Orangtua Pendidik Profesional

Orangtua pendidik profesional - Sesungguhnya orangtua adalah pendidik profesional di lingkungan keluarga. Hal ini sangat memungkinkan karena tugas orangtua dalam pendidikan keluarga bersifat tunggal yaitu sebagai pendidik. Orangtua menjadi pondasi awal pendidikan karakter di lingkungan keluarga.
  
Orangtua tidak mengajar anak di rumah sebagaimana lazimnya guru di sekolah. Orangtua membimbing anak dalam hal sikap dan tingkah laku. Sebagai pendidik professional,akan membimbing anak-anaknya bersikap dan bertingkah laku yang baik. Dan ini bukan diajarkan melainkan ditanamkan melalui keteladanan orang tua. 

Anak justru lebih dekat dan lebih banyak waktu bergaul bersama orangtua. Anak lebih mudah meniru sikap dan karakter orangtua. Maka tidaklah mengherankan jika ada anak yang mengidolakan ayah atau ibu sebagai sosok yang dikagumi dan ditauladani. Ini membuktikan bahwa kharisma orangtua kadang-kadang lebih tinggi ketimbang guru di sekolah.  

orangtua,pendidik,profesional

Jika demikian, penanaman karakter kesederhanaan lebih potensial di lingkungan keluarga dibandingkan lingkungan lainnya. Hal ini menjadi jembatan emas untuk menghadapi situasi ekonomi yang tidak menentu sampai hari ini. Disadari bahwa harga barang, tarif dan jasa semakin membubung. Kondisi ini cenderung menimbulkan tekanan psikologis pada unit keluarga.

Mudah-mudahan artikel orangtua adalah pendidik profesional menjadi inspirasi bagi kita semua dalam membentuk karakter positif anak di lingkungan keluarga.

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar di dunia maya maupun alam nyata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

18 komentar

Write komentar
5 April 2014 16.02 delete

ini juga bisa menjadi satu landasan dalam dunia pendidikan, kalau landasannya kuat maka pendidikannya juga akan menjadi kuat :)

Reply
avatar
5 April 2014 16.13 delete

Iya, mas...Berdasar bengalaman Uda, ternyata peran mendidik yg dimainkan oleh orang tua akan mendukung peran guru sebagai pendidik di sekolah sehingga pendidikan anak semakin mantap...

Reply
avatar
5 April 2014 19.36 delete

Have a nice weekend with greetings from Belgium my friend

Reply
avatar
5 April 2014 19.56 delete

agar karakter anak terbentuk dengan baik, orang tua tua memang harus bisa memberikan contoh perbuatan baik pada anaknya yia bos...

Reply
avatar
5 April 2014 21.28 delete

sepakat sama artikel diatas, karena waktu yang paling banyak untuk memantau anak adalah orang tua, jadi guru yang terbaik dan bisa mengajar segala hal adalah orang tua ya mas ;)

Reply
avatar
5 April 2014 21.39 delete

setuju dengan artikel mas ini, tapi kadang orang tua selalu menuntut lebih kepada anak, tetapi mereka tidak memberikan dukungan kepada anak yang dituntut.

Reply
avatar
5 April 2014 23.43 delete

Thank you. Warm regards from Indonesia...

Reply
avatar
5 April 2014 23.45 delete

Betul mas...Dan ini diupayakan terus oleh kita semua sebagai orang tua...

Reply
avatar
5 April 2014 23.48 delete

Benar mbak. Julukan untuk pendidik profesional itu tidak hanya untuk guru di sekolah, namun lebih penting untuk orang tua di rumah karena memang waktu anak banyak bersama orang tua ketimbang guru di sekolah...

Reply
avatar
5 April 2014 23.51 delete

Satu sisi hal itu bisa dimaklumi karena memang orang tua berharap anaknya lebih baik dari dirinya sebagai penerus keturunan. Namun disisi lain, perlu kita sayangkan kurangnya dukungan orang tua terhadap harapan kepada anaknya...

Reply
avatar
6 April 2014 03.58 delete

Betul sekali Mas.. peran orang tua dalam mendidik anak sangat penting. Orang tua adalah guru pertama terhadap anak.

Reply
avatar
6 April 2014 04.09 delete

Peran serta Orang Tua dalam mendidik Anak nya mungkin Guru PRIVATE
Di rumah yah Pak Uda.? dan pekerjaan itu bisa dengan cepat menumbuh kembangkan
Pola pikir si Anak dalam mendalami kajian pelajarnya di sekolah. maaf jika salah Pak Uda :)

Reply
avatar
6 April 2014 05.17 delete

Iya, mas Heri. Itu pula sebabnya orang tua disebut sebagai pendidik profesional....

Reply
avatar
6 April 2014 05.22 delete

Mas Saud benar juga. Orang tua adalah "guru private" dalam hal mendidik dan mengembangkan pola fikir serta sikap dan tingklah laku anak...

Reply
avatar
6 April 2014 20.21 delete

Tepat sekali Gan Uda, orang tua kita adalah pendidik profesional, orang tua kita adalah guru pertama dan selamanya sepanjang hayat kita yang tak pernah lelah mengajarkan apa saja kepada kita hal-hal yang berguna.

Nice sharing and keep sharing

Reply
avatar
6 April 2014 20.22 delete

Met een lach ,groeten uit Brugge op een zondag

Reply
avatar
6 April 2014 20.29 delete

Wah, terima kasih banget udah berkunjung disini, pak...Terima kasih juga dukungannya....

Reply
avatar
6 April 2014 20.34 delete

Good evening, Mr.Rudy...Have a great day...

Reply
avatar