Tips Agar Siswa Terampil Membagi Waktu

Tips agar siswa terampil membagi waktu – Membagi waktu dengan baik ternyata tidak mudah untuk dilakukan. Sebagian siswa sering kecolongan waktu akibat lalai dalam membagi dan menggunakan waktu.

Kegiatan-kegiatan penting selaku siswa sering terabaikan. Bahkan mereka lebih banyak bermain. Seakan tidak punya waktu untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya.

Beban belajar siswa yang semakin berat benar-benar telah menciptakan kesibukan belajar  yang luar biasa. Namun semua itu harus dijalani dengan baik agar memperoleh hasil belajar yang optimal. 

Atau sebaliknya, tidak sanggup menjalani kegiatan belajar dan terancam drop-out.

tips,membagi,waktu

Untuk menghadapi kesibukan belajar yang luar biasa, mengharuskan siswa untuk terampil membagi waktu dengan baik. Berikut ini disajikan tips agar siswa terampil dalam membagi waktu:

1.Memperhitungkan waktu

Waktu yang tersedia siang dan malam hanyalah 24 jam. Sebagai siswa, waktu yang ada itu lebih banyak dimanfaatkan untuk belajar dan istirahat. Itu artinya, kegiatan belajar lebih penting bagi siswa. Belajar bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan, memperbaiki sikap dan tingkah laku serta melatih keterampilan tertentu.

Semua itu bisa didapatkan di rumah, di sekolah dan di lingkungan sehari-hari. Waktu belajar di sekolah lebih kurang 7 jam dan di rumah sekitar 1 sampai 2 jam. Namun istirahat juga tak kalah pentingnya. Waktu untuk istirahat pada malam hari berkisar antara 7 sampai 8 jam.

 Istirahat disini adalah waktu yang digunakan untuk tidur  guna memulihkan kondisi tubuh yang telah terkuras oleh kegiatan siang hari. Siswa yang tidak mempertimbangkan waktu istirahat justru akan menimbulkan gangguan kesehatan. Hal ini berujung pada hambatan untuk meraih prestasi belajar.

2.Menyusun agenda kegiatan

Siswa yang terampil  membagi waktu menjadi salah satu cara untuk menjadi siswa berprestasi disekolah. Agar terampil membagi waktu, siswa harus menyusun skedul kegiatan harian atau yang lebih dikenal dengan agenda kegiatan harian. 

Misalnya, bangun pagi pukul 05.00 WIB. Setelah bangun, lakukan shalat subuh (bagi yang beragama islam), mengulang mata pelajaran, mempersipkan perangkat belajar, mandi dan berpakaian, sarapan pagi, dan seterusnya.

3.Disiplin terhadap aturan

Agenda kegiatan merupakan perangkat aturan dan tata tertib dalam kehidupan siswa setipa hari. Patuhi semua aturan yang sudah dibuat sendiri. Jangan sekali-sekali melanggarnya, kecuali kalau terlupa. Ingat, peraturan yang dibuat sendiri atau pihak lain justru untuk kebaikan diri sendiri, bukan orang lain.

Demikian tips agar siswa terampil membagi waktu semoga bermanfaat.

Share this :

14 Responses to "Tips Agar Siswa Terampil Membagi Waktu"

  1. Kiranya tips ini...sangat bermanfaat dan berguna utk para siswa ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan begitu, Mas Pur...

      Hapus
  2. memang dimasa anak anak seperti itu agak susah membagi waktu karena masa seperti mereka memang lebih banyak bermain sehingga banyak waktu yg sebenarnya sangat bermanfaat utk digunakan akhirnya terlewati. Tapi saya yakin dengan adanya Tips tersebut sangat membantu sekali bagi mereka apalagi kalau Tips itu benar^ dijalankan dan tentu saja dukungan org tua dalam memberikan pembinaan thd Putra putrinya pasti lebih baik
    terima kasih sobat sudah berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas dukungannya, Sob.

      Hapus
  3. Tips nya bermanfaat. Pak.....dalam hal membagi waktu selain kesadaran dan motivasi dari diiri siswa sendiri peranan, arahan dan. Umpan balik dari orAng tua sangat berperan.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, buk. Untuk melakukan hal tersebut, siswa perlu memiliki kesadaran dan motivasi diri yang kuat untuk membagi waktu dengan baik. Terima kasih.

      Hapus
  4. sewaktu saya masih jadi murid SMK, yang namanya disiplin itu beneran sudah jadi makanan sehari-hari.. dan syukurlah bermanfaat sampai sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manfaat disiplin di sekolah maupun disiplin waktu memang dirasakan setelah memasuki dunia kerja. Seperti sobat, saya juga merasakannya sekarang. Terima kasih sudah berbagi pengalamannya, Sob.

      Hapus
  5. Benar nie Pak, siswa memang harus memberikan porsi belajar yang lebih besar, namun jangan memaksakan diri ketika malam sudah larut, bisa berabe ntar, kayak saya dulu. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, pak Hendrik. Sepertinya banyak siswa yang belajar sampai larut malam, apalagi saat ada ulangan atau ujian.

      Hapus
  6. Kalau siswa yang sudah nalar dan sudah sadar, pasti bisa mengorganisasi waktunya dengan baik. tapi memang sulit juga ya mas untuk merealisasikan hal itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mbak Ririn. Sebagian memang sudah bisa demikian namun masih banyak siswa yang tidak peduli. Disinilah pentingnya bimbingan orang dewasa kepada siswa. Terima kasih Mbak...

      Hapus
  7. kenapa ya pak? saya masih smp masih belum bisa membagi waktu dengan baik, terkadang saya sudah membuat jadwal kegiatan dengan baik, namun kenapa? beberapa saat kemudian saya jadi tidak menjalani dengan baik ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa yang sudah Fira lakukan, seperti menyusun jadwal kegiatan...Itu luar biasa menurut bapak mengingat Fira masih SMP.

      Mungkin saat ini masih belum menerapkannya. Namun yakinlah suatu saat Fira menjadi terampil membagi waktu karena sudah dilatih dari sekarang. Semoga sukses, ya...?

      Hapus