Tips dan Cara Menata Buku Catatan Pelajaran

Tips dan cara menata buku catatan pelajaran – Artikel ini ditujukan buat siswa dan orangtua yang mempunyai anak usia sekolah. Namun tidak tertutup kemungkinannya untuk mahasiswa yang sedang mengikuti perkuliahan. Kuliah juga tidak luput dari kegiatan merangkum atau mencatat materi kuliah di buku catatan.


Buku tulis termasuk salah satu perlengkapan belajar siswa. Buku ini akan menjadi sebuah catatan  materi pelajaran yang perlu mendapat penataan yang baik agar terlihat bagus. Buku catatan berisi ringkasan atau rangkuman pelajaran tersebut dibuat ketika belajar di sekolah. Kemudian akan dibuka dan dibaca kembali di rumah.

menata,buku,catatan

Buku catatan pelajaran di sekolah sering diabaikan penataannya oleh siswa. Mungkin karena mereka sudah memiliki buku paket dengan tampilan yang bagus. Padahal keberadaan buku catatan sangat penting bagi siswa, apalagi saat menghadapi ulangan harian, ulangan semester dan ulangan naik kelas.

Buku catatan pelajaran berisi ringkasan materi pelajaran. Berbeda dengan buku paket yang berisi uraian materi lengkap sebuah mata pelajaran. Nah, saat menghadapi ulangan, tidak mungkin siswa membaca isi keseluruhan buku paket yang ada. 

Yang paling efektif dilakukan oleh siswa adalah membaca buku catatan pelajaran. Berikut adalah beberapa pertanyaan dan prakiraan jawaban yang berkaitan dengan buku catatan:

#Kenapa siswa malas membaca buku catatan pelajaran?

1.Buku catatan pelajaran tidak lengkap disebabkan oleh beberapa hal seperti tidak sempat mencatat, malas, tidak hadir, dan bolos

2.Tampilan buku catatan terlihat semrawut, kulit luar maupun isinya sehingga tidak menarik untuk dibaca

3.Merasa tulisan tangannya tidak bagus, susah dibaca sendiri

3.Buku paket lebih lengkap uraiannya, tampilannya lebih bagus dan enak dibaca.

#Apa manfaatnya memiliki buku catatan tertata rapi dan cantik?

1.Membangkitkan semangat dan gairah belajar
2.Dapat meningkatkan pemahaman materi pelajaran dengan cepat
3.Dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
3.Memberi kesan pribadi yang rapi dan telaten kepada pemiliknya
4.Menimbulkan rasa puas dan kebanggaan tersendiri.

#Bagaimana supaya buku catatan terlihat tampil bagus?

1.Sewaktu mencatat ringkasan atau rangkuman materi pelajaran, sebaiknya jangan dicatat langsung ke buku catatan. Hal ini untuk menghindari coretan akibat akibat kesalahan sewaktu menyalin rangkuman. Gunakan buku bekas atau kertas lain sebagai draf catatan. Kemudian di rumah salin ulang dengan rapi ke dalam buku catatan pelajaran.

Cara ini memang berat namun dengan melakukan salin ulang, sekaligus telah mengantarkan siswa membaca dan mengulang pelajaran. Dengan demikian siswa semakin mengerti dengan apa yang ditulis dalam buku catatan.

2.Buku catatan diberi sampul kertas bergambar atau kertas warna warni sesuai keinginan. Kertas sampul buku ini sudah banyak disediakan di toko-toko buku dengan gambar dan warna yang beraneka ragam. Kemudian, sampul kertas dilapisi dengan sampul plastik transparan agar terhindar dari coretan, debu dan kotoran yang dapat merusak tampilan kulit luar buku catatan.

3.Buku catatan usahakan tidak pernah digulung apalagi dilipat. Bukankah siswa sudah mempunyai tas sekolah? Bagi yang belum memiliki tas sekolah, usahakan tidak memasukkan buku catatan ke dalam baju seragam sekolah. Hal ini akan merusak kulit buku karena basah oleh keringat.

Kesimpulan

Menata buku catatan sangat penting dilakukan oleh siswa. Supaya buku catatan pelajaran/kuliah bersih, rapi, dan terlihat menarik. Hal ini akan menumbuhkan semangat dan gairah belajar. Prestasi belajar akan dapat dicapai secara optimal.

Orang tua yang mempunyai anak usia sekolah dasar perlu membantu anak untuk melakukan penataan buku catatan pelajaran ini. Biasanya mereka belum terampil untuk menata buku catatan pelajaran.

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat. Terima kasih.

Share this :

0 Response to "Tips dan Cara Menata Buku Catatan Pelajaran"

Poskan Komentar