Peran Utama Guru dalam Pendidikan

Peran utama guru dalam pendidikan – Dalam menjalankan proses pendidikan di sekolah, guru akan memainkan berbagai peranan penting. 

Namun demikian, keberhasilan melakoni peran tersebut tergantung pada profesionalitas masing-masing guru. Artinya, belum tentu semua guru berhasil memerankan tugasnya dengan baik di ruang kelas.

Guru berjuluk profesional dituntut harus dapat memainkan peranan tersebut dengan baik. Legalitas pendidik professional sudah dikantongi, begitu pula tunjangan yang diberikan oleh pemerintah dengan jumlah yang tidak kecil. 

Semua itu harus ditebus dengan pembelajaran yang efektif dan efisien. Hasil pembelajaran dapat dimiliki oleh siswa secara kognitif (intelektual), afektif (sikap dan tingkah laku) dan psikomotorik (keterampilan dan kecakapan hidup).

peran,guru,pendidikan

Berikut ini adalah uraian singkat peranan utama guru dalam pendidikan:

Guru merancang proses pembelajaran dari awal sampai akhir. Baik dalam bentuk perangkat pembelajaran tertulis maupun tidak tertulis. Perencanaan tertulis yang bagus dan terstruktur menjadi langkah awal yang baik untuk mencapai tujuan secara optimal.

Penguasaan materi pelajaran menjadi persiapan tidak tertulis yang akan menentukan kelancaraan pengelolaan pembelajaran. Kita dapat bayangkan bagaimana jika seorang guru memasuki kelas tanpa persiapan yang memadai secara tertulis maupun tidak tertulis.

Peran ini akan terlihat ketika melaksanakan pembelajaran. Membangkitkan kemauan dan keinginan siswa untuk belajar. Peran ini tidak dapat digantikan oleh robot canggih sekalipun. Peran motivator menyangkut  hal komunikasi manusiawi yang mengandung unsure kasih saying dan perhatian.

Tidak diharapkan, motivasi belajar siswa sudah dibangun dilingkungan keluarga oleh para orang tua. Namun sistem dan prosedur pembelajaran justru mematahkan semangat belajar siswa. Ini hal paling tragis dalam dunia pendidikan.

Pembelajaran di ruang kelas mengandung-unsur-unsur seni karena selain sebagai sebuah keterampilan, mengajar adalah seni tertentu. Sentuhan seni yang dilakukan guru dalam melaksanakan pembelajaran memperkuat upaya motivasi siswa untuk belajar.

Bahwa belajar di sekolah ternyata sangat indah dan menyenangkan. Cara guru berbicara, berkomunikasi maupun berpenampilan, benar-benar mengandung seni tersendiri bagi siswa. Maka pembelajaran sesulit apapun tidak lagi menjadi sebuah beban melainkan sebuah kewajiban bagi diri siswa.

4.Sebagai Demonstrator Pembelajaran
Demo sales alat-alat keperluan rumah tangga sangatlah memukau. Orang-orang dewasa yang semulanya tidak pernah berfikir membeli jadi berubah kemauan untuk memilikinya. Ini adalah kalimat motivasi luar biasa bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran.

Peran guru yang tak kalah pentingnya adalah sebagai penyaji infomasi kepada siswa di ruang kelas. Informasi yang disajikan dikemas secara menarik dan mudah dicerna oleh siswa. Tentu saja, penyajian informasi itu perlu mempertimbangkan kemampuan rata-rata siswa di kelas.

Demikianlah 4 butir peranan utama guru dalam pendidikan. Mudah-mudahn dapat menjadi bahan inspirasi buat kita semua. Terima kasih.

Share this :

12 Responses to "Peran Utama Guru dalam Pendidikan"

  1. saya juga menjadikan salah satu guru di sekolah sebagai motivator saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luar biasa mbak Elsa...Meskipun sudah terjun ke tengah masyarakat, mbak Elsa masih menajdikan guru sebagai motivator. Salut deh, mbak sama guru tersebut...

      Hapus
  2. Guru selalu memberikan yang terbaik bagi kita ya kan Mas Uda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak Dheavy...Keempat butir peran yang disebutkan di atas sesungguhnya memberikan yang terbaik bagi siswa khususnya dan orang banyak umumnya. Terima kasih mbak.

      Hapus
  3. sebagai motivator itu yang harus banget ya mas.. jadi para murid akan selalu semangat setelah menerima pelajaran dari sang guru.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam mas. Sepertinya memang begitu mas. Itu sebabnya dikatakan motivator sebagai peran guru yang paling strategis...

      Hapus
  4. Saya setuju dengan peranan guru yang di paparkan oleh mas uda oh ya lama saya tidka online ternyata mas uda sudah pake domain selamat untuk domain barunya ya ams uda . ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak Friska. Senang berjumpa dengan mbak Friska kembali. Oh, ya. Selain domain, nama blog pun diganti mbak...

      Hapus
  5. kata pepatah, guru adalah perhiasan sedngkan orang tua wadahnya. Mungkin pepatah itu memang benar yia bos, karena tanpa guru mungkin kita tidak tahu banyak hal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap mas. Guru dan orang tua akan menjadikan anak lebih bagus bak perhiasan dalam segi ilmu, sikap dan keterampilannya...

      Hapus
  6. Guru adalah ujung tombak pendidikan...guru yg memiliki peran utama untuk penentu keberhasilan pendidikan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, bunda...Karena guru adalah pihak yang terjun langsung dan berhadapan dengan subjek sekaligus objek pendidikan itu (siswa). Terima kasih, bunda.

      Hapus