Tugas Pokok Guru dalam Pendidikan

Tugas pokok guru dalam pendidikan - Untuk menjadi guru di lembaga formal seperti sekolah diperlukan persyaratan administrasi tertentu. Salah satunya harus memiliki ijazah perguruan tinggi keguruan dan akta mengajar.  Fungsi akta mengajar kira-kira sama dengan surat izin mengemudi bagi seorang sopir.

Calon guru yang sudah mengantongi izin mengajar sesuai mata pelajaran yang diampu, sudah dibekali dengan berbagai pengetahuan dasar kependidikan . Dalam ilmu kependidikan terdapat tugas-tugas guru dalam pembelajaran, startegi dan metode pembelajaran, didaktik pendidikan, dan lain sebagainya.

Pengetahuan dasar ini dikemudian hari akan diperdalam melalui penataran, pendidikan dan  pelatihan. Bila sudah melengkapi syarat-syarat berikutnya, seperti bertugas minimal 20 tahun, golongan IVa, kelak guru akan menyandang predikat guru profesional dan memperoleh tunjangan profesi yang lumayan besar.

tugas,guru,pendidikan

Bagi calon guru, guru baru, atau yang berminat menjadi guru, amatlah penting memahami kembali tugas utama guru dalam pendidikan. Sekadar share saja, berikut ini akan dijelaskan hal tersebut.

Ada 3 tugas pokok guru dalam pendidikan :

1.Mengajar

Mengajar berarti menyampaikan ilmu pengetahuan kepada siswa. Menjadikan siswa dari tidak  mengetahui menjadi mengetahui tentang berbagai disiplin ilmu sesuai mata pelajaran masing-masing. Fokus utamanya adalah aspek kognitif (intellectual) siswa.  Mengajar dilaksanakan dengan berbagai strategi dan metode, serta media pembelajaran yang sesuai. Tugas mengajar ini dapat dilakukan oleh semua orang dewasa.

2.Mendidik

Tugas guru sebagai pendidik merupakan tugas yang boleh dikatakan agak rumit. Tugas mendidik berkaitan dengan sikap dan tingkah laku (afektif) yang akan dikembangkan pada  siswa. Mendidik berarti mengubah tingkah laku siswa ke arah yang lebih baik.

Siswa dalam satu kelas akan memiliki berbagai karakter dan tingkah laku. Semua karakter tersebut akan dikembangkan dan diarahkan kepada karakter dan tingkah laku yang lebih baik. Hal ini tidaklah mudah untuk dilakukan oleh seorang guru.

Mengembangkan karakter dan tingkah laku siswa ke arah yang lebih baik tidak bisa diajarkan melalui doktrin-doktrin. Yang diperlukan adalah keteladanan dan contoh-contoh yang baik dan nyata dari seorang guru. Konsekuensinya adalah guru perlu berkepribadian yang baik sesuai norma-norma yang berlaku.

3.Melatih

Tugas guru melatih siswa untuk memiliki sejumlah keterampilan dan kecakapan sesuai mata pelajaran masing-masing. Pada sekolah umum, maka keterampilan danm kecakapan yang dimaksud disini adalah keterampilan dan kecakapaqn dasar. Berbeda dengan sekolah kejuruan yang memberikan keterampilan dan kecakapan lanjutan.

Demikian bahasan seputar tugas utama guru dalam pendidikan. Semoga bermanfaat.

Share this :

14 Responses to "Tugas Pokok Guru dalam Pendidikan"

  1. 3 M ya mas .., tugas guru penting banget, dan sudah sewajarnya kesejahteraannya juga diperhatikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya sudah mas Is...Program sertifikasi guru sudah berjalan lebih lima tahunan...

      Hapus
  2. Berkunjung pagi mas, 3M tapi gak mudah untuk mewujudkannya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kunjungannya mbak Etika...Benar itu mbak, ketiga tugas ternyata tidak ringan untuk diterapkan.

      Hapus
  3. 1 lagi gan, menjadi tauladan bagi murid ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya mbak Dwi...diralat dikit ya? Menjadi tauladan itu bukan tugas utama mbak melainkan tergolog sifat atau ciri yang harus dimiliki oleh guru. Terima kasih, mbak...

      Hapus
  4. Di harapkan dengan tugas pokoknya..yg sdh di terang di atas...
    Membuat anak anak kita tidak hanya pintar..namun dapat mempunyai akhlak yg baik pula ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas Pur. Mengajar (menjadi pintar), mendidik (akhlak yang baik) dan satu lagi mas... melatih (kecakapan hidup dan keterampilan)...

      Hapus
  5. Yeah memang untuk menjadi guru hars memiliki modal yang banyak..harus lulusan perguruan tinggi juga!!! Hehe aku kepingin jadi guru..
    Tapi ya nggk mungkin dengan hanya lulusan SLTP

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...mbak Muya bisa aja. Untuk lembaga formal seperti penegasan artikel di atas memang harus lulus diperguruan tinggi, mbak...negeri, swasta, atau UT. Jadi guru lembaga non formal juga bisa tanpa kuliah. Banyak koq yang menjadi guru non formal yang memiliki ilmu dan keterampilan khusus tertentu...

      Hapus
  6. tugas pokok guru selain professional dalam mengajar, maka guru itu harus menjadi pendidik yang bisa di gugu dan ditiru dalam sisi baiknya

    BalasHapus
  7. ada contoh buku pedoman guru, yg memenuhi syarat untuk PKB ?

    BalasHapus