Ujian Nasional Berkarakter

Ujian Nasional Berkarakter

banner
Ujian nasional berkarakter – Pentas akbar dunia pendidikan, ujian nasional ( UN ), akan digelar minggu depan untuk tingkat SMU/Sederajat dan awal Mei 2014 untuk tingkat SMP/Sederajat. Semua pihak yang terkait; siswa, guru, pimpinan sekolah dan pemerintah daerah berharap agar pelaksanaan ujian nasional tersebut berjalan lancar dan sukses.

Memperoleh nilai yang tinggi menjadi tujuan utama siswa, guru dan pelaksana pendidikan lainnya di tingkat sekolah. Namun hal itu bukan berarti melakukan segala cara untuk mencapai tujuan dimaksud. 

ujian,ujian nasional,berkarakter


Berbagai bentuk kecurangan yang dilakukan oleh siswa dan pengawas ujian sesungguhnya telah menimbulkan kerugian pada pembentukan karakter siswa. Dampak yang dirasakan memang tidak dalam waktu dekat. Namun setelah sekian tahun setelah mereka berkecimpung di tengah masyarakat.


Ujian nasional berkarakter menekankan pada pelaksanaan yang dilandasi kejujuran. Kerja sama dalam pelaksanaan UN sangat dibutuhkan namun bukan berarti kerja sama negatif dalam melakukan kecurangan. Siswa dan guru ( pengawas ) perlu kerja sama dalam mencapai hasil ujian yang optimal.

Guru memberikan motivasi agar siswa mampu mengerjakan soal-soal dengan baik. Berjuang menghadapi ujian berdasarkan ilmu pengetahuan yang telah diberikan guru selama proses belajar mengajar lebih kurang 3 tahun. 

Membantu siswa dalam mengerjakan soal UN bukanlah cara yang baik. Keberhasilan siswa dalam UN memperoleh nilai tinggi dengan cara tidak jujur bukanlah suatu kebanggaan guru.

Jadi, pelaksanaan UN seyogyanya lebih mengutamakan kejujuran sesuai dengan konsep pendidikan karakter. Demikian sekadar bahan inspirasi dalam menghadapi UN 2014. Selamat berjuang kepada anak-anak didik kami peserta ujian pada UN 2014. Semoga Sukses!

Advertisement banner
banner

Your Reactions:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.