Manfaat Alat Peraga Pembelajaran

Manfaat alat peraga pembelajaran - Postingan ini merupakan lanjutan dari artikel pentingnya alat peraga dalam pembelajaran, seperti yang sudah admin janjikan. Kurang lengkap rasanya bila membahas alat peraga tanpa dilengkapi dengan penjelasan manfaatnya.

Alat peraga termasuk media yang sangat penting dalam menyampaikan informasi ilmu pengetahuan kepada siswa. Penelitian membuktikan bahwa kemampuan alat indra menerima dan menyerap informasi lebih besar pada penglihatan (70 % - 85%), dan pendengaran ( 15% - 25%). 

Siswa lebih mudah menerima informasi materi pelajaran melalui proses penglihatan. Sebaliknya, guru akan mudah menyampaikan informasi pelajaran melalui penggunaan alat peraga bersifat visual dan audio.


manfaat,peraga,pembelajaran

Tentunya kita masih ingat ketika guru menerangkan pelajaran di depan kelas menggunakan media pembelajaran. Tidak terasa waktu berjalan begitu cepat sehingga pelajaran itu pun harus berakhir. Waktu belajar begitu terbatas. Mengapa terjadi demikian?

Perhatian kita hanya tertuju pada penjelasan guru dan alat peraga yang digunakan dalam belajar. Rupanya media penyampai materi pelajaran yang digunakan guru telah menyita seluruh perhatian siswa. Bukan main!

Benar. Pada mata pelajaran Geografi ada globe (tiruan bumi) dan peta wilayah. Model rangka manusia berdiri pada system rangka  membuat siswa lupa akan waktu pada mata pelajaran Biologi. 

Model sistem tata surya dalam pelajaran Fisika merasa siswa berada di angkasa. Begitu pula model lampu kedap-kedip hasil praktik materi listrik dinamis pada mata pelajaran Fisika. Ini hanya beberapa contoh saja!

Berdasarkan illustasi di atas dapat disimpulkan beberapa manfaat penggunaan alat peraga bagi siswa. Di antaranya adalah:

1.Memusatkan perhatian siswa
2.Menarik minat siswa untuk belajar
3.Mempermudah penguasaan materi pelajaran
4.Merangsang daya fikir dan nalar siswa
5.Meningkatkan daya imajinasi dan kreatifitas siswa

Sedangkan bagi guru, manfaatnya adalah sebagai berikut:
1.Mempermudah penyampaian materi pelajaran yang bersifat abstrak.
2.Memperluas cakupan materi pelajaran
3.Mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran
4.Menciptakan suasana pembelajaran kondusif.
5.menghindari pembelajaran verbalisme.
6.menciptakan pembelajaran efektif dan efisien.

Demikianlah uraian manfaat penggunaan alat peraga dalam pembelajaran. Semoga menjadi bahan inspirasi bagi kita semua.

Share this :

0 Response to "Manfaat Alat Peraga Pembelajaran"

Poskan Komentar