Kriteria Kelulusan Siswa Tahun 2014

Ujian Nasional Tahun 2014 akan diadakan pada awal bulan Mei 2013 mendatang. Namun jauh-jauh hari fokus perhatian insan pendidikan, khususnya di lembaga sekolah, jelas tertuju pada strategi pelaksanaan perhelatan akbar pendidikan nasional ini. 

Salah satu titik bidik pengelola pendidikan adalah aturan pelaksanaan dan kriteria kelulusan siswa pada tahun pelajaran 2013/2014.

Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah mengeluarkan aturan pelaksanaan dan kriteria kelulusan siswa pada tahun pelajaran 2013/2014. 

Pihak sekolah, siswa dan orang tua siswa perlu memahami Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud RI) Nomor 97 Tahun 2013 tentang kriteria kelulusan peserta didik dari jenjang satuan pendidikan dan penyelenggaraan ujian sekolah/madrasah/pendidikan kesetaraan dan ujian nasional.

kriteria,kelulusan,un

Ada dua hal pokok dari Permendikbud No 97 tersebut yang berkaitan dengan kriteria kelulusan siswa, yaitu (1) kriteria kelulusan siswa dari jenjang satuan pendidikan,  dan (2) kriteria kelulusan siswa pada  ujian nasional (UN). Siswa maupun orang tua perlu membedakan, mana yang kelulusan dari satuan pendidikan (sekolah/madrasah) dan mana yang kelulusan ujian nasional.

Nah, kali ini yang dibahas adalah kriteria kelulusan murid dari satuan pendidikan. Berdasarkan pasal (2) Permendikbud RI Nomor 97 Tahun 2013, peserta didik dinyatakan lulus dari jenjang satuan pendidikan (sekolah/madrasah) setelah:

a. menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
Sebagai contoh, siswa SMP/Sederajat harus menyelesaikan program kelas VII sampai dengan kelas IX. Untuk SMA/Sederajat program pembelajarannya adalah kelas X sampai dengan kelas XII. Sedangkan aturan kriteria nilai minimal baik untuk semua mata pelajaran ditetapkan oleh sekolah masing-masing.

b.memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran.
Kriteria kelulusan siswa dari ujian Sekolah/Madrasah untuk semua mata pelajaran ditetapkan oleh sekolah masing-masing berdasarkan perolehan nilai sekolah/madrasah.

c. lulus Ujian Sekolah/Madrasah
Ujian sekolah/madrasah merupakan kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi siswa yang diadakan oleh satuan pendidikan tersebut.

d. lulus Ujian Nasional.
Siswa harus lulus ujian nasional dengan kriteria dan ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Penetapan kelulusan siswa dari satuan pendidikan ditetapkan oleh satuan pendidikan masing-masing melalui rapat majelis guru. Dengan demikian, anggapan siswa dan orang tua siswa selama ini, bahwa guru dapat menetukan kelulusan siswa, itu tidak benar. Majelis guru hanya menetapkan kelulusan siswa setelah memenuhi semua kriteria sebagaimana poin (a) sampai (d) di atas.

Demikian uraian ringkas tentang kriteria kelulusan siswa Tahun 2014 dari jenjang satuan pendidikan tahun pelajaran 2013/2014. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Happy blogging.

Share this :

11 Responses to "Kriteria Kelulusan Siswa Tahun 2014"

  1. Menjelang ujian nasional 2014 ini para guru sibuk banget menyelesaikan materi siswa ya pak, hmmm :)
    Semoga aja lancar proses ujian nasionalnya ntar ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul buk. Bahkan ada yang melanjutkannya dengan belajar tambahan sore.

      Hapus
  2. Selamat malam Pak Uda Awak datang lagi dimari pasti saya mendpat
    Ilmu dan pendidikan lagi dari Bapak Uda ini. baca dulu samapai habis
    Biar lebih paham tentang Kriteria Kelulusan siswa pada ajaran tahun 2014
    Semoga saya yang termasuk Lulus yah Pak. Mohon bantuanya Pak
    Terima kasih salam Hormat Buat Pak Uda Awak dan Sahabat semua :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke deh, mas. Semoga dengan pemahaman kriteria kelulusan ini siswa mengatur strategi persiapan yang lebih matang lagi supaya lulus...

      Hapus
  3. Doanya para siswa-siswi lulus dengan nilai yang memuaskan itu juga bisa menjadi kebanggaan para guru maknanya para murid yang diajar selama ini bisa menyerap ilmu yang diajarkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, benar juga kata mbak. Keberhasilan siswa gambaran keberhasilan guru mengajarkan ilmu pengetahuan. Terima kasih mbak...

      Hapus
  4. Saya cuma bisa mendoakan semoga para pelajar Indonesia bisa lulus semua dan mendapatkan ilmu pendidikan serta nilai yang bagus tentunya. Harapan saya semoga Ujian Nasional yang akan diselenggarakan pada bulan Mei mendatang berjalan lancar dan tidak terulang lagi carut marut Ujian Nasional yang terjadi pada tahun yang lalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin...Para pengelola ujian nasional dapat belajar dari pengalaman tahun lalu yang mengalami sedikit masalah, Sob...

      Hapus
  5. Terima kasih info nya pak....sangat bermanfaat....

    BalasHapus
  6. saya turut berdo'a j semoga putra putri indonesia lulus dengan hasil yg baik amiiin,,,selamat malam uda

    BalasHapus