiliki otak waras dan mampu berfikir. Yang lebih menarik tentang otak manusia adalah sistem kerja yang begitu dahsyat. 

Kedahsyatan sistem sistem kerja tersebut tidak tidak terlepas dari sistem saraf pusat (otak) dan sumsum tulang belakang pada tubuh manusia. Otak dan sumsum tulang belakang dikenal sebagai pusat saraf manusia.

sistem,kerja,otak

Otak terletak dalam rongga tengkorak yang menjadi pusat dari seluruh sistem saraf manusia disamping sumsum tulang belakang. Otak manusia terbagi tiga bagian, otak besar, otak kecil dan sumsum lanjutan. Otak besar (cerebrum) adalah bagian terbesar sebuah otak yang volumenya lebih kurang 1.500 cc. 

Otak besar terdiri dua belahan, dimana belahan bagian kiri mengatur dan mengendalikan kegiatan tubuh bagian kanan. Otak belahan kanan mengendalikan kegiatan tubuh bagian kiri.

Fungsi otak besar manusia sangat luar biasa. Selain sebagai pusat untuk berfikir, juga sebagai pengatur kecerdasan dan kehendak atau kemauan.  Anak yang cerdas memiliki sistem kerja otak yang bagus. 

Hal ini ditentukan oleh asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi anak. Tentu saja, kecerdasan dan kemauan yang dimiliki anak akan mengacu kepada karakter yang baik.

Selain fungsi di atas, otak besar juga berfungsi sebagai pusat kesadaran dan mengendalikan semua aktivitas yang disadari seperti bergerak, berfikir, mendengar, berbicara dan lain sebagainya.

Sistem kerja otak dilengkapi dengan otak kecil (cerebellum) yang terletak di bawah otak besar. Fungsinya adalah pusat pengatur keseimbangan dan mengendalikan otot-otot manusia sebagai salah satu alat gerak.

Selanjutnya, bagian otak yang ketiga adalah sumsum lanjutan (medulla oblongata) yang terletak di bagian depan otak kecil. Sumsum lanjutan menghubungkan otak kecil dengan sumsum tulang belakang. Fungsinya adalah mengatur denyut jantung, kecepatan pernafasan, dan kegiatan tubuh lain yang tidak disadari.

Keberadaan sumsum tulang belakang tidak kalah pentingnya dari otak sebagai pusat saraf. Gerak refleks manusia ternyata diatur oleh sumsum tulang belakang. Orang tidak sempat berfikir terlebih dulu jika keinjak paku. Disinilah sumsum tulang belakang dengan cepat memerintahkan otot untuk mengangkat kaki agar tidak terlalu membahayakan.

Share this :

0 Response to "Dahsyatnya Sistem Kerja Otak Manusia"

Poskan Komentar