Kriteria Kelulusan UN Tahun 2014

Kriteria kelulusan UN tahun 2014 - Selamat pagi sahabat blogger nusantara. Kali ini kembali disajikan informasi bertajuk ujian. Jika tulisan sebelumnya membahas kriteria lulusan siswa pada jenjang satuan pendidikan, maka kali ini adalah kriteria kelulusan ujian nasional.

Ujian Nasional (UN) merupakan salah satu aspek yang menentukan kelulusan siswa pada jenjang satuan pendidikan. Penyelenggaraannya bersifat nasional karena kisi-kisi dan soal ujian dibuat dan dicetak secara nasional. Artinya, semua jenjang satuan pendidikan akan mendapat soal yang sama di seluruh nusantara. Tidak pilih sekolah perkotaan, pedesaan atau daerah tertinggal. 

kriteria,kelulusan,un

Nyaris setiap tahun UN dianggap evaluasi yang paling menegangkan. Sering membuat siswa dan orang tua siswa kebingungan. Kenapa tidak? Jika gagal UN sudah dipastikan tidak lulus dan harus mengulang kembali tahun berikutnya. Maka tertundalah keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Oleh sebab itu, mungkin ada baiknya para siswa maupun orang tua mengetahui dan memahami apa saja kriteria kelulusan UN tahun 2014. Kriteria ini beguna sebagai pedoman dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional. Masalahnya, sejauhmanakah usaha siswa dalam memahami materi pelajaran yang akan diujinasionalkan.

Ujian nasional adalah kegiatan pengukuran dan penilaian pencapaian standar kelulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu. Sesuai pasal (6) Permendikbud Nomor 97 Tahun 2013, kriteria kelulusan UN tahun 2014 adalah sebagai berikut: +

a.Nilai setiap mata pelajaran yang di-UN-kan paling rendah 4,0 (empat koma nol)
b.Nilai rata-rata semua mata pelajaran yang di-UN-kan paling rendah 5,5 (lima koma lima).

Wah, kelihatannya mudah untuk mencapai syarat kelulusan. Tentu saja tidak mudah untuk menjalani ujian itu sendiri. Itulah kriteria kelulusan UN tahun 2014 yang perlu kita ketahui bersama. Mudah-mudahan bermanfaat.

Share this :

13 Responses to "Kriteria Kelulusan UN Tahun 2014"

  1. Doanya semoga mudah mencapai angka itu pak...dan semoga lulus semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, mbak. Angka patokan itu memang namun susah ditembus oleh siswa. Oleh sebab itu perlu doa kita semua...

      Hapus
  2. Enak jaman dulu.. Jaman aku masih sekolah nilai kelulusan tanpa patokan..

    Tapi dengan begini mungkin akan menghasilkan anak didik yang berkualitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, mbak. Saya juga merasakan hal itu. Yang penting ikuti saja ujian itu dengan baik sehingga tidak ada tekanan apapun terhadap siswa maupun orang tua.

      Hapus
  3. Balasan
    1. Benar mbak. Jika tidak, itu artinya kerugian materi dan non materi di samping kegagalan melanjutkan ke jenjang selanjutnya.

      Hapus
  4. Wah masih jauh sudah membahas UN 2014 nih, sangat bermanfaat buat adik2 yang masih duduk di bangku sekolah.. Kalau saya sendiri sih sudah tidak sekolah lagi sob hehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Sob. Permendikbud tentang UN bahkan lebih jauh lagi keluarnya. Ini mungkin untuk mempersiapkan UN lebih baik dalam pelaksanaannya dan siswa lebih siap mental untuk menghadapinya.

      Terima kasih.

      Hapus
  5. smg aja tahun ini semua lancar2 sj.., gk ada kecurangan dan semua lulus murni 100%

    makasih infox pak *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin. Semoga mereka lulus semua tanpa dinodai oleh kecurangan apapun dalam pelaksanaaannya.
      Terima kasih, Sob.

      Hapus
  6. sepertinya tahun 2014 kriteria un agak lebih sulit dari tahun sebelumnya ya mas. Jadi harus semangat para siswa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, mbak Rin. Namun yang penting mereka tidak merasa tertekan dan tetap bersemangat dalam menguasai materi pelajaran, terutama untuk UN...

      Hapus
  7. amin.. do'a in yah sahabat bloger, biar bisa lulus semua tahun ini... Aminn (y)

    BalasHapus