Karakteristik Guru dan Profesi Keguruan

Karakteristik guru dan profesi keguruan - Pada postingan sebelumnya telah ditampilkan artikel katagori guru di bawah judul guru itu seniman pembelajaran(?). Pada akhir judul sengaja diberi tanda tanya, dalam kurung (?). Judul itu bisa menjadi sebuah kalimat pernyataan sekaligus pertanyaan.

Latar belakang dan profesi sahabat komentator bersifat heterogen. Namun diyakini seratus porsen, semua sahabat kita pasti pernah atau sedang bersekolah. Kalau begitu pasti sudah mengenal guru dengan baik. 

Mengetahui mata pelajaran dari A sampai Z. Jika ada sahabat yang kebingungan, itu bukan karena tidak mengenal karakter guru dan profesi keguruan. Namun semata-mata karena kebingungan membaca artikel...hehehe. 


karakteristik,profesi,guru,keguruan

Mengamati komentar para sahabat, kita dapat belajar sekaligus mengambil benang merah karakteristik guru dan profesi keguruan. Simak yang berikut ini:

1.Profesi guru memerlukan keahlian dan kecakapan khusus.

2.Penampilan guru di depan kelas ikut menentukan suasana pembelajaran dan motivasi siswa untuk belajar.

3.Guru itu seniman dan disainer pembelajaran.

4.Profesi guru mengandung unsur-unsur manusiawi seperti perhatian, motivasi, attitude yang tidak dimiliki robot canggih sekalipun.

5.Guru itu sosok yang patut digugu dan ditiru.

6.Guru tidak pernah menyimpan dendam kepada muridnya, jika memarahi maupun memuji, itu perwujudan rasa sayang kepada muridnya.

7.Guru ganteng cenderung digandrungi siswa perempuan, guru cantik digandrungi siswa laki-laki.

8.Guru itu menjadikan manusia yang cerdas, berbudi pekerti dan berketerampilan serta berkecakapan.

9.Guru itu juga manusia, punya keterbatasan, kekhilafan dan kesalahan. Kalau tidak punya ini, berarti bukan guru…???

10.Guru bisa lupa kepada muridnya namun murid tidak pernah lupa kepada gurunya.

Demikian kira-kira hasil belajar kita terhadap komentar para sahabat terhadap artikel guru itu seniman pembelajaran. Namun semua itu bersifat relatif karena pemahaman yang subjektif. 

Ada yang kurang, tidak benar, atau keliru dari poin di atas? Dengan senang hati…. silahkan menambahkan, membenarkan atau meluruskan melalui komentar di bawah ini. Terima kasih. 

Share this :

22 Responses to "Karakteristik Guru dan Profesi Keguruan"

  1. Sarofudin--->Dimana saja guru itu berada, Sob. Di sekolah, rumah tangga, lingkungan masyarakat...Terima kasih Sob.

    BalasHapus
  2. Guru terkadang bersikap galak. Tapi dibalik itu pasti dia ingin muridnya lebih baik :)

    salam

    BalasHapus
  3. Berkenaan dengan yang nomor 7, saya dengan guru anak saya pernah bercanda bahwa guru yang paling ikhlas menjalankan tugas adalah guru SD, gak bakalan dikotori maksud2 lain karena siswanya saja masih umbelen gak menarik, kalau guru SMA itu mungkin akan lebih sayang dan memprioritasnya siswa yang cantik2 .. hehehehe

    BalasHapus
  4. M.Robih--->Barangkali tampang dan suara gurunya aja yang galak, namun hatinya baik, sob...hehehe...Betul, guru pasti ingin muridnya jadi baik. Kalau dia marah atau memuji, itu wujud kasih sayang guru, Sob...

    BalasHapus
  5. Mas Isnaeni--->Admin setuju banget dengan mas Is. Jika diranking perjuangan dan keikhlasan guru (ini jika, ya mas...) maka guru SD yang menempati urutan pertama. Admin masih hafal nama semua guru SD sampai sekarang, karakter beliau....Beliau2 itu lebih ikhlas mengajar, nggak ada maksud2 lain selain membuat siswanya mengerti pelajaran, berubah tingkah laku dan berketerampilan...

