Pelajaran dari Guru Sejarah

Pelajaran dari guru sejarah - Tanggal 10 November adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Diperingati sebagai hari Pahlawan. Kata guru sejarahku waktu SMA. Bung Karno pernah bilang, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. 

Bangsa Indonesia termasuk bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. Oleh sebab itu, bangsa Indonesia termasuk bangsa yang besar. 

Itu dikatakan guruku saat belajar sejarah yang kebetulan bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 Nopember. Aku benar-benar kagum waktu itu. Kagum dengan ungkapan Bung Karno. Kagum dengan guru sejarahku. Apa yang dikatakan guru sejarahku itu memang terbukti olehku.

Sikap dan prilaku menghargai jasa pahlawan memang sering terlihat dalam peri kehidupan orang-orang di kampungku. Bukan hanya sekadar di mulut saja. Atau, bukan hanya sekadar mengadakan upacara bendera belaka.

pelajaran,guru,sejarah

Benar, menghargai jasa pahlawan tidak hanya sebatas upacara bendera pada Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember semata. Tidak! Orang tua bilang, mengisi kemerdekaan dengan kegiatan pembangunan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing,  itu adalah salah satu wujud menghargai jasa pahlawan. 

Sebaliknya, meruntuh sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara sama artinya tidak menghargai jasa pahlawan.

Mudah-mudahan, pelajaran dari guru sejarahku tentang ungkapan Bung Karno akan meresap ke dalam jiwaku, jiwa anak-anak dan keturunanku.  

Share this :

8 Responses to "Pelajaran dari Guru Sejarah"

  1. Selamat Malam Bapak Uda, maaf baru bisa Berkunjung lagi kemari Pak. Sungguh pelajran yang bermanfaat ya Pak seperti yang di tutur kan Bung Karno sebagai Tokoh Proklamator. Jiwanya yang arip dan bijaksana bisa jadi ontoh suri tauladan buat kita semua :-bd

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas Saud...Pemimpin besar yang pernah dimiliki oleh bangsa Indonesia...

      Hapus
  2. Semoga setelah saya baca Artikel Sejarahnya Pak Uda saya lebih mengerti makna akan sejarah bangsa Indonesia tercinta ini salam ceria Indonesia ku *Merdeka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengerti makna sejarah kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, itu sudah menghargai jasa pahlawan, mas Saud...

      Hapus
  3. Benar nie Pak. Bagi anak-anak muda, melakukan kegiatan-kegiatan yang bernilai positif dalam kehidupan sehari-hari sudah termasuk wujud cerminan menghargai jasa para pahlawan pendiri bangsa ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa kabar pak Hendrik? Ya, sekaligus sudah mengisi kemerdekaan yang diperjuangkan dengan tumpahan darah dan nyawa, pak...

      Hapus
  4. semoga harapannya bisa kita terapkan bersama ya mas
    selamat hari pahlawan mas uda :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin...semoga anak, cucu dan generasi selanjutnya dapat menghargai jasa pahlawan pendidi bangsa ini, mas...

      Hapus