Tips Persiapan Menghadapi Ujian Semester ganjil

Tips Persiapan menghadapi ujian semester ganjil - Pada artikel postingan pertama di bulan Desember ini admin uda go! blog mengucapkan selamat menghadapi ujian kepada siswa. Di kisaran minggu pertama dan kedua bulan ini siswa Sekolah Dasar/Sederajat, SMP/Sederajat dan SMU/Sederajat akan menghadapi ujian semester ganjil.

Bagi siswa tingkat terakhir di setiap jenjang pendidikan, ujian semester ini tidak boleh dianggap ringan. Nilai yang diperoleh pada semester ini akan menjadi unsur penilaian dari nilai sekolah (Ns) untuk kelulusan ujian nasional. Siswa harus benar-benar menyiapkan diri secara fisik maupun mental agar ujian ini dapat dilalui dengan baik.

tips,mempersiapkan,ujian,semester

Ini bukan berarti ujian semester kurang penting bagi siswa di tingkat sebelumnya. Semua siswa perlu menguasai segi-segi teknis penilaian (baca : proses pengolahan nilai rapor. Sudah berapa akumulasi nilai yang terkumpul oleh siswa? Nilai harian yang berasal dari ulangan harian dan tugas, berapa rata-rata yang diperoleh? Kemudian ulangan tengah semester dapat nilai berapa?

Itu dari segi teknis penilaian. Dari segi persiapan siswa bagaimana? Bahan ujian semester ganjil adalah semua kompetensi dasar yang ada pada satu semester untuk semua mata pelajaran.

Dapat dibayangkan bagaimana sibuknya siswa mempelajari kembali kompetensi dasar dari awal. Bagi siswa yang selalu belajar tiap hari mungkin tidak jadi masalah. Mereka hanya sekadar mengulang pelajaran yang lama. Akan tetapi bagi siswa yang belajar hanya akan ujian saja akan kerepotan. Tidak mungin menguasai materi pelajaran hanya dalam satu atau beberapa hari sekaligus.

Untuk mempersiapkan ujian semester dengan baik, buku catatan pelajaran sangat berperan penting (baca: apa pentingnya menata buku catatan). Yang mungkin dipelajari ulang dengan hanyalah buku catatan. Buku pelajaran pokok maupun penunjang hanyalah sebagai bahan rujukan, tidak mungin dibaca seluruhnya dalam waktu yang singkat.

Demikianlah tinjauan sekilas persiapan menghadapi ujian semester ganjil. Semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi bagi siswa maupun orang tua siswa di rumah.

Previous
Next Post »

30 komentar

  1. Yang pasti sekarang ini mereka lagi acak2 buku mengulas balik atau bahkan bersakit kepala ria...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, mbak. Mereka yang pusing dan gelisah tentunya karena belajar hanya ketika ada ujian, mbak...

      Hapus
  2. buku catatan memang penting bagi para siswa yang akan menghadapi ujian semester ganjil...jadi buku catatannya jangan sampe hilang ya.....salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Mas Hari wah Mas Hari ini lebih paham tentang buku pelajaran yah
      Saya nunut saja ngambil dari pengalaman dan peljaran dari Mas Hari Dan Pak Uda

      Hapus
    2. Anak sekolah memang sering lalai dengan buku catatannya sendiri.. Ada yang hilang, rusak, dan lain sebagainya, Mas.

      Hapus
  3. Sealamat Malam Pak Uda Awak nyimak lagi saya nih Pak.?
    Sebagai bahan ujian semester saya nyimak dengan seksama
    Dan di harapakan saya mendapat Ilmu bermanfaat dari artikel ini
    Salam Hormat buat Pak Uda Awak Dan Sahabat Blogging semua :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Met pagi mas Saud. Abis, komennya di balas pagi hehehe...Mas Terima kasih kembali atas apresiasinya mas saud.

