Pentingnya Alat Peraga Pembelajaran

Pentingnya alat peraga pembelajaran – Sesungguhnya alat peraga belajar berperan membawa dunia luar ke dalam kelas. Lingkungan luar yang sulit dijangkau oleh alat indra akan diperlihatkan dalam bentuk mini dan duplikatnya. Contohnya, tentang bumi dan luar angkasa akan dilihat dalam tiruan bumi (globe) dan peta jagat raya.

Alat peraga membantu mengurangi pemahaman verbalisme (kabur) terhadap materi pelajaran yang bersifat abstrak dan sulit dipahami. Selain itu, jenis media belajar ini dapat merangsang daya fikir dan nalar serta  kreativitas siswa.  

Alat peraga dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu  visual dan auditif. Alat peraga visual adalah segala sarana belajar yang dapat mempengaruhi daya fikir siswa melalui pengamatan panca indra dengan cara memperlihatkan benda aslinya, benda tiruan, gambar dan sejenisnya.

alat,peraga,pembelajaran

Sedangkan alat peraga auditif adalah sarana yang dapat mempengaruhi daya fikir siswa dengan cara menjelaskan, menerangkan, memberikan contoh-contoh dan lain sebagainya.

Guru sebagai pelaksana teknis pembelajaran di ruang kelas harus mampu menguasai alat peraga pembelajaran. Menguasai dalam hal ini terdiri 2 hal yaitu pemilihan dan penggunaan alat peraga tersebut.

a.Pemilihan alat peraga.
Guru memilih alat peraga yang tepat. Tepat artinya relevan dengan materi, tujuan  dan kemampuan siswa. Ketepatan pemilihan alat peraga akan menentukan efektifitas dan efisiensi komunikasi dalam pembelajaran.

b.Penggunaan alat peraga.
Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran harus tepat agar memenuhi tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Prinsipnya adalah menempatkan atau memperlihatkan alat peraga pada tempat, waktu dan situasi yang tepat.

Penempatan alat peraga yang tepat memungkinkan semua siswa dapat melihat dengan jelas. Baik tulisan maupun gambar, atau keterangan yang diperlukan untuk memperjelas bagian-bagian alat peraga tersebut.

Pemilihan dan penggunaan alat peraga seperti dijelaskan di atas akan mampu menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien. Muaranya adalah peningkatan prestasi belajar siswa yang optimal. Apa saja manfaat alat peraga pembelajaran? Lebih detail akan dipaparkan pada artikel selanjutnya.

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar di dunia maya maupun alam nyata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

34 komentar

Write komentar
14 Desember 2013 09.51 delete

kunjungan perdana mas, ijin nyimak,

ijin follow mas blognya, jika berkenaan follback blog saya ya mas

Reply
avatar
14 Desember 2013 10.12 delete

Siiips....mbak jadi pertamaxxx....

Reply
avatar
14 Desember 2013 10.23 delete

Terima kasih kunjungannya Sob. Tapi... sobat jadi runner-up, kalah 20 detik dari mbak Dwi..hehehe.

Reply
avatar
14 Desember 2013 10.50 delete

saya sepertinya lebih mudah paham kalau belajar geografi menggunakan globe dan peta. tapi kalau belajar biologi, misal sistem pencernaan pada manusia, malah jadi ngeri liatnya.. walaupun penting juga untuk diketahui.

Reply
avatar
14 Desember 2013 11.53 delete

Alat peraga visual ini aku pikir sangat penting atau lebih bagus lagi buat anak anak TK

Reply
avatar
14 Desember 2013 13.12 delete

Gak kebagian pertamax lagi saya pak :)
Gagal maning...gagal maning....

Reply
avatar
14 Desember 2013 13.23 delete

Setuju banget Pak Uda...
Proses belajar dan bermain yang hanya dilakukan secara verbal sering kali dinilai kurang efektif, karena tidak didukung dengan alat bantu bagi anak untuk mengingat materi yang disampaikan. Sebaliknya ketersediaan alat peraga akan menunjang proses belajar dan bermain secara lebih efektif. Hal ini disebabkan adanya stimulus yang diberikan kepada anak melalui alat peraga yang ditunjukkan secara langsung.

Alat peraga edukatif dengan jenis dan bentuk yang beragam serta beraneka warna tentunya dapat menarik minat dan rasa ingin tahu anak terhadap materi ajar yang akan disampaikan. Minat dan rasa ingin tahu anak tentunya akan mendorong mereka untuk memperhatikan secara seksama sehingga nantinya lebih mudah memahami dan merekam pengetahuan yang diajarkan dalam memori otaknya.

Reply
avatar
14 Desember 2013 14.54 delete

saya sangat setuju uda. karena murid sekarang harus diajarkan lewat praktek. kalau kebanyakan teori mungkin mudah terlupakan.

