Yakinkah Siswa Lulus UN (?)

Yakinkah siswa lulus UN (?) – Siswa kelas tingkat terakhir jenjang SMA/Sederajat telah selesai mengikuti ujian nasional ( UN ). Saat ini mereka tengah menunggu pengumuman lulus secara resmi dari pihak pemerintah. Apakah menunggu itu membosankan? Barangkali menunggu waktu pengumuman kelulusan tidak demikian. Lantas, yakinkah siswa lulus UN (?)

Pertanyaan ini hanya sekadar membuka bahan diskusi dan inspirasi siswa yang telah berjibaku menghadapi UN. Kemungkinan jawaban dari pertanyaan itu kita rangkum ke dalam tiga kategori: (a) yakin lulus, (b) tidak yakin lulus, (c) ragu-ragu lulus! Jika kebetulan pengunjung dan pembaca artikel ini siswa yang telah mengikuti UN, masuk kategori mana?

keyakinan lulus,lulus un

Sebagaimana sudah diketahui, ada kriteria kelulusan siswa dalam UN. Siswa harus memperoleh nilai setiap mata pelajaran yang di-UN-kan minimal 4,0 dan rata-rata semuanya 5,5. Jika siswa telah menjawab soal-soal ujian dengan baik, maka siswa akan lulus. Namun perlu diingat, ada persyaratan teknis yang ikut menentukan kelulusan siswa.

Ketelitian dan keakuratan mengisi data pada lembaran jawaban komputer (LJK) adalah salah satu persyaratan teknis yang dimaksud dalam artikel ini. Lembaran jawaban siswa dibaca dan diperiksa oleh alat baca optik (ABO). Nah, apakah siswa sudah mengisi semua biodata dan jawaban soal dengan tepat dan benar sesuai petunjuk pengisian LJK?

Biodata peserta harus benar-benar sesuai dengan data yang tertera pada kartu peserta ujian. Kekeliruan dalam mengisi biodata berakibat fatal terhadap kelulusan siswa. Kemudian, pengisian pilihan jawaban pada LJK apakah sudah sesuai petunjuk pengisian? Misalnya, bulatan harus penuh dan hitam supaya bisa dibaca ABO.

Sekarang, apakah siswa yakin lulus ujian nasional?  Jika sudah memenuhi persyaratan di atas, yakinlah! Siswa bisa lulus ujian nasional. Selebihnya, diserahkan kepada Yang Maha Kuasa. Semoga siswa lulus ujian nasional dan siap berjuang selanjutnya untuk mengikuti perguruan tinggi. 

Share this :

2 Responses to "Yakinkah Siswa Lulus UN (?)"

  1. ujian nasional sekarang benar2 ketat ya pak cara mengoreksinya, hmmm tapi niscaya akan menghasilkan siswa yg pintar dan berkualitas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya memang begitu buk Indri...Ketat namun mengundang "was-was". Mungkin kita lebih percaya pada robot spider google dalam menilai artikel maupun domain sebuah blog, buk,,.hehehe...

      Hapus