Dampak Ganti Domain dan Mengatasinya

Dampak Ganti Domain dan Mengatasinya

Dampak ganti domain dan mengatasinya - Sudah seminggu blog artikel pendidikan ini berganti subdomain menjadi domain. Seperti yang sudah pernah admin ungkapkan sebelumnya, ganti nama dan domain akan membawa beberapa resiko. Sahabat yang sudah melakukannya juga mengatakan demikian. Akan tetapi pada kesempatan ini, tidak ada salahnya jika Uda juga membagi sedikit pengalaman dalam mengganti domain tersebut.

dampak,ganti,domain,blog

Yang pasti, dampak pertama terhadap alexarank. Ranking Alexa akan kembali ke posisi awal setelah resmi bertukar domain. Saat ini berkisar diangka 2000 an karena Uda tidak melakukan upaya ekslusif untuk menaikkan alexarank ini.

Begitu pula halnya pagerank, akan kembali ke angka awal. Hanya saja, karena web ini menggunakan template responsive, penurunan trafik pengunjung tidak begitu terasa. Maklum, ketika penggantian domain, template karya mas Noval Bintang ini baru beberapa hari digunakan.

Efek terhadap artikel di mesin pencarian juga dirasakan. Namun itu berlangsung hanya beberapa hari dan setelah itu normal kembali. Hal ini karena sesuai saran para master blog, segera daftarkan kembali blog ke webmaster tools, bing dan directory lainnya. Itu semua sudah dilakukan sesuai petunjuk.

Dampak lain yang tak kalah sengitnya adalah raibnya iklan adsense. Dibaned? Tidak! Setelah mendapat saran dari rekan-rekan matra pendidikan, uda coba memasukan domain baru pada otoritas situs di bagian setting dashboard adsense. Tak begitu lama, tak cukup dua hari akhirnya diterima untuk menampilkan adsense sehingga iklan adsense bisa muncul kembali disini.

Namun sayang sekali, Uda tidak menyadari betul apa manfaatnya dari penggantian domain ini. Mungkin karena Uda sendiri belum punya pengalaman tentang top level domain (TLD). Yang jelas, uda sudah lama sekadar berkeinginan untuk mengganti nama dan domain. Jadilah matra pendidikan dengan domain matrapendidikan.com. Domain ini Uda pesan di idwebhosting.com dengan prosedur dan layanan sangat memuaskan.

Terima kasih untuk sahabat semua yang telah berpartisipasi mewujudkan penggantian domain ini.

Posting Komentar