Peran Guru Sebagai Demonstrator

Peran guru sebagai demonstrator - Keberhasilan proses belajar dan mengajar di ruang kelas sangat ditentukan oleh sejauh mana kompetensi guru mengelola pembelajaran secara efektif dan efisien. 

Minimal guru memiliki kompetensi dasar pedagogik untuk melaksanakan proses pembelajaran tersebut.

Teknologi pendidikan semakin berkembang. Berbagai pendekatan dan strategi pembelajaran pun mengalami pembaharuan. Hal ini menuntut guru untuk dapat beradaptasi dengan semua pembaharuan tersebut. 

Guru tidak hanya sekadar pemberi informasi. Peran guru yang lebih esensial adalah sebagai motivator pembelajaran


peran,guru,demonstrator

Dalam melaksanakan peran guru sebagai pemberi informasi dan motivator dalam pembelajaran, guru juga berperan sebagai seorang demonstrator pembelajaran

Sebagai demonstrator, guru harus mampu menampilkan ilmu pengetahuan secara menarik dan mudah dicerna sehingga dapat diterima oleh siswa dengan baik.

Kunci kesuksesan guru melaksanakan peran demonstrator adalah menguasai ilmu pengetahuan yang akan diberikan dengan baik. Menyampaikannya dengan metode pembelajaran yang tepat. 

Sebab, bagaimana mungkin siswa menerima pelajaran jika guru mengalami keragu-raguan dalam menyampaikan materi pelajaran. Siswa akan mengalami ketidakpercayaan terhadap kebenaran materi yang disampaikan oleh guru. Kredibilitas guru pun akan menurun di mata siswa.

Upaya penting membekali keterampilan sebagai demonstrator ulung adalah selalu belajar dan bereksperimen dalam setiap pembelajaran yang dilaksanakan. Karena bagaimanapun, disaat guru mengajar maka saat itu pulalah sesungguhnya guru sedang belajar. 

So, belum ada guru yang pintar mengajar sampai sekarang! Oleh sebab itu, barangkali guru yang baik itu adalah guru yang selalu belajar meskipun sudah menyandang gelar akademik yang memadai dan berprediket guru professional.

Share this :

7 Responses to "Peran Guru Sebagai Demonstrator"

  1. Selamat malam Pak Uda, Artikel yang memberi pencerahan dan suatu
    Motivator, seorang Guru yang Berpotensi, jika semua Para Guru bisa
    Seperti yang Pak Uda Uaikan diatas, pastinya IQ Anak didiknya
    Akan lebih Berpotensi. makasih atas Penuturanya Pak Uda :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang nya hatiku bisa dapetpertamax Di artikel Peran Guru seagai
      Demonstrator. makasih atas ruang dan waktu berharga ini Pak Uda :-bd

      Hapus
    2. Malam juga mas. Benar mas, guru memang harus selalu berusaha untuk menciptakan sesuatu ide dan inspirasi kemudian diterapkan di ruang kelas. penuturan di atas terinspirasi berdasar praktek lapangan pada mata pelajaran fisika, mas...Terima kasih juga atas inspirasinya.

      Hapus
  2. selamat malam pak...saya sangat setuju sekali dengan uraian pak uda, seorang guru tentunya harus bisa mendemontrasikan apa2 yang diajarkan...karena dengan demikian pastinya murid2 jadi mudah mengerti dan mencerna apa2 yang disampaikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Jery. Mengerti atau belum seorang siswa terhadap apa yang dijelaskan tergantung juga kepada sejauhmana guru bisa mendemonstrasikan ilmu kepada mereka. Terima kasih mas Jery.

      Hapus
  3. Bener itu mas. Guru tidak hanya mengajar pelajaran yang ada saja. Tapi guru juga harus memberi motivasi agar murid muridnya bisa semangat ya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memberi motivasi ini sesungguhnya peran penting namun tidak mudah dilakukan oleh seorang guru mas. Akan tetapi memberi pelajaran itu dapat dilakukan oleh siapapun asal mempunyai ilmu tertentu. Terima kasih ya mas...?

      Hapus