Cara Sederhana Menaikkan Alexa Rank

Cara sederhana menaikkan alexa rank – Sudah cukup banyak bertebaran artikel tutorial di dunia blogging seputar cara memperkecil peringkat alexa (alexa rank) sebuah blog atau web. Caranya pun banyak sekali. Dari sekian banyak hal yang harus dilakukan tidak semuanya yang dapat dilaksanakan. Hal ini tergantung pada waktu dan kesempatan yang dimiliki admin blog, termasuk admin blog matra pendidikan.

Artikel kali ini bukanlah tutorial melainkan hanya sekadar berbagi pengalaman kecil yang sempat dilaksanakan dalam usaha memperkecil peringkat alexa. Beberapa waktu lalu tepatnya 22 Maret 2014 blog yang sobat kunjungi ini berganti nama dan domain. Resikonya adalah pagerank 1 yang sudah dimiliki oleh blog yang semula bernama Uda Go! Blog ini, direlakan hilang. Begitu pula peringkat alexa yang sudah menyentuh angka 200 ribuan, kembali ke angka paling gemuk. Semua artikel pun hilang dari pengindeksan google

cara,menaikkan,alexa rank

Dampak berganti domain seperti di atas sudah sering diingatkan oleh sahabat blogger. Namun resiko tersebut bersifat temporer atau sementara. Memang, hal itu telah terbukti, kecuali pagerank. Belum cukup sebulan, lebih kurang 26 hari, ternyata alexa rank matra pendidikan sudah berada di level 700 ribuan.

Tidak ada cara ekslusif memperkecil alexa rank. Juga tidak banyak yang bisa dilakukan untuk memperbaiki peringkat alexa tersebut. Ada 3 hal utama yang perlu dilakukan, yaitu:

1.Update artikel postingan

Penerbitan artikel dilakukan secara kontinyu dan konsisten sampai alexa rank menuju angka yang diinginkan dan sesuai target. Kadang-kadang tidak sempat lagi mempertimbangkan kualitas artikel. Yang penting tulis dan publish saja kalau sudah dirasa mencukupi.

2.Memasang widget alexa

Kode verifikasi alexa pada template sesungguhnya langkah yang penting. namun demikian untuk mencapai sasaran perlu juga memasang widget alexa di homepage. Konon hal ini sangat disukai oleh alexa com bagi yang ingin memperkecil peringkat alexa ke kancah persaingan ketat (dibawah satu juta).

3.Blogwalking sebagaimana mestinya

Kegiatan blogwalking sangat penting terutama sekali memperbanyak pengunjung blog. Blogwalking dilakukan terutama sekali pada blog berbahasa Indonesia karena sasarannya adalah rank Indonesia, bukan global.

Hanya itu? Ya, kalau hanya itu, semua sahabat blogger sudah tahu dan sudah sangat hafal. Dan, memang itulah yang dilakukan untuk memperbaiki peringkat alexa blog sederhana ini. Demikianlah sedikit cara memperkecil alexa rank ala Matra Pendidikan. Mudah-mudahan ada manfaatnya untuk membangkitkan inspirasi kita semuanya.

Share this :

39 Responses to "Cara Sederhana Menaikkan Alexa Rank "

  1. nice shared, jadi nambah ilmu.. mungkin suatu hari saya pakai alexa. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas..ya, mudah-mudahan bisa dipakai juga karena alexa menjadi salah satu tool penting untuk memantau perkembangan blog.

      Hapus
  2. Kalau BW nya ke blog yang bukan dari indonesia apa alexa rank global bisa menjadi kecil Mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman pada blog saya yang lain berbahasa Inggris, justru lebih cepat menjadi kecil, mas...Entah kebetulan atau bagaimana, Uda juga tidak tahu, mas Yobert.Terima kasih ya mas...?

      Hapus
  3. saya juga sering asal publish jika artikel dirasa sdh layak utk dipublish pak, krn kalau artikel terlalu panjang maka pembaca juga masal utk membaca semuanya, hehehe :D

    ngomong2 blog ini mulai mengembangkan kategori ke arah tips trick blogger juga ya pak, pengembangan dari blog pendidikan pendidikan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Met malam buk Indri....Mungkin hal demikian sudah biasa ya, buk. Karena fikiran kita tidak selalu untuk menulis artikel sehingga asal jadi.

      hehehe...enggak juga buk Indri...Seperti di awal artikel dikatakan hanya sekadar berbagi pengalaman (bukan tutorial) yang berkaitan dengan perkembangan matra pendidikan. Barangkali kategorinya "info matra", bukan "info blog" ya, buk?

