Upaya Meredakan Budaya Cemooh dalam Pembelajaran

Upaya meredakan budaya cemooh dalam pembelajaran - Budaya cemooh di kalangan siswa akhir-akhir ini disinyalir semakin berkembang. Hal ini dikhawatirkan berdampak buruk terhadap jalannya proses belajar dan mengajar di ruang kelas. 

Kondisi pembelajaran menjadi tidak kondusif dan monoton. Siswa lebih memilih diam daripada aktif belajar karena khawatir mendapat cemoohan dari temannya. Siswa sering merasa kurang percaya diri untuk melakukan aktivitas belajar yang dinamis. 


meredakan,budaya,cemooh

Bahkan siswa menjadi enggan dan malu kalau menjadi pusat perhatian teman-teman sekelasnya. Keengganan siswa bertanya maupun menjawab pertanyaan, sering berawal dari adanya kebiasaan mencemooh di dalam kelas. 
Baca : Mengapa Siswa Enggan Bertanya
Lebih parah lagi, kebiasaan buruk siswa suka mencemooh  akan membunuh kreativitas siswa dalam belajar.

Suasana psikologis siswa yang tidak menguntungkan ini telah menyebabkan pertanyaan yang diajukan guru sering melayang dan tergantung di awang-awang. Tidak mendapat tanggapan. Begitu pula suruhan guru untuk bertanya kalau ada materi pelajaran yang kurang jelas atau tidak dimengerti siswa.

Guru sebagai pengelola pembelajaran harus berupaya keras untuk meredakan kebiasaan mencemooh siswa selama pembelajaran. Salah satu upaya meredam budaya cemooh adalah membuat perjanjian terlebih dahulu dengan siswa sebelum memulai pelajaran. Siapa yang mencemooh temannya akan diberi sanksi oleh guru.

Langkah tersebut perlu dipelihara dan dikontrol oleh guru waktu demi waktu selama proses pembelajaran berlangsung. Guru perlu menjamin agar siswa yang aktif bertanya maupun mengajukan pertanyaan bebas dari cemoohan temannya. 

Dalam melakukan hal ini, guru perlu memperhatikan seluruh isi ruangan ketika mengajukan pertanyaan. Kemudian memberi kesempatan kepada siswa untuk mengacungkan telunjuk untuk menjawab pertanyaan yang diajukan guru. Berikan jaminan jika mereka keliru atau salah menjawab tidak dimarahi guru maupun dicemooh oleh temannya.

Begitu pula jika ada siswa yang mengacungkan tangan ingin mengajukan pertanyaan. Guru melindungi siswa tersebut dengan memberikan penekanan pada temannya agar tidak mencemooh siswa yang bertanya. 


Sebenarnya, jaminan untuk tidak mencemooh temannya justru dimulai dari semua siswa di dalam kelas. Siswa perlu menjaga suasana belajar agar menarik dan menggairahkan dengan menghilangkan kebiasaan mencemooh dalam pembelajaran berlangsung. 
Baca juga : Bertanya dan Mengajukan Pertanyaan
Demikian sekadar bahan diskusi dan alternatif meredakan budaya mencemooh dalam pembelajaran berlangsung. 

0 Response to "Upaya Meredakan Budaya Cemooh dalam Pembelajaran"

Posting Komentar