Menulis Itu Gampang Susah

Menulis itu gampang susah - Menulis itu gampang! Ya, tentu saja bagi orang yang sudah terlatih dan berprofesi sebagai penulis. Apalagi kegiatan menulis sudah menjadi penghasilan tambahan bahkan penghasilan utama.

Bagi yang belum terlatih dan terampil menulis, tentu saja tidak demikian halnya. Menulis itu susah!  Menulis menjadi pekerjaan yang cukup rumit, apalagi yang namanya menulis yang baik dan berkualitas serta bermanfat bagi orang lain. 

Jadi, menulis itu bisa dikatakan gampang, bisa pula dikatakan susah. Menulis itu gampang susah!.

Secara harfiah memang, menulis itu gampang. Mengapa? Selagi tidak buta huruf, setiap orang pasti pernah menulis. Menuliskan sesuatu untuk dibaca dan dipahami oleh orang lain. Misalnya, menulis sepucuk surat. 

Mengarang sebait puisi curahan hati pada kertas tulis. Ini sebenarnya menjadi modal awal untuk menulis sesuatu yang lebih luas, misalnya artikel.

menulis,gampang,susah

Masih ingatkah sobat bagaimana pengalaman menulis surat, puisi atau bahkan artikel? Ya, bias diperkirakan bahwa pertama kali akan kesulitan memilih kata atau kalimat untuk dituliskan. Padahal segudang ide atau gagasan sudah bersarang di fikiran. Menuangkannya menjadi bahasa tulis yang rumit.

Setelah terus menulis, giat berlatih, kegiatan menulis mulai terasa ringan. Tinggal bagaimana memperhalusnya menjadi sebuah artikel yang enak dibaca. Nah, inilah masalahnya. Sampai sekarang admin masih berusaha belajar membuat tulisan yang enak dibaca. Susah banget!

Berangkat dari uraian di atas, mungkin kita sepakat bahwa budaya lisan mesti diupayakan mengubahnya menjadi budaya tulisan. Budaya menulis perlu ditumbuhkembangkan sejak dini. Di lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah. 

Budaya ini sejalan dengan budaya membaca. Kebiasaan membaca seseorang akan menentukan pengalaman batin sekaligus merangsang keinginan untuk ikut menulis.

So, mari kita sama-sama belajar… dan berlatih menulis, mengasah keterampilan menulis. Hal ini tidak pandang bulu: anak sekolah, mahasiswa, guru, pegawai, blogger dan siapapun. 

Yang muda sebagai mana kebanyakan blogger. Yang tua, seperti Uda Awak…Belum terlambat untuk belajar dan mengasah keterampilan menulis…

Share this :

14 Responses to "Menulis Itu Gampang Susah"

  1. Dengan banyak berlatih menulis, pasti lama-lama akan menjadi mudah yia bos...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas...Karena menulis itu termasuk sebuah keterampilan yang memerlukan banyak latihan...Terima kasih.

      Hapus
  2. Bener juga ya pak, menulis bisa dibilang susah-susah gampang, mungkin akan terasa gampang bagi mereka yang sudah terbiasa dan memang rajin berlatih menulis tetapi bagi yang gak terbisa tentunya sangat susah. Bayangkan saja ketika kita masih abg yang baru pertama kali menulis surat cinta, beeuhh...bisa berjam-jam gak kelar-kelar tuh surat bahkan tak jarang bisa menghabiskan beberapa lembar tuh untuk bisa membuat surat hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas Marnes. Wah, jadi keingat juga waktu ABG dulu..Teringat bagaimana sulitnya membuat sepucuk surat untuk si dia...hehehe.

      Hapus
  3. kadang suka cengar cengir bahkan gak nyangka eh ternyata bisa nulis juga ya mas :)
    dan memang dg media blog ini .. kita bisa jadikan sarana untuk belajar bicara lewat cara menulis ya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mas...Media blog paling tepat dan cepat belajar menulis sebab sering mendapat motivasi oleh sahabat blogger lainnya...Selamat pagi mas Pur....

      Hapus
  4. iya kadang untuk memulai sebuah tulisan tu ada aja halangannya... mau menulis ini ingat pula hal yang itu.. tapi yang penting terus berusaha.. makasih artikelnya ya Da

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, gan. Uda juga sering mengalami hal seperti itu. Bahkan, terus terang sekarang masih sering mendapat halangan seperti itu...

      Hapus
  5. menulis memang gampang-gampang susah gan. yang paling susah itu kata pertama saat mulai menulis f4ndhy.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti memulai sesuatu yang pertama memang susah ya mas. Tapi kalu sudah mulai, maka ide-ide akan meluncur...

      Hapus
  6. Greetings with a smile from a lovely country named Belgium my friend

    BalasHapus
  7. Betul banget, menulis itu gampang bagi yang udah profesional dan terbiasa, dan akan menjadi susah ketika orang yang ditanyai itu adalah orang yang masih pemula dan belum terbiasan.

    Betul banget, budaya menulis perlu dikembang sejak dini, agar ketika kita menulis akan terasa lebih gampang.

    BalasHapus
  8. kalo saya agak susah da, kadang2 tidak ada ide, smpe 2 hari gag update, kadang2 juga 1 minggu

    BalasHapus
  9. sudah hukum alam mungkin, berbicara lebih mudah dibanding menulis. kita bisa bicara 1000 kata dalam waktu singkat namun saat di suruh menulis baru 10 kata sudah bingung

    BalasHapus