      Hapus
    2. Wah iya nih Pak Uda bales nya telat sekarang SELAMAT PAGI
      Pak Uda Awak saya datang lagi mengunjungi Bapak yang tampan hhh
      Salam Hormat selalu deh Buat Pak Uda dan sahabat blogging semua

      Hapus
    3. Sssstttt...pelan-pelan mas Saud. Ntar kedengaran oleh yang lain....hihihi... Selamat pagi mas.

      Hapus
  4. Terima ksh bang Uda..sudah mengingatkan
    Anak sy yg Smp test ulangannya tgl 9 besok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas Pur. Berarti beberapa daerah ada yang melaksanakan US minggu kedua Desember...

      Hapus
  5. Terima kasih sudah mengingatkan mas Uda Awak. Anak saya yang kecil, besok ujian pertama setelah digunakan kurikulum 2013, mudah-mudahan bisa baik hasilnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat menenmpuh ujian semoga anak mas Is memperoleh hasil yang baik serta juara...

      Hapus
  6. sya sudah ndak sekolah lagi, jadi gk punya buku catatan..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi buku catatan waktu sekolah pasti masih ada...hahaha..Happy blogging.

      Hapus
    2. ya masih ada lah..hehehe

      happy blogwalking mas

      Hapus
  7. Ujian merupakan suatu prosedur yang harus dijalani setiap siswa untuk melihat sampai sejauh mana aspek kognitif siswa dapat dikembangkan dan menilai paemahaman siswa terhadap konsep konsep yang terdfapat dalam SK ataupun KD serta sebagati umpan balik bagi guru dan siswa untuk maelaksanakan PBM dengan seefektif dan seefisien mungkin.untuk itu siswa harus bisa mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin dalam menghadapi uijian baik UH , US Ataupun UN...salah satu kiat yang mungkin bisa membantu siswa dan mempermudah siswa dalam menghadapi ujian adalah siswa harusd merangkum semua catatan yang telah di berikan guru dengan ringkas dan rinci pada lembaran lembaran kertas misal nya dalam lembaran kertas double foilio, yang di buat bisa berupa defenisi penting , rumus2 dan contoh soal...dengan demikian dalam menghadapi ujian siswa tdak perlu menumpuk cataatan setinggi gunung cukup lembaran lembaran kertas tersebut yang mudah dibawa dan dipahami rangkuman nya di setiap waktu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima atas kasih pencerahannya, buk...

      Hapus
  8. selamat menempuh ujian bagi yang menjalankannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kunjungannya, Sob...

      Hapus
  9. Sory melenceng dari topik, keren blog nya Uda, modifikasi judul artikel nya Unik. Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Sob. Itu diajarin oleh sahabat pakar desain blog, sob.

      Hapus
  10. Buat siswa harus lebih giat lagi dalam belajar. Buat guru harus mempersiapkan soal-soal untuk ujian semester. Untuk menghadapi ujian semesteran :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Supaya nilai rapornya tuntas semua ya, mbak Rin...

      Hapus
    2. iya betul itu, yakni nilai siswa bisa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) supaya bisa lulus mata pelajarannya :)

      Hapus
  11. adik2 sekolah dasar belajarnya harus ditingkatkan dan jangan main game jika ingin prestasi bagus :)
    pak guru dan bu guru juga hrs lebih memperhatikan siswa selama menjelang ujian semester ganjil ini, hmmm :)
    info yg bermanfaat pak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau memang hobi banget main game, tinggalkan untuk sementara sampai ujian selesai...Ya kan buk Indri?

      Hapus
    2. betul pak, kalo yg terlanjur suka banget main game ya cuti sementara aja dari main game, hehehe :)

      Hapus
  12. Berkunjung lagi deh di artikel Pendidikanya Pak Uda Awak yang gagah dan keren
    Baca dengan seksama Pak agar saya bisa lulus pada semester tahun ini htr nuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin....Semoga sukses dan lulus dengan nilai memuaskan, mas Saud...

      Hapus