Tips Merawat Sepatu Sekolah Anak

Tips merawat sepatu sekolah anak - Sahabat Matra Pendidikan, kembali akan disuguhkan tips yang mungkin bermanfaat bagi sobat. Khususnya yang memiliki anak atau adik usia sekolah dasar dan menengah pertama. 

Adapun pembahasan kali ini tips merawat sepatu sekolah anak. Baca juga: Tips Merawat Seragam sekolah Anak

Sepatu merupakan bagian perlengkapan sekolah anak yang perlu mendapat perawatan khusus. Mengapa tidak? Bagaimana penampilan anak sekolah jika baju dan celana/rok bagus namun sepatunya terlihat tidak nyaman dipandang mata. Konon, sepatu merupakan salah satu kunci penampilan anak sekolah di mata teman-teman maupun gurunya. Benarkah?

Memang, perawatan terhadap sepatu sekolah anak kelihatannya sepele. Tapi ingat, karena sering dianggap demikian, orang tua sering tercengang lantaran anak minta dibelikan sepatu lagi. Rasanya baru beberapa bulan kemarin sang anak dibelikan sepatu baru. 

Disinilah pentingnya melakukan perawatan alas kaki anak dengan sabar dan telaten.  Alas kaki sekolah anak akan awet dan bertahan lama sehingga bisa mengirit pengeluaran.

tips,merawat,sepatu,anak

Sepatu untuk sekolah anak umumnya terbuat dari bahan kain dan sejenisnya. Sepatu yang kurang perawatan akan terlihat pudar dan ditumbuhi jamur, apalagi pada musim hujan. Selain tidak bagus dipandang mata, alas kaki ini pun sering menimbulkan bau yang tak sedap.

Berikut adalah bagaimana merawat sepatu sekolah anak:

1.Simpan di tempat kering dan aman

Tidak ada salahnya mengingatkan anak untuk selalu menyimpan sepatu di tempat yang  kering dan aman setelah selesai dipakai.  Tempat aman disini  adalah yang bebas dari cipratan air dan bebas dari kemungkinan terinjak oleh anggota keluarga. Lebih bagus lagi jika tersedia rak sepatu khusus di rumah.

Sewaktu menyimpan setelah selesai dipakai, kaos kaki jangan dimasukkan ke dalam sepatu. Ini menghindari timbulnya keadaan lembab dan bau yang tak sedap dari sepatu anak.

2.Membersihkan sepatu

Jika sepatu anak kotor, cucilah dengan deterjen secukupnya dan bilas dengan air sampai bersih dari sisa deterjen yang menggelembung. Gunakan bros yang lembut ketika mencuci permukaan sepatu agar tidak terkelupas dan memudar warnanya.

3.Mengeringkan sepatu

Jika keadaan memungkinkan, keringkan sepatu anak sekolah yang sudah dicuci di tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung. Ini bertujuan  agar sepatu tidak cepat lapuk dan pudar warnanya.

4.Semir secara rutin

Menyemir sepatu dengan semir cair bertujuan agar warna sepatu tetap bagus. Usahakan dibersihkan dulu sebelum disemir. Bersihkan kotoran dan hal lain yang melekat pada permukaan sepatu dengan kain yang lembut.

5.Mengeringkan kaki

Anjurkan kepada anak agar selalu mengeringkan kaki sebelum mengenakan kaos kaki dan sepatu. Ini untuk menghindari kemungkinan timbulnya jamur dan bau tak sedap dari dalam sepatu.

Demikianlah sedikit tips merawat sepatu sekolah anak. Mudah-mudahan bermanfaat untuk kita yang mempunyai anak atau adik usia sekolah. Terima kasih dan happy blogging.

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar di dunia maya maupun alam nyata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »