Orangtua Perlu Cek Perangkat Belajar Anak

Orangtua perlu cek perangkat belajar anak - Apa perlunya orang tua melakukan pengecekan terhadap perangkat belajar anak sebelum berangkat sekolah? Barangkali hal ini dianggap sepele oleh sebagian kecil orang tua. 

Namun hal ini ternyata perlu mendapat perhatian orang tua, apalagi yang memiliki anak usia sekolah dasar, bahkan sekolah menengah pertama. 

Sering terjadi, kelalaian anak menyiapkan perangkat belajar sebelum berangkat sekolah akan mengganggu konsentrasi dan proses belajar anak di sekolah. Perangkat belajar adalah segala peralatan dan perlengkapan yang harus dimiliki oleh siswa dalam belajar. 


orangtua,perlu cek,perlengkapan belajar

Dalam proses belajar di sekolah, perangkat belajar yang harus dipersiapkan adalah alat tulis (pena, pensil), penghapus/tipe-ex, mistar, serta beberapa buku (catatan, latihan), dan lain sebagainya.

Sering siswa saat belajar di sekolah merasa terganggu karena pena/pensil tidak diketemukan dalam tas alias tertinggal di rumah. Padahal guru menyuruh mencatat materi pelajaran yang dituliskan guru di papan tulis. Siswa akan kebingungan. 

Mau pinjam pena/pensil teman, tidak bisa. Mau minta izin membeli alat tersebut di kedai atau kantin sekolah, takut ketinggalan.  Atau, bisa juga tinta pena macet dan mata pensil tumpul. Nah, ini bisa mengganggu konsentrasi siswa.

Buku-buku perlengkapan belajar harus benar-benar dipersiapkan di rumah setelah melihat daftar mata pelajaran. Ketidaktelitian siswa dalam mempersiapkan buku tersebut sering menimbulkan masalah setelah belajar di sekolah. 

Buku pekerjaan rumah tidak ada dalam tas. Guru bisa saja memberi sanksi kepada siswa yang tidak membuat/membawa buku PR.

Agar tidak terjadi sesuatu yang mengganggu konsentrasi belajar anak di sekolah, sang anak perlu chek dan re-chek segala perangkat belajar sebelum berangkat ke sekolah. 

Sementara itu, orang tua juga bisa melakukan pengecekan terhadap perlengkapan belajar anak sebelum berangkat sekolah.

Mudah-mudahan artikel sederhana ini bermanfaat untuk kita semua, khususnya para orang tua yang memiliki anak usia sekolah dasar dan menengah. Terima kasih.

Share this :

0 Response to "Orangtua Perlu Cek Perangkat Belajar Anak"

Poskan Komentar