Peran Utama Guru dalam Pendidikan

Peran Utama Guru dalam Pendidikan

Peran utama guru dalam pendidikan – Dalam menjalankan proses pendidikan di sekolah, guru akan memainkan berbagai peranan penting. 

Namun demikian, keberhasilan melakoni peran tersebut tergantung pada profesionalitas masing-masing guru. Artinya, belum tentu semua guru berhasil memerankan tugasnya dengan baik di ruang kelas.

Guru berjuluk profesional dituntut harus dapat memainkan peranan tersebut dengan baik. Legalitas pendidik professional sudah dikantongi, begitu pula tunjangan yang diberikan oleh pemerintah dengan jumlah yang tidak kecil. 

Semua itu harus ditebus dengan pembelajaran yang efektif dan efisien. Hasil pembelajaran dapat dimiliki oleh siswa secara kognitif (intelektual), afektif (sikap dan tingkah laku) dan psikomotorik (keterampilan dan kecakapan hidup).

peran,guru,pendidikan

Berikut ini adalah uraian singkat peranan utama guru dalam pendidikan:

1.Sebagai Disainer pembelajaran

Guru merancang proses pembelajaran dari awal sampai akhir. Baik dalam bentuk perangkat pembelajaran tertulis maupun tidak tertulis. Perencanaan tertulis yang bagus dan terstruktur menjadi langkah awal yang baik untuk mencapai tujuan secara optimal.

Penguasaan materi pelajaran menjadi persiapan tidak tertulis yang akan menentukan kelancaraan pengelolaan pembelajaran. Kita dapat bayangkan bagaimana jika seorang guru memasuki kelas tanpa persiapan yang memadai secara tertulis maupun tidak tertulis.

2.Sebagai Motivator Pembelajaran

Peran ini akan terlihat ketika melaksanakan pembelajaran. Membangkitkan kemauan dan keinginan siswa untuk belajar. Peran ini tidak dapat digantikan oleh robot canggih sekalipun. Peran motivator menyangkut  hal komunikasi manusiawi yang mengandung unsure kasih saying dan perhatian.

Tidak diharapkan, motivasi belajar siswa sudah dibangun dilingkungan keluarga oleh para orang tua. Namun sistem dan prosedur pembelajaran justru mematahkan semangat belajar siswa. Ini hal paling tragis dalam dunia pendidikan.

3.Sebagai Seniman Pembelajaran

Pembelajaran di ruang kelas mengandung-unsur-unsur seni karena selain sebagai sebuah keterampilan, mengajar adalah seni tertentu. Sentuhan seni yang dilakukan guru dalam melaksanakan pembelajaran memperkuat upaya motivasi siswa untuk belajar.

Bahwa belajar di sekolah ternyata sangat indah dan menyenangkan. Cara guru berbicara, berkomunikasi maupun berpenampilan, benar-benar mengandung seni tersendiri bagi siswa. Maka pembelajaran sesulit apapun tidak lagi menjadi sebuah beban melainkan sebuah kewajiban bagi diri siswa.

4.Sebagai Demonstrator Pembelajaran

Demo sales alat-alat keperluan rumah tangga sangatlah memukau. Orang-orang dewasa yang semulanya tidak pernah berfikir membeli jadi berubah kemauan untuk memilikinya. Ini adalah kalimat motivasi luar biasa bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran.

Peran guru yang tak kalah pentingnya adalah sebagai penyaji infomasi kepada siswa di ruang kelas. Informasi yang disajikan dikemas secara menarik dan mudah dicerna oleh siswa. Tentu saja, penyajian informasi itu perlu mempertimbangkan kemampuan rata-rata siswa di kelas.

Demikianlah 4 butir peranan utama guru dalam pendidikan. Mudah-mudahn dapat menjadi bahan inspirasi buat kita semua. Terima kasih.

Posting Komentar