    BalasHapus
  6. saya setuju dengan 10 point diatas :)

    dan tambahan menurut saya "Guru takkan merasa "berhasil" kalo anak didiknya belum sukses"

    BalasHapus
  7. bagi saya yang namanya guru itu punya tanggung jawab yang besar, karena selain skill mengajar, gerak-gerik lain seperti attitude juga jadi sorotan..

    BalasHapus
  8. Mbak Dwi--->Terima kasih, mbak Dwi. Setuju dengan tambahan mbak Dwi meskipun kita maklum, keberhasilan murid tidak sepenuhnya tergantung pada guru...

    BalasHapus
  9. Mbak Elsa--->Benar sekali mbak. Itu sebabnya guru selalu berusaha untuk tampil terbaik sesuai karakteristik guru dan profesi keguruan. Terima kasih mbak Elsa.

    BalasHapus
  10. point no 7 mas biasanya yang paling tinggi nilainya..karna terkadang keindahan bisa membuat suasana berubah meski tidak selalunya

    BalasHapus
  11. tambah satu lagi pak, guru itu pahlawan tanda jasa, suatu bangsa menjadi pintar karena jasa guru :)

    BalasHapus
  12. Mbak Indah--->Memang fakta seperti poin 7 itu nggak bisa dipungkiri, mbak. Itu sudah alamiah. Saya pun merasakan seperti mbak katakan itu semasa sekolah dulu.

    BalasHapus
  13. Buk Indri---> Terima kasih, buk Indri. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, meskipun semboyannya sudah diganti menjadi pahlawan insan cendikia....

    BalasHapus
  14. sepertinya agak sulit ya mas untuk menjadi guru. Harus punya bakat khusus dan juga pendidikan yang memadai, misalnya kuliah di jurusan pendidikan. Tapi saya salut sama guru-guru itu soalnya merupakan pahlawan tanpa tanda jasa :)

    BalasHapus
  15. Mbak Ririn---> Kesulitannya saya kira bukan lagi terletak pada syarat untuk menjadi guru, mbak. Guru sudah banyak dihasilkan oleh perguruan tinggi negeri maupun swasta. Yang sulit adalah lowongan mengabdikan diri jadi guru PNS maupun sukarela, apalagi sejak adanya program sertifikasi dimana guru harus mengajar 24 jam....

    BalasHapus
  16. Valentino--->Silahkan Gan dan terima kasih atas kun jungannya...

    BalasHapus
  17. 1o point artikel Pak Uda diatas saya setuju
    Karena harapan Semua Guru yang Baik ingin membuat
    Semua Muridnya berhasil dan sukses dalam semua materi
    pelajaran. Yang di ajarkanya. terima kasih atas pengetahuan ini
    Pak Uda Awaksalam sukses, dan salam sejahtera :)

    BalasHapus
  18. Mas Saud--->Wah, terima kasih banget dukungan mas. Salam sukses kembali buat mas...

    BalasHapus
  19. Karakteristik guru merupakan segala tindak tanduk atau sikap perbuatan guru baik di sekolah maupun dilingkungan masyarakat. Bagaimana guru meningkatkan pelayanan, meningkatkan pengetahuan, memberi arahan, bimbingan dan motifasi kepada peserta didik nya,bagaimana cara guru berpakaian dan berbicara serta cara bergaul baik dengan peserta didik, teman sejawat, serta anggota masyarakat lainnya.

    BalasHapus
  20. 3.Guru itu seniman dan disainer pembelajaran.
    betul saya setuju utamanya di poin no tiga,secara keseluruhan saya setuju,,,

    BalasHapus
  21. Marnes--->mantab banget uraiannya mas Marnes. Inilah harapan kita, semoga karakter demikian tidak pudar oleh peredaran sang waktu. Terima kasih banget mas.

    Mas Dede--->Terima kasih dukungannya mas Dede. Beberapa artikel di blog ini memang mengapungkan eksistensi guru sebagai seorang seniman dan disainer pembelajaran....

    Ucu--->tepatnya barangkali, tanpa guru kita takkan pernah pintar. Terima kasih mas...

    BalasHapus