Ujian Nasional Berkarakter

Ujian nasional berkarakter – Pentas akbar dunia pendidikan, ujian nasional ( UN ), akan digelar minggu depan untuk tingkat SMU/Sederajat dan awal Mei 2014 untuk tingkat SMP/Sederajat. Semua pihak yang terkait; siswa, guru, pimpinan sekolah dan pemerintah daerah berharap agar pelaksanaan ujian nasional tersebut berjalan lancar dan sukses.

Memperoleh nilai yang tinggi menjadi tujuan utama siswa, guru dan pelaksana pendidikan lainnya di tingkat sekolah. Namun hal itu bukan berarti melakukan segala cara untuk mencapai tujuan dimaksud. 

ujian,ujian nasional,berkarakter


Berbagai bentuk kecurangan yang dilakukan oleh siswa dan pengawas ujian sesungguhnya telah menimbulkan kerugian pada pembentukan karakter siswa. Dampak yang dirasakan memang tidak dalam waktu dekat. Namun setelah sekian tahun setelah mereka berkecimpung di tengah masyarakat.


Ujian nasional berkarakter menekankan pada pelaksanaan yang dilandasi kejujuran. Kerja sama dalam pelaksanaan UN sangat dibutuhkan namun bukan berarti kerja sama negatif dalam melakukan kecurangan. Siswa dan guru ( pengawas ) perlu kerja sama dalam mencapai hasil ujian yang optimal.

Guru memberikan motivasi agar siswa mampu mengerjakan soal-soal dengan baik. Berjuang menghadapi ujian berdasarkan ilmu pengetahuan yang telah diberikan guru selama proses belajar mengajar lebih kurang 3 tahun. 

Membantu siswa dalam mengerjakan soal UN bukanlah cara yang baik. Keberhasilan siswa dalam UN memperoleh nilai tinggi dengan cara tidak jujur bukanlah suatu kebanggaan guru.

Jadi, pelaksanaan UN seyogyanya lebih mengutamakan kejujuran sesuai dengan konsep pendidikan karakter. Demikian sekadar bahan inspirasi dalam menghadapi UN 2014. Selamat berjuang kepada anak-anak didik kami peserta ujian pada UN 2014. Semoga Sukses!

Share this :

16 Responses to "Ujian Nasional Berkarakter"

  1. tentunya dengan ujian nasional berkarakter ini diharapkan menjadi pondasi bagi tumbuh kembang mental anak didik agar kedepannya bisa melahirkan insan2 dengan karakter unggulan juga ya pak uda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas Jery. Harapan ini akan terwujud sekian tahun yang yang akan datang, dimana mereka akan memimpin negeri ini mas.

      Hapus
  2. Dengan Ujian Nasional akan menentukan hasil belajar siswa yah Pak Uda.
    Karena kemampuan selam belajar sebelum Ujian, akan di tumpahakan
    Semua pengetahuan siswa pada berkas Ujian tersebut. semoga saja para
    Siswa dan semua Anak Didik Bapak Uda berhasil dalam Ujian Nasional
    Pada tahun ini (Amin)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Met pagi mas Saud. Ujian nasional membuktikan ilmu pengetahuan yang sudah diberikan selama 3 tahun dapat dikuasai apa belum. Terima kasih atas doanya mas...

      Hapus
  3. Sangat prihatin ya bang, sudah menjadi rahasia umum bila ujian terdapat ketidak kejujuran baik dari pihak guru ataupun murid. Semoga saja hal ini sudah dapat dikurangi. Walau nilai yang tinggi memang penting tapi jauh lebih penting bila kita dapat merasa puas dengan hasil usaha sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mas. Nilai tinggi namun hasil usaha sendiri dan dilandasi kejujuran. Ini yang lebih penting...

      Hapus
  4. ujian karakter ya? semoga semuanya bisa lulus semuanya, baik dalam ujian karakter ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas. Mudah-mudahan lulus dengan nilai baik dan UN berkarakter tercapai...

      Hapus
  5. Semoga ujian nasional kali ini berjalan lancar dan sukses ya Maz Uda, Semoga semua nya bisa lulus dan mendapatkan nilai yang maksimal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin...Terima kasih mas Heri...

      Hapus
  6. semoga semuanya lulus aja deh, hehe Sukseskan UN 2014

    BalasHapus
    Balasan
    1. aMIIN...terima kasih mbak Dwi...

      Hapus
  7. semoga aja yang mau ujian ini dapat mendapatkan prestasi maksimal dan dapat dijadikan tulang punggung harapan bangsa dimasa datang yamas.kita cuman bisa berdoa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin...Terima kasih doa dan kunjungannya mas...

      Hapus
  8. pendidikan pembentukan karakter hendaknya juga diujikan ya mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar juga mas. sampai sekarang belum diujikan secara tertulis maupun lisan...

      Hapus