Penilaian Proses dan Hasil Belajar Siswa

Penilaian proses dan hasil belajar siswa - Hasil baik biasanya akan dicapai dengan proses yang baik pula. Asumsi ini juga dipakai dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. 

Proses belajar siswa berkualitas akan mendatangkan hasil belajar yang optimal. Artikel ini melanjutkan materi kegiatan penilaian dalam pembelajaran.

Penilaian terhadap proses sering terabaikan mengingat keterbatasan waktu alokasi pembelajaran. Guru lebih cenderung memusatkan perhatian pada penilaian hasil. 

Indikasinya antara lain seringnya guru memberikan ulangan harian, pemberian tugas tanpa batas, dan lain sebagainya.

Mengapa siswa belajar hanya kalau ada ulangan saja? Kembali ke persoalan semula, guru lebih cenderung mengedepankan hasil ketimbang proses. Bagi siswa, yang penting mencapai ketuntasan belajar. Jika belum tuntas, adakan remedial sampai siswa mengalami belajar tuntas.


Sudah diketahui bahwa kegiatan evaluasi pembelajaran bersifat kompleks . Ada banyak hal yang hendak diukur dan dinilai. Aspek kognitif (intelektual), kognitif (sikap dan tingkah laku) serta psikomotorik (keterampilan dan kecakapan hidup) pada individu siswa.

Tidak itu saja, penilaian terhadap proses maupun hasil belajar dapat dijadikan sebagai indikator keberhasilan guru. Proses bagus, hasil memuaskan, pertanda strategi dan metode yang dipakai sudah tepat.

Penilaian terhadap proses belajar siswa dilakukan dengan menggunakan instrumen tertentu. Contoh, instrument penilaian unjuk kerja akan menunjukkan kemampuan dan pengalaman siswa dalam melaksanakan suatu eksperimen/demonstrasi.

Tentu saja, perlu adanya keseimbangan antara penilaian proses dan hasil belajar siswa. Dengan demikian kegiatan penilaian yang dilakukan dalam pembelajaran akan berdaya dan berhasil guna. Terima kasih.

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar, di dunia nyata maupun alam maya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
12 Desember 2013 07.04 delete

Yaa biasanya murid itu belajar giat kalau mau ada ulangan saja..
Yeah ingin mendapatkan nilai yang baik..
Maaf agak sedikit bingung tentang penilaian proses dan hasil belajar siswa!!!
Jadi. hasil komentnya seperti i ni :-D

Reply
avatar
12 Desember 2013 08.18 delete

Terima kasih mbak Muya. Benar juga kata mbak. Artikel ini kelanjutan artikel sebelumnya tentang kegiatan penilaian. Dua bagian ini baru "gambaran umum", mbak. Semoga pada artikel selanjutnya, akan dirinci lagi satu per satu.

Komentnya sangat berarti bagi admin mbak. Bisa jadi pedoman untuk berikutnya. Sekali lagi terima kasih.

Reply
avatar
12 Desember 2013 09.49 delete

artikelnya keren kang, saya lanjut baca artikel sebelumnya yaa. biar bisa menyimpulkan artikel akang ;)

Reply
avatar
12 Desember 2013 19.28 delete

Terima kasih, mbak. Dipersilahkan dengan senang hati, mbak...

Reply
avatar