Belajar Itu Kapan dan Dimana Saja

Belajar itu kapan dan dimana saja - Belajar itu sepanjang hayat. Mulai dari ayunan sampai ke liang lahat. Kalimat ini sudah familiar bagi kita semua. Belajar itu tak pandang usia. Tidak tergantung pada waktu dan tempat. Kapan saja bisa belajar, begitu pula tempatnya. Dimana saja kita dapat belajar.

Mengapa harus belajar? Secara umum jawabnya untuk meningkatkan kualitas diri dari segi pengetahuan, sikap dan tingkah laku serta kecakapan dalam hidup. Sangat malang orang yang sudah bersekolah tinggi, tetapi tak mau belajar lagi karena merasa ilmunya sudah tinggi. Sebaliknya, sangat beruntunglah orang yang bersekolah rendah namun selalu kehausan akan ilmu pengetahuan. Mereka mau dan terus belajar untuk melepas dahaga akan ilmu pengetahuan.

belajar,kapan,dimana saja

Belajar itu tidak hanya di lembaga formal tetapi juga non formal. Tidak hanya di sekolah dan perguruan tinggi. Di lingkungan kita sendiri juga bisa belajar. Banyak media dan sumber belajar yang berserakan di lingkungan kita.

Sumber belajar yang popular adalah buku. Buku bisa dibaca di mana dan kapan saja. Buku adalah jendela dunia. Untuk membuka dunia ilmu pengetahuan dan wawasan, bukalah jendela itu dengan membaca buku. Yang penting ada minat dan keinginan untuk membaca.

Oh, ada pula media belajar yang lebih praktis. Belajar melalui internet. Tidak punya PC (personal computer)? Tidak apa-apa. Melalui mobile selluler juga bisa. Tak kalah dengan buku. Benda ini juga dapat dimanfaatkan dimana dan kapan saja. Mau surfing aneka informasi dan ilmu pengetahuan, biasa.  Mau berselancar di jaringan sosial apalagi.

Facebook, twitter dan sejumlah jejaring sosial lainnya, sesungguhnya media yang dapat dimanfaatkan untuk belajar. Begitu pula website/weblog, untuk belajar dan sekaligus “mengajar”. Jika ada dampak negatifnya dari media internet tersebut, tentu orang per oranglah yang akan mengolahnya menjadi berdampak positif.

Kesimpulannya, belajar itu tidak tergantung waktu dan tempat. Belajar itu dimana dan kapan saja. Demikian beberapa paragraf artikel sebagai dasar pembuka inspirasi kita semua. Terima kasih atas kesediaannya membaca artikel belajar itu dimana dan kapan saja, serta memberikan tanggapan via form di bawah ini.

Share this :

25 Responses to "Belajar Itu Kapan dan Dimana Saja"

  1. Belajar ga mengenal ruang dan waktu...kpn pun dimanapun

    BalasHapus
  2. Saya sepakat, bahwa belajar dapat dimana dan kapan saja, tergantung kemauan mengakses sumber belajar, dan sudah tersedia banyak sekali sumber belajar

    BalasHapus
  3. bener banget Uda,belajar itu tidak ada batasan,tidak ada kata berhenti,tua muda bisa belajar dimana saja,kapanpun selagi kita hidup tetap harus belajar,,,,,,,,,

    BalasHapus
  4. Jadi ingat kata bijak bahwa setiap orang adalah guru dan setiap tempat adalah sekolah....

    btw, Pak Uda sekali2 kunjungi juga dong blog saya...apa karena tidak berpagerank jadi gak pernah di kunjungi?? ouwh, kesian :(

    BalasHapus
  5. belajar, dimanapun dan kapanpun,.....semangaaaaat

    BalasHapus
  6. Benar sekali pak uda, belajar bisa dilakukan kapan dan dimana saja yang penting ada kemauan dan minat belajar...

    BalasHapus
  7. sepanjang hayat di kandung badan untuk belajar tak ada batasan ya mas :)

    BalasHapus
  8. Bener mas.. belajar itu kapan saja dan dimana saja :)

    BalasHapus
  9. wahh,,. calon penerus bangsa tuh.. jarang-jarang sekarang ada anak seusia itu mau belajar, kadang mereka lebih senang main game dsb..

    BalasHapus
  10. follower no 84 sukses, jangan lupa follow back ya gan

    BalasHapus
  11. Belajar juga tidak pernah mengenal kata terlambat ya mas...meski bukan pelajar lagi belajar juga digalakkan untuk tidak ketinggalan informasi

    BalasHapus
  12. saya setuju mas.. jujur saja saya banyak belajar melalui internet dan menjadi tau tentang banyak hal juga dari internet.. walaupun hanya melalui sebuah hp jadul saja mas hehehe

    BalasHapus
  13. iya betul banget artikel ini. Kita bisa belajar dari banyak hal tanpa mengenal waktu dan tempat ya mas. Apa yag kita lihat dan kita dengar serta kita rasakan, semuanya bisa dijadika bahan belajar untuk kehidupan kita :)

    BalasHapus
  14. di negara maju belajar merupakan hal yang penting, bahkan orang tua yang sudah berumur 90 tahun masih suka membaca dan menggunakan komputer, beda dengan di negeri kita untuk membaca saja malasnya minta ampun hehe...

    BalasHapus
  15. tempat belajar itu ada dimana saja ya pak, jadi tdk hanya di sekolah aja :)
    btw itu putranya ya pak, hmmm semoga pinter dan bisa menjadi org yg berguna pada nusa dan bangsa seperti ayahnya, amin :)

    BalasHapus
  16. Sangat setuju sekali dengan artikel Pak Uda Awak ini
    Di manapun dan di manapun yang nama nya belajar
    Untuk kita lebih tahu dengan semua hal. ada pepatah
    Kejarlah Ilmu walaupun di Negeri China. betul gak sih Pak?

    BalasHapus
  17. Kalau untuk media sosial sekarang sudah banyak yang disalah gunakan ya uda.. karena bukan untuk mencari informasi melainkan untuk kegiatan terlarang dan sia-sia.

    BalasHapus
  18. yuuppzzz benar banget mas.
    belajar itu dimana dan kapan saja.
    hmmm dan khususnya bagi orang yg pendidikanya kurang sepertiku harus banyak belajar lagii.
    hmmm karena aku tidak mempunyai buku.. jadi mobile yang menjadi bukuku..
    trims sharingnya

    BalasHapus
  19. dengan belajar, kita bisa lebih pintar ya mas. Maka, jangan malas untuk belajar, meski usia sudah tua hehe :D

    BalasHapus
  20. Belajar itu gak harus di depan buku. Semua kegiatan yg belum pernah kita lakukan dan kita mencoba itu udah termasuk belajar loh :-)

    BalasHapus
  21. Selamat malam pak uda...
    kembali hadir lagi disini turut meramaikan suasana
    salam blgowalking :)

    BalasHapus
  22. mampir pagi mas gan...
    salam dari palembang

    BalasHapus