Pentingnya Mendampingi Anak Belajar di Rumah

Pentingnya mendampingi anak belajar - Seberapa pentingkah mendampingi anak belajar di rumah? Orang tua yang mempunyai anak usia sekolah dasar mungkin lebih ekstra perhatian terhadap kemajuan dan perkembangan belajar anak. 

Salah satu bentuk perhatian itu adalah mendampingi mereka ketika belajar di rumah. Banyak sekali yang dapat dilakukan orang tua terhadap belajar anak di rumah.  

Akan tetapi tidak mudah untuk melakukan semua itu. Kesulitan membantu anak belajar di rumah disebabkan oleh berbagai kondisi orang tua anak sendiri. Sebagian orang tua tidak sempat lagi mendampingi anak belajar karena keletihan bekerja siang hari. 

Anak terpaksa belajar sendiri dengan kondisi apa adanya. Namun bagi sebagian anak, kondisi seperti itu sudah biasa, tidak menjadi masalah baginya. Anak pun memaklumi kalau orang tuanya tidak mungkin diganggu istirahatnya. 

Jika ada masalah belajar yang tidak bisa diselesaikan, ia akan langsung menutup dan menyimpan buku-bukunya ke dalam tas sekolahnya.


mendampingi,anak,belajar

Di pihak lain, orangtua yang banyak memiliki waktu atau tidak terlalu sibuk pun, sering mengalami kesulitan dalam menolong anak belajar. Tidak semua pelajaran anak dikuasai orangtua. 

Ketika orangtua mencoba membantu, anak sering tidak percaya apa yang dikatakan orang tuanya. Kata guru begini, kata guru begitu... Anak justru mempercayai kata gurunya di sekolah ketimbang orang tuanya.

Sebenarnya apa tujuan mendampingi anak belajar di rumah? Tentu kita semua sudah mengetahuinya. Tujuannya adalah:

1.Membantu anak dalam belajar

Jika orang tua menguasai mata pelajaran dasar anak, tentu akan mudah membantu mereka jika mengalami kesulitan belajar. Kadang-kadang orang tua memerlukan media untuk membantu anak belajar di rumah. 

Salah satu media yang digunakan adalah papan tulis kecil Banyak sekali yang bisa dilakukan dengan papan tulis ini.

2.Memotivasi anak

Motivasi belajar sangat penting bagi anak. Mendampingi anak menjadi salah satu bentuk motivasi ekstrinsik yang dapat meningkatkan prestasi belajar anak. Mereka  akan giat dan bersemangat  belajar karena mendapat dukungan penuh dari orang tua. Apalagi dukungan itu diungkapkan secara verbal melalui pemberian reward atau penghargaan.

3.Memantau perkembangan belajar anak

Memantau perkembangan belajar anak sangat penting dilakukan orang tua. Apakah anak mengalami kesulitan belajar di sekolah, apakah anak bermasalah dalam pergaulannya dengan teman sekolahnya, bahkan bermasalah dengan gurunya. Banyak sisi lainnya yang perlu dipantau oleh orang tua.

Apakah harus tiap malam harus mendampingi anak belajar? Tidak. Anak juga perlu dilatih untuk belajar mandiri. Mengatasi masalah belajarnya sendiri. Tidak hanya pihak sekolah yang berperan mengembangkan kemandirian siswa. Orang tua justru memiliki peran lebih istimewa.

Demikianlah sedikit uraian dalam mendampingi anak belajar di rumah. Mudah-mudahan menjadi inspirasi bagi orang tua yang mempunyai anak usia sekolah dasar.

Share this :

0 Response to "Pentingnya Mendampingi Anak Belajar di Rumah"

Poskan Komentar