Tips Jitu Menghadapi UN

Tips Jitu Menghadapi UN

Tips jitu menghadapi UN perlu dikuasai oleh semua siswa kelas terakhir setiap jenjang pendidikan. Tujuannya agar siswa peserta UN betul-betul dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin dan lulus Ujian nasional tersebut. Persiapan dimaksud tidak hanya dalam aspek materi dan fisik namun lebih penting lagi aspek psikis.  

Dalam rangka membantu siswa menghadapi UN itulah, blog artikel pendidikan ini, sengaja membahas dan akan mendiskusikan dengan sahabat semua dibawah topik  tips jitu menghadapi UN.

UN ( ujian nasional ) diselenggarakan secara nasional dan dipusatkan pengelolaanya di ibu kota Republik Indonesia. Ujian Nasional adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi siswa yang dilakukan oleh sekolah/madrasah/program pendidikan kesetaraan. 


tips jitu,mengahdapi,un

Dalam hal ini disebut sebagai UN SMP/MTs, SMPLB,SMA/MA, SMALB, SMK/MAK yang meliputi mata pelajaran tertentu.

Mengenai tata pelaksanaannya telah diatur oleh BSNP ( Badan Standar Nasional Pendidikan) dalam bentuk POS UN ( prosedur operasi standar ujian nasional ). Siswa perlu mengetahui dari awal tentang persyaratan peserta dan kriteria kelulusan UN yang dikeluarkan oleh badan tersebut setiap tahun.


Berikut adalah tips mempersiapkan UN secara fisik/materi:

1.Pastika siswa sudah mengetahui seluk beluk pelaksanaan dan peraturan ujian sehingga memudahkan siswa melakukan orientasi terhadap kegiatan UN. 

2.Miliki kisi-kisi soal UN sesuai dengan jenjang pendidikan dan mata pelajaran yang di-UN-kan. Kisi-kisi ini menjadi panduan khusus bagi siswa untuk memusatkan pembahasan materi pelajaran yang akan di-UN-kan.

3.Ikuti belajar tambahan sore dengan baik jika sekolah mengadakannya. Atau jika memungkinkan siswa bisa mengikuti lest privat atau bimbingan belajar yang ada di tempat siswa,  sesuai kebutuhan dalam apengertian, mata pelajaran yang kurang dikuasai.

4. Lengkapi semua catatan pelajaran yang di-UN-kan, buku paket dan buku penunjang serta buku latihan soal.

Sedangkan persiapan secara psikis adalah:

1.Berdoa

Doa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing adalah modal utama persipan psikis. Doa supaya tetap sehat wal’afiat , tidak ada gangguan dalam melaksanakan UN dan dibukakan fikiran untuk menjawab soal-soal UN.

2.Restu orang tua

Kesuksesan seorang anak tidak lepas dari restu dan doa kedua orang tua. Jika siswa merasa bersalah dan berdosa kepada orang tua selama ini, silahkan minta maaf dan doa kedua orang tua. Restu dan doa orang tua lebih cenderung terkabulkan jika itu benar-benar dilakukan dengan tulus dan ikhlas. Mudah-mudahan.

3.Pelihara kesehatan mental

Kesehatan mental sangat dipengaruhi oleh kesehatan jasmani. Oleh sebab itu memelihara kesehatan sangat penting dilakukan oleh siswa. Jika kesehatan terganggu akan berakibat terganggunya konsentrasi menghadapi UN. Ujian dapat dihadapi dengan baik jika kondisi fisik bugar dan fikiran tetap fresh dan tidak stress menghadapi UN.

4.Optimis

Ini hal penting dimiliki oleh siswa yang akan bertarung menghadapi UN. Siswa harus merasa optimis akan dapat menjalani UN dengan baik sehingga berhasil dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

5.Strategi hitungan

Aneh bukan? Namun tidak mengada-ada. Strategi hitungan ini memang harus dimiliki oleh siswa sejak awa. Tidak ada soal UN yang sulit untuk diselesaikan. Jika seandainya memang sulit, siswa harus melakukan strategi  perhitungan.

Sebagai contoh, jika jumlah butir soal 40 buah. Agar memenuhi kriteria minimal kelulusan ( 5,5). Minimal harus menjawab dengan benar sebanyak 22 butir dari 40 butir soal. Ini perlu dihitung-hitung oleh siswa. Begitu pula jika jumlah soal 50, maka minimal siswa harus menjawab dengan benar sebanyak 28 soal. Jadi, siswa harus tahu betul berapa jumlah soal setiap mata pelajaran yang di-UN-kan.

Demikianlah tips jitu menghadapi UN dan mudah-mudahan bermanfaat serta membantu siswa dalam mempersiapkan UN. Ingat! Keberhasilan siswa dalam UN tidak hanya ditentukan oleh faktor teknis tetapi juga faktor non-teknis. Good Luck!

Posting Komentar