Peranan Wali Kelas di Sekolah

Peranan wali kelas di sekolah - Di sekolah dasar/sederajat dikenal guru kelas, maka di sekolah menengah pertama/sederajat dan sekolah menengah atas/sederajat dikenal istilah guru wali kelas. Peran guru wali kelas ini agak lebih spesifik karena melibatkan proses bimbingan secara akademis maupun non-akademis.

Wali kelas harus berasal dari guru yang mengajar di kelas tersebut karena berkaitan dengan fungsinya dalam kegiatan bimbingan. Ditunjuk oleh kepala sekolah melalui prosedur tentu. Penunjukan wali kelas oleh kepala sekolah di awal tahun pelajaran.

Secara struktural sekolah,  wali kelas merupakan perpanjangan tangan kepala sekolah dalam mengelola kelas. Jadi, wewenang kepala sekolah sebagai menejer pendidikan di kelas didelegasikan kepada wali kelas.

peranan,wali,kelas

Salah satunya tugas wali kelas yang sudah sama  kita ketahui adalah mengisi raport dan membagikannya kepada siswa. Ini berkaitan dengan tugas wali kelas dibidang administrasi kelas.

Selain memiliki tugas  administrasi, wali kelas juga mengelola kelas yang menjadi bimbingannya. Pengelolaan siswa di kelas bertujuan untuk membantu proses belajar siswa agar berjalan seoptimal mungkin.

Wali kelas itu sesungguhnya wakil orang tua di sekolah. Pengganti orang tua di sekolah berkaitan dengan perkembangan belajar anak. 

Adapun peran wali kelas di sekolah sebagai berikut:
1.Orang yang dapat mengatasi masalah-masalah di dalam kelas.
2.Orang yang bisa mendiagnosis siswa yang mempunyai masalah.
3.Orang yang mampu memberi berbagai pelatihan kepada siswa yang mendorong timbulnya kesadaran diri.
4.Orang yang bisa memasukkan sistem (pendekatan dan inovasi) ke dalam ruang kelas.
5.Orang yang dapat mengkomunikasikan siswa-guru, siswa-kepala sekolah, atau siswa-orang tua/wali.
6.Orang yang bisa memasukkan berbagai alternatif kebutuhan kelas terhadap pemecahan masalah di dalam kelas

Demikian secuil info mengenai peranan wali kelas di sekolah. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi buat siswa maupun orang tua siswa.

Share this :

0 Response to "Peranan Wali Kelas di Sekolah"

Poskan Komentar