6 Strategi Penting Sebelum Mengajar

Strategi penting sebelum mengajar – Mengajar merupakan kegiatan guru untuk membelajarkan siswa secara dinamis. Guru berusaha untuk menciptakan situasi dan kondisi bagaimana siswa dapat belajar dengan baik. Hal ini tidak akan terwujud dengan sendirinya tanpa strategi atau siasat khusus dari guru.

Yang dihadapi guru di ruang kelas adalah individu yang sedang berkembang menuju taraf kedewasaan. Individu yang terdiri dari berbagai karakter sikap dan tingkah laku, potensi serta minat dan kemauan belajar.

Mau atau tidak, menghadapi siswa yang heterogen di dalam sebuah kelas, guru harus mengelola kondisi ini dengan penuh perhitungan. Tidak ada jaminan seorang guru akan sukses mengelola pembelajaran tanpa siasat sebelum proses pembelajaran berlangsung.

strategi,strategi mengajar

Sekurang-kurangnya ada 6 Strategi penting sebelum mengajar yang perlu dikaji ulang oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran, yaitu:

1.Memahami kurikulum

Kurikulum merupakan pedoman utama bagi guru dalam menjalankan pembelajaran. Oleh sebab itu guru perlu membaca, mempelajari dan memahami isi kurikulum dengan baik. Hasil kegiatan ini dituangkan kedalam perangkat mengajar sehingga siap dioperasionalkan di ruang kelas.

2.Menyiapkan perangkat mengajar

Perangkat mengajar adalah persiapan tertulis yang dibuat dan dirancang guru sedemikian rupa sehingga bisa diterapkan dengan baik di ruang kelas. Tentu saja perangkat mengajar setiap guru akan berbeda meskipun strukturnya sama. Perbedaan ini disebabkan oleh karakter siswa dan ketersediaan sarana belajar di suatu sekolah.

3.Memilih metode pembelajaran

Metode pembelajaran merupakan cara atau teknik guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa. Banyak sekali metode pembelajaran yang dapat dipilih dan digunakan guru untuk melaksanakan pembelajaran.

4.Menyediakan media/sumber belajar

Media/sumber belajar berfungsi untuk menunjang kelancaran proses belajar siswa. Dengan menggunakan media belajar, siswa akan mudah menyerap materi pelajaran. Media belajar tidak mesti yang mahal dan canggih. Media belajar sederhana sekalipun akan membantu peserta didik dalam mencerna materi pelajaran yang disajikan.

5.Memahami karakter siswa

Mempelajari karakter siswa menjadi kegiatan penting bagi guru. Keberhasilan pembelajaran juga ditentukan oleh bagaimana karakter siswa dalam satu kelas. Dengan memahami karakter ini guru dapat menentukan bagaimana corak pembelajaran yang akan dijalankan.

6.Merancang penilaian

Semua kegiatan pembelajaran diakhiri dengan penilaian. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana keberhasilan proses pembelajaran yang dijalankan. Selain itu dengan kegiatan penilaian, guru dapat menganalisa proses yang sudah berlangsung dan mempertimbangkan proses pembelajaran berikutnya.

Oleh sebab itu penilaian perlu dirancang sedemikian rupa agar dapat mengukur apa yang hendak dicapai. Analisa hasil kegiatan penilaian akan mengarahkan guru untuk mengambil tindakan selanjutnya, apakah perlu perbaikan (remedial) atau pengayaan materi pelajaran. 
Demikian 6 strategi penting sebelum mengajar yang perlu dipertimbangkan guru. Mudah-mudahan menambah inspirasi para guru untuk mendiskusikannya.

Share this :

0 Response to "6 Strategi Penting Sebelum Mengajar "

Poskan Komentar