Kerja Sama Antar Orangtua Siswa

Kerja sama antar orangtua siswa - Pada kesempatan ini akan ditampilkan sebuah ilustrasi menarik sekaligus mengharukan. Betapa tidak, dengan kisah nyata ini akan memotivasi para orangtua siswa untuk mengedepankan kerja sama dalam memajukan pendidikan anak. 

Kerja sama orangtua siswa? Ya, mungkin pertama kali yang terpikir oleh kita adalah kerja sama dalam wadah komite sekolah.

Kita semua sudah mengetahuinya. Di sekolah ada sebuah wadah kerja sama para orangtua siswa yang disebut Komite sekolah. Wadah ini dulunya bernama POMG, BP3 dan berubah menjadi komite sekolah, bertujuan untuk mendukung  kemajuan sekolah


kerja sama,orangtua siswa

Namun kita juga mengetahui, wadah ini cenderung terjebak lebih banyak membicarakan masalah iuran.

Tetapi pembahasan kita bukan kerja sama orangtua dalam komite sekolah. Kerja sama ini bersifat spesifik yang tidak dimiliki oleh komite sekolah. Untuk mencapai maksud pembahasan diskusi, disajikan illustrasi singkat berikut ini.

Pak Ahmad datang ke sekolah anaknya dalam rangka memenuhi panggilan guru. Pemanggilan tersebut sehubungan dengan kasus perkelahian anaknya dengan teman di sekolah. 

Sampai di sekolah, pak Ahmad bertemu dengan pak Hamid yang juga orang tua siswa. Mereka bersalaman. Akhirnya mereka mengetahui kalau mereka dipanggil dalam kasus yang sama. Anak mereka berdua telah berkelahi di sekolah!

Setelah melakukan proses penanganan masalah bersama kepala sekolah, ternyata anak pak Ahmad dinyatakan bersalah karena telah memulai perkelahian itu sehingga anak pak Hamid cedera di kepala dan telah diobati oleh pihak sekolah.

Pak Ahmad menerima kesalahan anaknya dan anaknya juga mengakui kesalahannya. Spontan pak Ahmad mengatakan akan mengganti biaya pengobatan. Permasalahan dapat diselesaikan secara kekeluargaan dan tidak akan berbuntut panjang di sekolah maupun di luar sekolah.

Setelah saling bermaafan, pak ahmad merongoh kantong celananya. Kemudian memberi sekadar tambahan uang jajan untuk anak pak Hamid dan anaknya sendiri. Tentu saja, kepala sekolah dan pak Hamid jadi terharu melihatnya.

Nah, apa komentar dan tanggapan sobat terhadap kerja sama orang tua siswa pada illustrasi di atas? Mari kita diskusikan…

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar di dunia maya maupun alam nyata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »