Tugas Pokok Guru dalam Pendidikan

Tugas pokok guru dalam pendidikan - Untuk menjadi guru di lembaga formal seperti sekolah diperlukan persyaratan administrasi tertentu. Salah satunya harus memiliki ijazah perguruan tinggi keguruan dan akta mengajar.  Fungsi akta mengajar kira-kira sama dengan surat izin mengemudi bagi seorang sopir.

tugas,guru,pendidikan
Mengajar (matrapendidikan.com)

Calon guru yang sudah mengantongi izin mengajar sesuai mata pelajaran yang diampu, sudah dibekali dengan berbagai pengetahuan dasar kependidikan. Dalam ilmu kependidikan terdapat tugas-tugas guru dalam pembelajaran, startegi dan metode pembelajaran, didaktik pendidikan, dan lain sebagainya.

Pengetahuan dasar ini di kemudian hari akan diperdalam melalui penataran, pendidikan dan  pelatihan. Bila sudah melengkapi syarat-syarat berikutnya, seperti bertugas minimal 20 tahun, golongan IVa, kelak guru akan menyandang predikat guru profesional dan memperoleh tunjangan profesi yang lumayan besar.

Bagi calon guru, guru baru, atau yang berminat menjadi guru, amatlah penting memahami kembali tugas utama guru dalam pendidikan. Sekadar share saja, berikut ini akan dijelaskan hal tersebut.

Ada 3 tugas pokok guru dalam pendidikan :

1.Mengajar

Mengajar berarti menyampaikan ilmu pengetahuan kepada siswa. Menjadikan siswa dari tidak  mengetahui menjadi mengetahui tentang berbagai disiplin ilmu sesuai mata pelajaran masing-masing. Fokus utamanya adalah aspek kognitif (intellectual) siswa.  Mengajar dilaksanakan dengan berbagai strategi dan metode, serta media pembelajaran yang sesuai. Tugas mengajar ini dapat dilakukan oleh semua orang dewasa.

2.Mendidik

Tugas guru sebagai pendidik merupakan tugas yang boleh dikatakan agak rumit. Tugas mendidik berkaitan dengan sikap dan tingkah laku (afektif) yang akan dikembangkan pada  siswa. Mendidik berarti mengubah tingkah laku siswa ke arah yang lebih baik.

Siswa dalam satu kelas akan memiliki berbagai karakter dan tingkah laku. Semua karakter tersebut akan dikembangkan dan diarahkan kepada karakter dan tingkah laku yang lebih baik. Hal ini tidaklah mudah untuk dilakukan oleh seorang guru.

Mengembangkan karakter dan tingkah laku siswa ke arah yang lebih baik tidak bisa diajarkan melalui doktrin-doktrin. Yang diperlukan adalah keteladanan dan contoh-contoh yang baik dan nyata dari seorang guru. Konsekuensinya adalah guru perlu berkepribadian yang baik sesuai norma-norma yang berlaku.

3.Melatih

Tugas guru melatih siswa untuk memiliki sejumlah keterampilan dan kecakapan sesuai mata pelajaran masing-masing. Pada sekolah umum, maka keterampilan dan kecakapan yang dimaksud disini adalah keterampilan dan kecakapaqn dasar. Berbeda dengan sekolah kejuruan yang memberikan keterampilan dan kecakapan lanjutan.

Demikian bahasan seputar tugas utama guru dalam pendidikan. Semoga bermanfaat.***