Proses dan Cara Membuat Tapai Beras Ketan Hitam

Proses dan cara membuat tapai beras ketan hitam - Sahabat matrapendidikan.com, kembali admin menampilkan artikel yang berkaitan dengan penerapan bioteknologi konvensional. Masih dengan tujuan sama, melengkapi tugas dan praktikum siswa di sekolah yang sedang mempelajari bioteknologi dalam mata pelajaran IPA. Simak: Bioteknologi Konvensional dalam Produksi Pangan

proses,cara,membuat tapai,beras ketan hitam
Foto : Tapai Beras ketan Hitam (viva.co.id)

Bagi sebagian wilayah Indonesia, terutama di Sumatera Barat, tapai (tape) beras ketan sudah menjadi penganan khas tradisi. Setiap bulan tertentu penganan yang satu ini harus ada di rumah dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi pembuatnya. Akan tetapi tape beras ketan juga dapat ditemukan di pasar pasar. Simak juga : Mencicipi Lamang Tapai Ini Dijamin Lidah Akan Berdecak Nikmat


Tapai beras ketan yang sudah jadi, dapat menjadi penambah makanan dan minuman lain seperti es cendol dan martabak. Anda yang sudah pernah atau sering membeli es cendol atau martabak selalu ditambahkan dengan tape beras ketan hitam. 

Nyata sekali bahwa penerapan bioteknologi konvensional dalam kehidupan sehari-hari telah menambah khazanah bahan pangan masyarakat Indonesia. Dan produk seperti ini patut dilestarikan dengan membuadayakan mengolah beras ketan menjadi bernilai tambah.


Bahan dasar pembuat tapai atau tape pada umumnya adalah singkong dan beras ketan. Ada 3 jenis beras ketan yang sering digunakan yaitu beras ketan merah, putih dan beras ketan hitam. Pada kesempatan ini admin akan menyajikan untuk anda proses dan cara pembuatan tapai beras ketan hitam.

Alat dan bahan:

1.kompor
2.panci
3.tampah
4.sendok kayu
5.lengseng
6.daun pisang
7.beras ketan
8.ragi tape

Cara kerja/membuat;

1.Beras ketan direndam dengan air dingin satu malam. Tujuannya supaya beras ketan mengembang dan lunak.

2.Cuci beras ketan sampai bersih kemudian kukus sampai setengah matang

3.Siram dengan air mendidih secara merata sambil diaduk sampai rata. Kemudian kukus lagi sampai matang

4.Tuang beras ketan dalam wadah dan ratakan

5.Taburkan ragi tape (saccharomyses cereviceae) yang sudah dihaluskan dan aduk sampai merata

6.Kemudian bahan tapai dibungkus dengan daun pisang

7.Simpan bahan tapai pada suhu kamar selama 3 sampai 5 hari. Jangan lupa simak: Proses Pembuatan Yoghurt

Demikianlah proses dan cara membuat tapai beras ketan hitam untuk melengkapi tugas praktikum siswa di jenjang SMP/MTs maupun SMU. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Proses dan Cara Membuat Tapai Beras Ketan Hitam"

Posting Komentar