      Hapus
  4. Salam Admin. Tips yg menarik.. Nurul pun ada membaca beberapa kali tentang Alexa pagerank ini namun sejujurnya, Nurul tidak tau apa gunanya atau kaitan atau kebaikan Pagerank itu pada blog. Mohon share penjelasannya. Terimakasih ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam balik sahabat Nurul... Menurut Uda, secara umum kegunaan utama dari alexa rank dan pagerank terhadap blog adalah memantau perkembangan sebuah blog dari segi trafik pengunjung (alexa rank) maupun optimasi halaman blog di mesin pencarian (page rank). Hanya itu yang bisa Uda katakan sahabat Nurul...

      Semoga ada sahabat yang menambahkan penjelasan di kotak komentar ini, atau menguraikan manfaat/kegunaan AR dan PR ini lebih detail di blog masing-masing...

      Terima kasih....

      Hapus
  5. sederhana apanya bos, poin satu kan susah bos...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, begitu ya, mas? Karena caranya tidak sampai sepuluh butir, saya fikir itu sederhana..Hehehe...

      Oh ya, kontinyu dan konsisten itu bukan berarti harus update 1 atau lebih artikel tiap hari, mas...Tergantung kondisi masing-masing kita. Iya kan mas?

      Hapus
  6. Kunjungan perdana Pak, mungkin aplikasi point 3 yang paling sering dilakukan, kalau point 2 sudah saya lepas cukup pasang di toolbar browser, kalau point 1 gampang2 susah, kadang 1 minggu baru bisa publis artikel, memang update postingan dan blogwalking paling ampuh menaikan alexa rank, tipsnya bermanfaat Pak, kebetulan ranking alexa masih turun naik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat datang mas Oyo dan terima kasih atas kunjungannya...Dan juga infonya tentang alexa rank...

      Hapus
  7. skrg masang widget alexa, kyknya agak susah sob, soalnya tampilan web alexa sudah byk perubahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas. Saya malah kebingungan sendiri dengan tampilan baru alexa ini. Mudah-mudahan akan ada jalan keluarnya, mas...

      Hapus
  8. skrg blog saya hrs memulai alexa dari awal lagi sob, karena blog saya yg lama dihapus ama blogger, eh iya cara masang widget alexanya gimana tuh sob? setuju ama Penghuni 60, agak susah sekarang-sekarang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, mas...Saya juga bingung karena tampilannya berubah sejak beberapa hari lalu. Kebetulan widget alexa blog ini dipasang sebelum ada perubahan tampilannya mas...

      Hapus
  9. Ane paling setuju dengan yang nomor 1 sob, update artikel secara rutin.

    Oh ya sob, ada yang kurang tuh, pasang juga Alexa Rank Toolbar. Selain untuk menurunkan alexa rank blog sendiri, alexa toolbar ini bisa membantu menurunkan alexa rank blog lain juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas...Sebenarnya sih mau pasang toolbar alexa namun signal di tempat saya agak lemot. Untuk loading butuh waktu sekian menit mas...hehehe..

      Hapus
  10. terima kasih sudah mau berbagi da, uda?? uda ni orang padang y da?
    o ya da tolong dong da follback blogku juga da,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samo-samo Uda Redo...Iyo, asli Padang tepatnya Solok dan kini tugas di Lintau batusangkar....Iyolah, segera k TKP...

      Hapus
  11. ambo bengkulu pak.... ado juga urang awak di blogger , hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya urang awak banyak juga jadi blogger, Uda...

      Hapus
  12. punya saya alexa ranknya selalu naik kang, dulu 100rban, sekarang 180rb -_- mungkin karena jarang on yaa sayanya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Dwi sibuk menghadapi ujian kemaren ya? Mudah-mudahan sekarang aktivitas ngeblognya kembali normal...

      Hapus
  13. Sip artikel alexanya uda. Ba'a jo alexa tool bar.? Wajìb da ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Uda jarang pakai alexa toolbar karena masalah loading...Jadinya tidak "wajib".hehehe..

      Hapus
  14. Alhamdulillah, alexa cukup responsif di blog, mungkin faktor utama sering update dan blogwalking Pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, mas. sampai sekarang masih semangat update meskipun apa adanya. Begitu pula blogwalking. Tapi siapa tahu setelah ini kesempatan jadi berkurang. Terima kasih mas Oyo.

      Hapus
  15. kebetulan ranking alexa saya masih gendut :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan dapat dikuruskan lagi dengan cara update dan blogwalking sesuai dengan kondisi kita masing-masing, mas. Terima kasih.

      Hapus
    2. sayo masih sjuta da... pening palak ko da, lamo nian biar langsing

      Hapus
  16. Blogku alexanya masih gemuk ne.. ikut menyimak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari kita sama-sama belajar menguruskannya, mas...

      Hapus
  17. alexa blog saya juga termasuk gede mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena terlalu banyak persaingan pada level tertentu, ya mbak?

      Hapus
  18. alexa saya masih bengkak waduh gawat hehe

    BalasHapus
  19. Trimakasih mas tipsnya. Bisa di coba.

    BalasHapus