Inilah 7 Tipe Belajar Siswa

Inilah 7 tipe belajar siswa – Kali ini matra pendidikan kembali akan mengulas masalah belajar siswa. Masalah siswa tidak akan ada habisnya untuk dibahas dan didiskusikan. Karena siswa termasuk individu unik dan penuh dinamika sesuai tahap perkembangan psikologisnya.

Pemahaman terhadap karakter siswa merupakan langkah strategis bagi guru dalam merancang perangkat mengajar. Sebab, dalam dalam kelas heterogen pastilah dihuni oleh siswa dengan karakter  berbeda satu sama lainnya.

Berbagai tipe belajar siswa hanyalah bagian dari unsur karakteristik siswa yang perlu mendapat perhatian guru. Pada artikel sebelumnya sudah disinggung masalah tipe belajar siswa secara umum, namun kali ini akan dikupas lebih rinci. Ada 7 tipe belajar siswa berdasarkan pendapat Grafer, yaitu :

tipe belajar,siswa,sekolah

1.Tipe Increamental

Tipe belajar ini dimiliki oleh siswa pada umumnya, dimana mereka dapat menerima informasi belajar secara selangkah demi selangkah. Mulai dari materi yang termudah ke materi yang tersulit. Untuk memahami pelajaran berikutnya, siswa harus paham terlebih dahulu materi sebelumnya. Ini menjadi pedoman bagi guru dalam merancang pembelajaran berikutnya.

2.Tipe Intuitif

Anak cerdas termasuk tipe belajar ini. Mereka mampu belajar tidak berurutan, menerima dan mensintesakan informasi belajar dengan cepat dan tepat. Mampu menghubungkan satu materi pelajaran terdahulu dengan pelajaran yang sedang dibahas.

3.Tipe Sensory Specialist

Siswa mampu mempelajari sesuatu berdasarkan indra tertentu saja. Misalnya menggunakan indra penglihatan, atau indra pendengaran saja.

4.Tipe Sensory generalis

Siswa tipe ini mampu belajar harus menggunakan media belajar. Mereka sangat peka menrima pelajaran melalui media gambar, tulisan dan berbagai media 2 atau 3 dimensi.

5.Tipe Emosional

Siswa tipe ini suka melibatkan hubungan emosional dengan teman. Oleh sebab itu mereka suka berdiskusi dan berbagi dengan teman di kelompoknya. Metode pembelajaran yang sesuai dengan mereka adalah metode diskusi kelompok.

6.Tipe Emosional Neutral Learning

Siswa tipe ini akan dapat belajar berdasarkan fakta-fakta yang mereka temukan di sekitar lingkungan mereka.

7.Tipe elektrik

Siswa tipe elektrik dapat menerima informasi belajar dalam berbagai situasi. Mereka dapat menerima pelajaran dengan metode dan media belajar apapun. Tipe elektrik merupakan gabungan dari semua tipe belajar yang ada.

Demikian uraian ringkas 7 tipe belajar siswa yang menjadi perhatian bagi guru. Mudah-mudahan ada manfaatnya.

Share this :

4 Responses to "Inilah 7 Tipe Belajar Siswa"

  1. Dapat pertamax ni pak, kalau saya lebih suka dengan Tipe elektrik, sebab tipe ini saya rasa multifungsi, benarkan pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, pak Ibrahim... Siswa dg tipe belajar elektrik ini dapat merespons semua situasi dan kondisi belajar...

      Hapus
  2. izin bookmark gan..
    jangan lupa komen back dan kunjungan nya ditunggu gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke Uda Dede. Terima kasih...

      Hapus