Reply
avatar
14 Desember 2013 15.12 delete

penting banget ya... :)

makasih atas infonya, sebab saya belum paham nih .

Reply
avatar
14 Desember 2013 15.13 delete

Ya, benar mbak. Lebih ngeri lagi pada sistem rangka manusia, ada rangka manusia berdiri dengan ratusan tulang-belulang..hehehe.

Reply
avatar
14 Desember 2013 15.14 delete

blogwalking uda..... lama saya gak bw kemari .

Reply
avatar
14 Desember 2013 15.23 delete

Benar sekali pikiran mbak Muya. Ini membuat mereka tertarik dengan apa yang dilihat.

Reply
avatar
14 Desember 2013 15.27 delete

Wah...wahhh. Kagum saya dengan sobat Marnes. Begitu detail komentarnya. Hal ini akan memperluas pemahaman kita terhadap pentinya alat peraga.

Terima kasih Sobat marnes.

Reply
avatar
14 Desember 2013 15.32 delete

Terima kasih kunjungan dan pemikirannya, Sobat Fazri...

Reply
avatar
14 Desember 2013 15.38 delete

Gmana kabarnya Miz? Tentu saja sehat2 saja saat blogwalking disini. Tentunya Uda senang Miz udah mampir di tempat sederhana ini.

Reply
avatar
14 Desember 2013 15.42 delete

Memang alat peraga sangat menu.jang ya mas dlm proses belajar dan mengajar para siswa di sekolah :)

Reply
avatar
14 Desember 2013 16.27 delete

Alat peraga membuat keterangan Guru menjadi lebih menarik. Kalau siswa sudah tertarik, maka isi materi yang akan disampaikan akan lebih mudah ditangkap Pak ...

salam kenal ... sy baru pertama ini datang ...

Reply
avatar
14 Desember 2013 16.47 delete

setiap murid pastinya akan lebih mengerti dengan jelas jika didukung oleh alat peraga, sehingga bayangan mereka akan pemahaman materi menjadi lebih mudah ditangkap, dan tentunya akan lebih mudah diingat dengan baik yah mas Uda :)

Reply
avatar
14 Desember 2013 19.33 delete

Iya, mas Pur...Menunjang proses belajar siswa maupun proses guru mengajar...

Reply
avatar
14 Desember 2013 19.41 delete

Benar mas Fani... Terima kasih kunjungannya...

Reply
avatar
14 Desember 2013 19.51 delete

Benar mas eka. Ini akan mencegah apa yang dinamakan pemahaman verbalisme, mas.

Reply
avatar
14 Desember 2013 21.12 delete

Masih ada kereta api yang lewat. Masih ada artikel yang akan dibuat, Sob. Sabar..hehehe...

Reply
avatar
14 Desember 2013 21.20 delete

aduh-adahu ini malah pada ngomongin pertamax xixixi jadi inget waktu pertama kali saya komen blog sahabat dapet pertamaxx seneng bgt deh .. :D

Reply
avatar
15 Desember 2013 06.00 delete

Sekolah jaman sekarang ada yg namanya alat peraga ya pak :)
Berarti semakin berat tugas pak guru dan bu guru ya, hmmm :D
Benar2 pahlawan tanpa tanda jasa ^^

Reply
avatar
15 Desember 2013 06.12 delete

Soalnya pake bahan bakar pertamax, mbak.heheheh..

Reply
avatar
15 Desember 2013 06.16 delete

Dikoreksi dikit, buk Indri...Sekarang pahlawan Insan cendikiawan, bukan pahlawan tanpa tanda jasa.

Benar buk, tugas guru bukannya semakin ringan akibat perkembangan iptek. Selamat pagi...

Reply
avatar
15 Desember 2013 06.29 delete

alat peraga itu memang penting, agar anak didik tidak hanya berdasarkan teori saja dan hanya bisa membayangkan, dengan alat peraga..maka ilmu yang diajarkan bisa menjadi lebih nyata....salam ;-)

Reply
avatar
15 Desember 2013 06.42 delete

Iya, pak Hary...Sesuai dengan peran alat peraga, mengkonkritkan ilmu pengetahuan yang bersifat abstrak. Salam balik, pak.

Reply
avatar
15 Desember 2013 09.10 delete

hahaa 20 detik doang yaa om :D hehee

Reply
avatar
15 Desember 2013 12.20 delete

Saya sama seperti teman2 diatas,, Setuju buanget dengan artikel ini..
Klau gk di dukung dngn alat peraga,, pembelajaran akan kurang masuk dan kurang di pahami oleh siswa.. :D

Reply
avatar
16 Desember 2013 19.25 delete

berkunjung sambil membaca yg bermanfaat ,,,selamat malam pak guru

Reply
avatar
17 Desember 2013 06.24 delete

Terima kasih, mas Agri...

Reply
avatar
17 Desember 2013 06.39 delete

Terima kasih mas. Selamat pagi...

Reply
avatar