Tips Persiapan  Menghadapi Ujian Semester ganjil

Tips Persiapan Menghadapi Ujian Semester ganjil

Tips Persiapan menghadapi ujian semester ganjil - Pada artikel postingan pertama di bulan Desember ini admin uda go! blog mengucapkan selamat menghadapi ujian kepada siswa. Di kisaran minggu pertama dan kedua bulan ini siswa Sekolah Dasar/Sederajat, SMP/Sederajat dan SMU/Sederajat akan menghadapi ujian semester ganjil.

Bagi siswa tingkat terakhir di setiap jenjang pendidikan, ujian semester ini tidak boleh dianggap ringan. Nilai yang diperoleh pada semester ini akan menjadi unsur penilaian dari nilai sekolah (Ns) untuk kelulusan ujian nasional. Siswa harus benar-benar menyiapkan diri secara fisik maupun mental agar ujian ini dapat dilalui dengan baik.

tips,mempersiapkan,ujian,semester

Ini bukan berarti ujian semester kurang penting bagi siswa di tingkat sebelumnya. Semua siswa perlu menguasai segi-segi teknis penilaian (baca : proses pengolahan nilai rapor. Sudah berapa akumulasi nilai yang terkumpul oleh siswa? Nilai harian yang berasal dari ulangan harian dan tugas, berapa rata-rata yang diperoleh? Kemudian ulangan tengah semester dapat nilai berapa?

Itu dari segi teknis penilaian. Dari segi persiapan siswa bagaimana? Bahan ujian semester ganjil adalah semua kompetensi dasar yang ada pada satu semester untuk semua mata pelajaran.

Dapat dibayangkan bagaimana sibuknya siswa mempelajari kembali kompetensi dasar dari awal. Bagi siswa yang selalu belajar tiap hari mungkin tidak jadi masalah. Mereka hanya sekadar mengulang pelajaran yang lama. Akan tetapi bagi siswa yang belajar hanya akan ujian saja akan kerepotan. Tidak mungin menguasai materi pelajaran hanya dalam satu atau beberapa hari sekaligus.

Untuk mempersiapkan ujian semester dengan baik, buku catatan pelajaran sangat berperan penting (baca: apa pentingnya menata buku catatan). Yang mungkin dipelajari ulang dengan hanyalah buku catatan. Buku pelajaran pokok maupun penunjang hanyalah sebagai bahan rujukan, tidak mungin dibaca seluruhnya dalam waktu yang singkat.

Demikianlah tinjauan sekilas persiapan menghadapi ujian semester ganjil. Semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi bagi siswa maupun orang tua siswa di rumah.

Posting Komentar