Sekilas Tentang Media belajar

Sekilas tentang media belajar - Hasil yang baik akan diperoleh melalui proses yang baik pula. Ini berarti, tidak mungkin akan diperoleh hasil yang memuaskan tanpa adanya proses yang baik. 

Begitu pula dalam dunia pendidikan. Proses pendidikan yang direncanakan dan dilaksanakan secara optimal akan mengantarkan pada hasil yang diharapkan.

Inti kegiatan pendidikan di sekolah adalah proses belajar dan mengajar. Belajar adalah usaha untuk mengubah sikap dan tingkah laku, pengetahuan dan keterampilan ke arah yang lebih baik. 

Mengajar adalah menciptakan kondisi yang memungkinkan terciptanya proses belajar  yang baik.

media,belajar,pembelajaran

Dalam prosesnya, kegiatan belajar di ruang kelas tidak lepas media belajar. Media diartikan sebagai perantara atau pengantar pesan atau informasi kepada orang lain. Sebagai perantara atau pengantar, media mampu merangsang fikiran, perhatian, perasaan dan minat siswa untuk belajar baik.

Jika demikian, banyak sekali media belajar yang dapat membantu proses belajar siswa. Semua bahan dan benda yang ada  di ruang kelas dapat dijadikan sebagai  media. Papan tulis, penghapus, meja dan kursi, gambar-gambar di dinding kelas, semuanya bisa dijadikan media belajar. 

Begitu pula segala sesuatu yang ada pada diri siswa. Rambut, mata, pakaian seragam, jam tangan, anting-anting, semuanya juga bias dijadikan media penyampai pesan atau informasi kepada siswa.

Demikian sekilas tentang media belajar. Mudah-mudahan artikel berikutnya dapat diposting mengenai kegunaan dari media belajar.

Share this :

2 Responses to "Sekilas Tentang Media belajar"

  1. Guru memang harus kreatif dan penuh ide dalam melakukan proses belajar mengajar di kelas. Tidak hanya mengajar saja, melainkan bisa membuat suasana kelas menjadi kondusif dan bisa berkesan. Sehingga bisa tercipta sebuah atmosfer pembelajaran yang baik dan pada gilirannya bisa meningkatkan prestasi belajar siswa. Media pembelajaran sangat penting untuk digunakan. Pasalnya, bisa mempemudah siswa untuk menyerap informasi yang disampaikan oleh guru. Sehingga tidak terjadi sebuah verbalisme atau mungkin salah pemahaman siswa. Luar biasa mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luar biasa! Ya, memang, paparan mbak ririn sangat luar biasa dalam mengapresiasi masalah pembelajaran dan keterlibatan media belajar dalam PBM di kelas. Untuk itu admin ucapkan terima kasih banyak.

      Hapus