Dampak Ganti Domain dan Mengatasinya

Dampak ganti domain dan mengatasinya - Sudah seminggu blog artikel pendidikan ini berganti subdomain menjadi domain. Seperti yang sudah pernah admin ungkapkan sebelumnya, ganti nama dan domain akan membawa beberapa resiko. Sahabat yang sudah melakukannya juga mengatakan demikian. Akan tetapi pada kesempatan ini, tidak ada salahnya jika Uda juga membagi sedikit pengalaman dalam mengganti domain tersebut.

Yang pasti, dampak pertama terhadap alexarank. Ranking Alexa akan kembali ke posisi awal setelah resmi bertukar domain. Saat ini berkisar diangka 2000 an karena Uda tidak melakukan upaya ekslusif untuk menaikkan alexarank ini.

Begitu pula halnya pagerank, akan kembali ke angka awal. Hanya saja, karena web ini menggunakan template responsive, penurunan trafik pengunjung tidak begitu terasa. Maklum, ketika penggantian domain, template karya mas Noval Bintang ini baru beberapa hari digunakan.

dampak,ganti,domain,blog

Efek terhadap artikel di mesin pencarian juga dirasakan. Namun itu berlangsung hanya beberapa hari dan setelah itu normal kembali. Hal ini karena sesuai saran para master blog, segera daftarkan kembali blog ke webmaster tools, bing dan directory lainnya. Itu semua sudah dilakukan sesuai petunjuk.

Dampak lain yang tak kalah sengitnya adalah raibnya iklan adsense. Dibaned? Tidak! Setelah mendapat saran dari rekan-rekan matra pendidikan, uda coba memasukan domain baru pada otoritas situs di bagian setting dashboard adsense. Tak begitu lama, tak cukup dua hari akhirnya diterima untuk menampilkan adsense sehingga iklan adsense bisa muncul kembali disini.

Namun sayang sekali, Uda tidak menyadari betul apa manfaatnya dari penggantian domain ini. Mungkin karena Uda sendiri belum punya pengalaman tentang top level domain (TLD). Yang jelas, uda sudah lama sekadar berkeinginan untuk mengganti nama dan domain. Jadilah matra pendidikan dengan domain matrapendidikan.com. Domain ini Uda pesan di idwebhosting.com dengan prosedur dan layanan sangat memuaskan.

Terima kasih untuk sahabat semua yang telah berpartisipasi mewujudkan penggantian domain ini.

Share this :

46 Responses to "Dampak Ganti Domain dan Mengatasinya"

  1. Selamat Malam Pak Uda, semoga baik-baik saja sekeluarga amin.
    Wah maaf nih Pak saya sementara ini masih pakai domain blogspot
    Tapi suatu saat saya pakai domain lain maka artikel ini sebagai [Pemandu]
    Dapat pembelajaran baru saya di artikelnya Pak Uda ini. terima kasih salam sejahtera :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mlm jga mas. Alhamdulillah kami sehat sekeluarga, begitu pula hendaknya dg mas...Oh, ya....ini sekadar coba-coba aja mas...Mudah-mudahan menyusul ya mas?

      Hapus
  2. wah keren pak iklan GA nya uda bisa nampil lagi, hehehe :D domain TLD akan terasa besar manfaatnya jika sdh berumur setahun pak, benar2 kuat di serp :D

    selain itu, jika blog dihapus google maka kita bisa bikin blog baru dgn domain itu lagi dan PR serta alexanya tetap sama, kita hanya tinggal export file dari dasbor blog yg dihapus utk diimport ke dasbor blog baru dan tetap menggunakan akun blogger yg sama juga, hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, begitu ya buk? Ya, mudah-mudahanlah buk. Ibuk berkunjung sudah memberi pecerahan sekaligus buat Uda. Terima kasih banget, buk..

      Hapus
  3. Wah selamat ya Maz Uda atas pergantian domainnya, semoga semuanya cepat kembali seperti semula dan bahkan lebih baik dari pada sebelumya Aamiin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin. Terima kasih dukungannya mas Heri...

