Mencermati  Pergantian Tahun Masehi

Mencermati Pergantian Tahun Masehi

Mencermati pergantian tahun masehi - Pergantian tahun akan terjadi kembali, tinggal menghitung hari. Tahun baru 2014 akan disambut meriah oleh umat manusia di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Ini sebuah tradisi atau budaya yang tak pernah ada dalam peraturan perundang-undangan sekalipun.

Jika dicermati lebih seksama, proses pergantian tahun bukanlah hal yang luar biasa. Coba bayangkan, sudah 2013 kali terjadi pertukaran tahun sejak dimulainya perhitungan tahun Masehi. Dan, beberapa hari mendatang akan terjadi pergantin yang ke 2014.

Tahun Masehi dihitung berdasarkan peredaran bumi mengelilingi matahari. Planet bumi beredar mengelilingi matahari dalam satu kali putaran menempuh waktu selama 365 ¼ hari. Namun dalam perhitungan rilnya, 1 tahun Masehi lamanya 365 hari atau 366 hari. 

Jumlah hari dalam 1 tahun sebanyak 366 hari hanya terjadi sekali 4 tahun. Ini disebut tahun kabisat yang ditandai dengan bulan Februari berjumlah 29 hari.

pergantian,tahun,masehi

Nah, bagi sahabat Uda yang lahir tanggal 29 Februari (pada tahun kabisat) terpaksa mengadakan peringatan ulang tahunnya sekali 4 tahun. Ulang tahun pernikahan dan lain sebagainya ikut terbawa untuk diperingati setiap 4 tahun.

Sisi lain yang menarik dicermati adalah, pergantian tahun tidak persis sama waktunya di muka bumi. Perbedaan ini disebabkan oleh garis bujur derajat masing-masing belahan bumi tidak sama. 

Contohnya, Indonesia terbentang pada 3 haris bujur, yaitu bujur 105 derajat, 120 dan 135 derajat. Garis bujur 105 dijadikan untuk menentukan waktu Indonesia bagian barat (WIB). 

Begitu pula bagian tengah (120)  untuk patokan waktu Indonesia tengah (WIT) dan waktu Indonesia bagian timur pada bujur 135 untuk waktu Indonesia bagian Timur (WITA).

Di planet lain dalam sistem tata surya, akan berbeda lamanya waktu satu tahun. Ambil contoh planet tetangga, Venus dan Mars. Di planet Venus, 1 tahun lamanya 225 hari dan di Mars selama 687 hari (Wah, lama banget 1 tahunnya). 

Yang paling singkat waktu 1 tahunnya adalah Merkurius, yaitu 88 hari (sekitar 3 bulan di bumi).

Perbedaan lamanya 1 tahun di masing-masing planet dalam tata surya ditentukan oleh jarak planet tersebut terhadap matahari. Semakin dekat jarak planet (misalnya Merkurius) terhadap matahari semakin singkat waktu 1 tahunnya.

Posting Komentar