Ketika Musim Ujian Tiba

Ketika musim ujian tiba – Semester genap atau semester 2  merupakan semester yang membuat kesibukan luar biasa setiap tahunnya. Tidak hanya di pihak guru melainkan juga para siswa. Kesibukan itu kadangkala sempat meningkatkan adrenalin guru dan siswa. Ini suatu hal yang fenomenal dalam dunia pendidikan ketika musim ujian tiba.

Apa penyebab semua itu? Apalagi kalau bukan Ujian Nasional. Seakan-akan UN adalah partai hidup mati (play-off) bagi siswa jika diibaratkan pertandingan dalam sepak bola. Jika kalah, tamatlah riwayat untuk bertanding berikutnya. Bila menang, bersiap-siap menerima tantangan pertandingan berikutnya.

musim,ujian,sekolah

Analog dengan pertandingan sepak bola, UN adalah prosesi penentu bagi siswa. Jika gagal atau tidak lulus UN maka sia-sialah pengorbanan selama 3 tahun (?). Tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Waktu untuk mewujudkan cita-cita telah tertunda satu tahun.

Bagi pihak guru pun tak kalah serunya. Hasil UN seakan menjadi sebuah prestasi dan prestise bagi guru, khususnya guru yang mengajar mata pelajaran yang di-UN-kan. Maka guru pun tak mau kalah sibuk dengan peserta didiknya. Mengarahkan siswa agar bisa lulus dalam mengikuti UN. Menyuplai “makanan” soal-soal ujian tahun lalu agar anak terbiasa mengerjakan soal yang senada dan seirama.

Berbagai ujian diadakan oleh pihak sekolah. Mulai dari ujian try-out, pra-UN, Ujian Sekolah, sampai Ujian Nasional. Ujian try out (TO) ini lazimnya telah dimulai sejak bulan Januari setiap tahun. Namun pelaksanaan TO ini tidak sama untuk setiap kabupaten atau provinsi di Indonesia. Ada yang sampai melaksankan ujian TO ini sampai 3 kali menjelang ujian UN.

Selanjutnya adalah ujian sekolah (US) untuk memperoleh nilai sekolah (NS). Kemudian ada lagi namanya ujian pra-UN untuk mengasah kemampuan siswa dalam mengerjakan soal-soal yang mengacu kepada UN. Sebagai penutup rangkaian kesibukan itu adalah UN.

Memang, untuk siswa kelas terakhir suatu jenjang pendidikan cukup banyak ujian yang harus dihadapi. Bahkan terkesan lebih banyak waktu tersita untuk ujian-ujian ketimbang belajar. Inilah fakta ketika musim ujian tiba.

Share this :

19 Responses to "Ketika Musim Ujian Tiba"

  1. Haha bener juga. Ini udah musim ujian.. Bulan depan malah UN ya.

    BalasHapus
  2. beberapa tahun belakangan ini banyak terjadi pro dan kontra ya pak terhadap UN ini, bahkan dikalangan pembesar-pembesar negara sendiri...garis besarnya banyak yang merasa menyayangkan jika hasil belajar tiga tahun dipertaruhkan dalam beberapa hari di pertandingan hidup mati yaitu UN ini...dan hanya tiga mata pelajaran pula yang menjadi penentu itu padahal disekolah diajarkan banyak hal, sementara kemampuan, minat, dan keunikan setiap siswa pastinya berbeda-beda, hal ini memancing kecurangan-kecurangan yang terjadi dalam UN. katanya sih begitu....dan ini menjadi sangat alot sekali, dengan berbagai filosofi dan variasi jawaban ataupun sanggahan dari masing2 pihak yang pro dan kontra

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mas Jery. Akan tetapi, jika UN hanya sekadar tolok ukur kualitas pendidikan secara nasional, hasil UN untuk persyaratan melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan berikutnya,....Itu layak kita terima. Yang tidak masuk akal adalah menjadikan UN segala-galanya dan itu menjadi salah satu penyebab timbulnya kecurangan dalam UN...

      Hapus
  3. Sudah musim ujian ya...
    Wah met berjuang deh buat adik-adik yang nasih di bangku sekolah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, mas Heri. Terima kasih atas dorongannya.

      Hapus
  4. Semoga ujian kali ini semuanya bisa lulus dengan murni, dengan persiapan yang matang saya rasa semuanya bisa terkendali dan terlaksana sesuai dengan aturan yang ada :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin semoga semuanya bisa lulus dengan nilai yg memuaskan

      Hapus
    2. Terima kasih buat mas Yobert dan mas Yahya atas supportnya...

      Hapus
  5. Kalau ujian penentuan seperti ini banyak juga yang harus dipersiapkan selain materi yang akan di soalkan nantinya
    wah sudah pindah domain ya mas..selamat ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak Indah, ujian juga perlu mempersiapkan berbagai persiapan mental dan strategi disamping materi yang akan di-UN-kan.

      Terima kasih, mbak. Lagi sibuk membenahi blog ini dari awal akibat perubahan domain, mbak. jadinya, belum sempat berkunjung balik ke rumah mbak Indah dan semua teman yang sudah berkunjung disini.

      Hapus
  6. anak-anak sekarang memang menjadi super sibuk saat ujian tiba...segala sesuatu yang terkait dengan proses ajar mengajar dan belajar tiba-tiba jadi perhatian utama...padahal hal sebenarnya tidak perlu terjadi..bila mereka mau belajar sejak jauh hari sebelum ujian tiba....dan pas ujian tiba mereka bisa lebih tenang dan rilekz menghadapi ujian.....
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar juga kata mas Hariyanto...Kalau mau ujian sibuk, kalau tak ulangan santai. Akhirnya kerepotan sendiri dikala ujian penting. Terima aksih mas.

      Hapus
  7. Malam Pak Uda, wah rupanya lagi semester 2 ya Pak
    Selamat menjalankan aktivitas semangat dalam karya yah Pak Uda

    BalasHapus
  8. musim ujian itu kadang ada gledek sama halilintar gak pak?

    ujian lawan kata panas yaa hehe

    BalasHapus
  9. sering diadakan ujian itu pertanda ada kemajuan di dunia pendidikan ya pak, tapi kasihan juga para murid yg terus menerus tegang jadinya, hmmm :)

    BalasHapus
  10. wah pasti para siswa lagi pada sibuk belajar nih kan sudah masuk musim un ya ;)

    BalasHapus
  11. UN Sebentar lagi, contekan dah disiapin :v

    BalasHapus
  12. UN menjadi dilema dan tantangan...bagi guru dan siswa...

    BalasHapus