      Hapus
  4. TLD (Top Level Domain) ini tentu termasuk salah satunya adalah "com". Domain fave saya. Terima kasih atas informasinya . Saya memang ada rencana untuk membeli atau menyewa domain untuk nama blogspot saya yang saya pakai selama ini. Salam hangat dari Pontianak/ :)))))))))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi dan salam balik dari bumi ranah minang, mas Asep...Mudah-mudahan segera cepat terwujud ya mas. Dan mudah-mudahan juga kita semakin semangat untuk ngeblog....

      Hapus
  5. saya juga pengen ikutan pindah ke TLD :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, bagus kalau begitu mbak Elsa. Mudah-mudahan cepat terlaksana ya, mbak...?

      Hapus
  6. Selamat ya pak domainnya udah ganti ya, semoga semuanya cepat kembali seperti semula deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Terima kasih mas yahya...

      Hapus
  7. harus dipikir-pikir dulu ya mas kalau misal nya kita mau ganti domain, soalnya penuh dengan resiko :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar juga mbak. Apakah kita mau melepas PR atau AR yang posisinya udah bagus. Apakah mau Adsense juga bermasalah, plus penghasilan untuk sementara...

      Hapus
  8. kalo saya sebelu buat blog beli domainnya dulu :D biar di kemudian hari gk repot :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mestinya mungkin begitu yang bagus ya mas? Tak perlu mengganti melainkan menggunakan langsung...hehehe. Terima kasih mas...

      Hapus
  9. selamat pak atas pergantian doaminnya, semoga semakin sukses.
    kalau saya masih bingung bagaimana caranya bisa memasang iklan adsense di blog wewengkon sumedang pak, saya sudah punya akun GA dari blog yang lain, tapi ketika mendaftarkan blog WSsebagai blog penayang iklan GA di akun GA tersebut kenapa selalu ditolak ya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas Jery...Waduh, mohon maaf mas Jery, Uda juga belum paham mengapa sebuah situs ditolak sebagai penayang iklan...Namun mudah-mudahan ada solusinya ya mas...

      Blog ini sebenarnya menjadi situs otoritas dari akun blog lain mas. Saya nggak paham, mengapa ketika uda go blog bisa menayangkan iklan adsense. Kemudian berganti domain malah bisa menjadi situs yang diotorisasi...Mudah-mudahan ada teman yang memberi pencerahan..

      Hapus
  10. Maka dari mas, dulu saya juga pernah denger dari temen temn blogger sudah expert istilahnya. Mereka mengatakan bahkan kalau mau custom domain seharusnya sejak awal setelah membuat blog. Jadi kerja kita untuk menSEOkan blog kita tidak 2 kali lipat kerja.

    Tapi ga bakal rugi kok mas kalau sudah punya TLD seperti .com. Selain blog kita menjadi lebih professional, kita Insya Allah akan memiliki semacam citra positif bagi orang lain (personal branding) dan tentunya resiko unutk banned (penghapusan blog oleh google) sangat kecil alias bisa diminimalisir.

    Sukses dengan domain barunya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, terima kasih atas kunjungan serta spiritnya mas Aditya. Ini akan menjadi bahan bakar energik buat saya untuk lebih serius mengelola blog ini.

      Hapus
  11. waah udah pake domain.com aja nih :) hehee. semoga saya bisa nyusul domain .in jadinya
    http://diaku.in :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, mbak Dwi... Wah, mantab kalau begitu mbak. Semakin pendek dan mudah diingat...hehe.

      Hapus
  12. Proses pemulihan dampak dari ganti domain tidak memakan waktu lama Uda, dan semoga semakin membaik kedepannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas. Mudah-mudahan begitu hendaknya...

      Hapus
  13. Kalau untuk blog yang udah lama, ganti domain jelas merupakan hal yang berbahaya, penilaian Google pasti akan berubah, dari awalnya bagus bisa saja berubah menjadi jelek..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, untuk sementara ada juga benarnya mas. Buktinya, semua artikel terhapus dari mesin pencari semisal google,bing, dll. terima kasih mas.

      Hapus
  14. kalo saya malah langsung down pagerank di alexa...! bahkan indeks google hilang semua setelah bulan lalu habis masa domain... kayaknya perlu belajar untuk naikkan pagerank lagi neh...! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, mas. Namun menurut Uda, bagi publisher adsense pagerank dan alexa itu tidak begitu berpengaruh. Kecuali publisher iklan mandiri. Nah, mengembalikan artikel yang hilang dari indeks google, ini perlu kita pelajari lagi mas.

