Apa Untungnya Kegiatan Ngeblog?

Apa Untungnya Kegiatan Ngeblog?

Apa untungnya kegiatan ngeblog? – Jawaban pertanyaan naif ini pasti sudah ada di kepala sahabat blogger. Apalagi yang sudah lama berkecimpung di dunia blogging. 

Namun demikian jawaban umum yang lazim kita ketahui adalah untuk berbagi ilmu pengetahuan, menjalin tali silaturrahmi, dan lain sebagainya.

Tentu saja, tidak semua kegiatan itu mendatangkan keuntungan. Di samping keuntungan juga ada kerugian. Penilaian terhadap untung rugi kegiatan ngeblog tergantung pengalaman masing-masing blogger. 

Berdasarkan pengalaman Admin ada beberapa catatan penting tentang keuntungan kegiatan ngeblog:

keuntungan,ngeblog,blogging

1.Kegiatan ngeblog mengandung unsur pendidikan. Ada nilai motivasi belajar untuk selalu berbuat yang lebih baik. Bagi siswa, manfaat ngeblog lebih dirasakan lagi jika dilakukan dengan baik dan benar.

2.Menyalurkan minat menulis, berkreasi dan berinovasi secara mandiri dan independen. Ini akan berbeda dengan menyalurkan bakat menulis di media massa cetak.

3.Dapat berbagi informasi, pengetahuan dan pengalaman meskipun belum tentu bermanfaat bagi orang lain.

4.Membuka jendela dunia pengetahuan yang sangat luas melalui kegiatan browsing, surfing dan searching.

5.Menjalin persahabatan yang lebih banyak dan lebih luas.

6.Menjalin tali silaturrahmi dengan sesama blogger maupun pengguna internet .

7.Ngeblog menjadi tempat curhat yang menyenangkan.

8.Dapat mendatangkan penghasilan meskipun itu baru sebatas pengganti biaya pulsa dan biaya operasional ngeblog lainnya.

Sementara itu, kerugian kegiatan ngeblog yang sudah umum adalah menyita banyak waktu dan sering menguras tenaga selama ngeblog. 

Kadang-kadang lupa makan, terlambat menunaikan shalat, dan nyaris tiap malam telat tidur. Semua kerugian ini diharapkan tidak menjadi kerugian sia-sia.

Demikian kira-kira beberapa keuntungan kegiatan ngeblog yang admin rasakan selama berkecimpung di dunia blogging. Bagaimana dengan Sobat sendiri?  

Posting Komentar