Upaya Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu Anak

Upaya menumbuhkan rasa ingin tahu anak - Penanaman konsep keilmuan suatu disiplin ilmu sudah dimulai sejak sekolah dasar (SD). Pada jenjang pendidikan berikutnya akan lebih mudah dikembangkan lagi melalui mata pelajaran tertentu. 

Jika siswa dibekali dengan konsep ilmu yang memadai maka di sekolah lanjutan pertama, tugas guru mata pelajaran tidak akan menjadi lebih berat untuk mengembangkan sikap ilmiah dan metode ilmiah.

tumbuhkan,ingin tahu

Salah satu sikap ilmiah yang perlu mendapat perhatian adalah rasa ingin tahu terhadap fenomena alam dan lingkungan sekitarnya. Keingintahuan siswa kadang-kadang memerlukan pembuktian ilmiah sesuai perkembangan fikiran siswa. 

Pembuktian itu dilakukan dengan metode ilmiah seperti melalui kegiatan praktikum sederhana yang dilakukan anak di rumah. Kegiatan praktikum sederhana di bawah ini merupakan contoh upaya melatih keingintahuan anak terhadap peristiwa ilmiah pada mata pelajaran IPA. 

Sebagai panduan orangtua membimbing anak, gunakan buku atau LKS IPA yang dimiliki oleh anak. 

Judul Tugas: Pertumbuhan Biji
Nilai karakter: Rasa ingin tahu

1.Sediakan piring plastik atau tempat minuman bekas yang diisi dengan kapas basah!

2.Letakkan 5 biji kacang hijau!

3.Siramlah setiap hari!

4.Amatilah perubahan yang terjadi setiap hari selama 10 hari!

5.Pertanyaan:

a.Bagian apa yang pertama kali tumbuh?
Jawab:_______________________________

b.Pada hari keberapa tumbuh akar?
Jawab:_______________________________

c.Pada hari keberapa tumbuh daun?
Jawab:_____________________________

d.Mengapa biji kacang hijau tumbuh besar?
Jawab:_____________________________

Praktikum sederhana di atas dapat menumbuhkan rasa ingin tahu anak. Jika proses ini sudah berjalan dan terlewati, anak akan kagum tentang biji kacang hijau yang bulat dan keras, bisa tumbuh akarnya. Kemudian muncul daun satu persatu.

Keberhasilan anak melakukan pembuktian terhadap pertumbuhan biji kacang hijau. Boleh jadi akan memotivasi anak untuk melakukan praktikum sederhana lainnya. Memancing rasa ingin tahu anak terhadap fenomena alam sekitarnya.

Share this :

0 Response to "Upaya Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu Anak"

Poskan Komentar