      Hapus
  15. Saya juga mengalami apa yang pak katakan dari artikel di atas, tapi itu kan sifatnya sementara ya mas, dan Terima kasih atas bantuan dari artikelnya pak, saya jadi paham dan mengerti.

    BalasHapus
  16. Saya jadi berpikir dua kali lagi untuk bisa ganti domain. Padahal ada niat mau ganti dari .me ke .com

    BalasHapus
  17. wah mas artikelnya bagus sekali , akhirnya saya memutuskan untuk mengganti domain dari www.galerijkt48.blogspot.com ke www.galerijkt48.com , terimakasih mas atas pengalamannya :)

    BalasHapus
  18. Benar..harus lebih dipikirkan matang-matang. apalagi jika menyangkut bisnis..hehehe

    BalasHapus
  19. Pak, adsense saya sudah kembali ga sampe 1*24 jam :), makasih banget atas artikel ini, sangat memberi pencerahan ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, syukurlah mbak. Itu artinya proses pemunculan adsense di blog mbak jauh lebih cepat dari blog ini...Sukses deh mbak...

      Hapus
  20. bener banget semua itu pak,,,,alexa saya juga masih kembali ke awal,,,dulu gk jadi ganti domain karena adsense blm full approve,,,karena sekarang sudah makanya dignti ke domain tld, terimakasih sharingnya gan

    BalasHapus
  21. aduuuuuhhhh . banyak sekali yg kayak gini

    BalasHapus
  22. efek ganti domain sedang saya rasakan uda awak, soalnya baru 3 hari dan hari ini parah betul ntah hari esok semakin parah...semoga kembali dan tambah banyak dari subdomain

    BalasHapus
  23. terimakasih mas udh share pengalamannya mengganti domain, saya juga sekarang berminat untuk mngganti domain dengan yg lebih komersial. seperti itu yah resiko dan antisipasinya. kalau berkenan mas kunjungi blog saya yg masih nol http://modblogger.pe.hu/
    thanks mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke deh, mas. Terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
  24. assalam uda.. uda dima domisili? ambo rang awak juo da.. salam dari padang, (Lumin)..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam. Sekarang ambo berdomisili di Lintau Kabupaten Tanah Datar. Salam dari Lintau...

      Hapus
  25. Wah selamat uda atas nama baru pada blognya. Tahun lalu saya juga melakukan hal yg sama tepatnya Desember 2014 mendaftarkan www.kiatkiat.com dan www.pemasaranjaringan.com sekaligus karena sy sepakat dgn komentar teman2 yg menyarankan lakukan custom diawal. Terbukti setelah hampir satu tahun ini blog bertengger dipuncak klasemen SE. Meskipun untuk beberapa keyword pendek saja. Semoga makin sukses blognya uda

    BalasHapus
  26. custom domain dari blogspot ke .com kerugian hanya diawal saja tampilan iklan hilang sementara tp akun adsanse tdk dibanned dr google, yg pasti iklan akan muncul kembali setelah direkomendasikan oleh google.

    BalasHapus
  27. Hm,,, jadi galau, mau ganti apa gak ya...

    BalasHapus
  28. wah saya udah 2 minggu traffic masih terjun bebas nih mas uda sampai minus 70% setelah ganti domian dotcom artikel pada hilang di SERP entah kemana jadi sedih dan setres kalo dipikirin mah yang tadinya artikel sumber traffic terbesar yang menduduki pejwan bhkan peringkat 1 2 3 skarng pada raib..sudah saya ikuti semua saran dari sahabat dan dari bpk semoga bisa segera pulih kembali trafficnya ya mas..

    BalasHapus
  29. Uda boleh nanya juga gk, blog saya kalau di search di google "bani cyber", yang muncul malah no.1 nya fanspage fb saya, no.2 blog orang lain , no.3 akun linkedin saya , no.4 baru blog Saya.. Ni url nya http://cara-banicyber.blogspot.com

    BalasHapus