Tips Ampuh Belajar Fisika

Tips ampuh belajar fisika - Fisika itu sulit? Pada umumnya siswa memang menganggap fisika sebagai mata pelajaran yang rumit. Jika ditelusuri, belum tentu pula mata pelajaran lain seperti matematika, bahasa Indonesia, dan mata pelajaran lain bersifat sosial akan mudah. Kalau begitu, tak satu pun mata pelajaran di sekolah yang mudah!

Jika mata pelajaran fisika dianggap tidak mudah, itu karena anggapan keliru semata. Atau memang, siswa tidak meminati mata pelajaran yang membutuhkan penalaran. Untuk belajar fisika diperlukan minat, keterampilan membaca dan perhitungan matematis.

tips,belajar,fisika

Materi pelajaran fisika tidak luput dari perhitungan melalui rumus dan rangkaian peristiwa yang abstrak. Hal ini tak perlu membuat pusing kepala siswa. Yang penting ada kemauan untuk mempelajari fisika sehingga nilai mata pelajaran ini tidak jelek. Berikut adalah tips ampuh belajar fisika versi Matra Pendidikan:

1.Perbaiki anggapan keliru

Pertama sekali yang perlu dilakukan adalah memperbaiki anggapan keliru terhadap mata pelajaran fisika. Rumus yang ada dalam materi fisika sesungguhnya berasal dari kalimat pernyataan.

Sebagai contoh, persamaan gaya Coulomb :Fc = k. Q1.Q2/r2  . Kelihatannya rumit kan? Sesungguhnya persamaan tersebut berasal dari kalimat pernyataan yang bias dihafalkan. Bahwa, besarnya gaya tarik atau gaya tolak (Fc) antara dua muatan (yaitu Q1 dan Q2) berbanding terbalik dengan kuadrat jarak (r2)antara kedua muatan tersebut. (catatan: berbanding terbalik sama dengan operasi pembagian dalam pelajaran matematika.)

2.Fisika punya bapak dan ibu

Apa maksudnya? Bapak fisika itu adalah mata pelajaran matematika. Sedangkan ibu mata pelajaran fisika adalah bahasa Indonesia. Untuk mempelajari fisika perlu terampil membaca dan menterjemahkan maksud setiap kalimat pernyataan. Kemudian terampil melakukan operasi perhitungan matematika.

3.Jangan merapel belajar fisika

Belajar itu harus rutin namun tidak perlu berlama lama. Maksudnya, belajar 10 menit  sebanyak 3 kali lebih baik ketimbang 45 menit dalam satu kali. Belajar fisika harus rutin dan tak perlu lama.

4.Rajin mengerjakan soal fisika

Rajin berlatih soal fisika mengantarkan siswa pada sebuah pemahaman dan keterampilan menyelesaikan soal ulangan. Orang yang pintar mengerjakan soal fisika bukan semata karena kecerdasannya. Namun lebih cenderung karena tekunnya berlatih soal-soal fisika.

5.Lengkapi semua kebutuhan fisika

Kebutuhan dalam mempelajari fisika antara lain buku sumber belajar, buku catatan, buku latihan, kumpulan soal-soal latihan, dan lain sebagainya. Buku sumber belajar fisika bisa jadi buku paket dan buku penunjang. Catatan fisika harus lengkap dan rapi.

6.Belajar kelompok

Belajar fisika di rumah sebaiknya dengan kelompok. Tidak perlu banyak, cukup 3 sampai 4 orang. Kalau terlalu banyak anggota kelompok, dikhawatirkan terjadi bukan lagi diskusi pelajaran fisika.

Demikianlah beberapa poin tips ampuh belajar fisika dan semoga bermanfaat.

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar, di dunia nyata maupun alam maya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
19 Desember 2015 20.55 delete

Setuju pak uda,,,biar biar mudah paham dengan rumus-rumus fisika harus rajin latihan soal ya...

Reply
avatar