Inilah Ciri Guru yang Baik

Inilah ciri guru yang baik – Sepertinya menjadi seorang guru yang baik itu tidak mudah. Apalagi kategori guru yang baik itu sangat relatif dan subjektif. 

Berbeda untuk menjadi guru bergelar profesional atau guru berprestasi. Ini jelas indikator penilaiannya. Jelas ada kriteria ujiannya.

Thomas Gordon telah memberikan beberapa definisi guru yang baik. Ia seorang penyelenggara berbagai kursus keterampilan yang tersohor di Amerika Serikat. Menerbitkan sebuah buku yang cukup terkenal dimana-mana.

Paling tidak Gordon telah mengidentifikasi 8 mitos definisi guru yang baik melalui bukunya yang berjudul: Teacher Effectiveness Training. Inilah kutipan ciri guru yang baik menurut Thomas Gordon:

ciri,guru,baik

1. Tenang dan tidak menunjukkan emosi yang menyala,
2. Tidak mempunyai prasangka yang buruk kepada peserta didiknya,
3. Dapat menyembunyikan perasaannya dari peserta didik,
4. Memandang semua peserta didik sama,
5. Mampu menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, bebas, motivator, dan semangat,
6. Konsisten, tidak berubah-ubah pendirian dan jarang melakukan kesalahan,
7.Pandai, bijaksana dalam memperlakukan siswa dan mampu menjawab pertanyaan siswa,
8. Sanggup memberikan bantuan secara maksimal kepada peserta didik.

Jika diperhatikan poin demi poin ke delapan ciri tersebut, ternyata  guru yang baik harus lebih dalam segala hal dari orang-orang pada umumnya. Harus lebih mengerti, lebih memiliki ilmu pengetahuan, lebih sempurna dari orang-orang lain. Guru harus mampu mengatasi kelemahan manusia lain!

Tidak akan ada manusia biasa yang mampu menjadi guru sesuai ciri-ciri tersebut. Kalau ada, itu hanya mitos atau cerita hayalan belaka. Akan tetapi dari delapan ciri tersebut, beberapa poin di antaranya mungkin dimiliki oleh guru.

Realitanya, guru adalah manusia biasa yang memiliki keterbatasan. Punya kekurangan dan kelemahan dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari. Itu sebabnya, di samping mengajar, seorang guru juga sedang belajar. Bagaimana menurut Sobat?

Share this :

0 Response to "Inilah Ciri Guru yang Baik "

Poskan Komentar