Cara Siswa Menerima Informasi Belajar

Cara siswa menerima informasi belajar – Cara belajar siswa akan berbeda satu sama lainnya. Begitu pula kemampuan dalam menerima informasi belajar. Ini tergantung pada tipe belajar siswa.

Kenyataanya, tidak ada siswa yang tergantung hanya pada satu tipe belajar saja. Seorang siswa pasti memiliki satu atau lebih tipe belajar. Berdasarkan 7 tipe belajar siswa, maka cara siswa menerima informasi belajar dikelompokkan menjadi 4 cara, yaitu:

1.Cara melihat

Siswa yang menggunakan cara ini akan dapat belajar dengan baik bila melihat langsung apa yang sedang dibahas. Misalnya, pembahasan sistem pencernaan makanan akan dapat dipahami oleh siswa bila melihat gambar atau carta sistem pencernaan manusia atau hewan. Media belajar sangat penting bagi siswa yang belajar cara ini.

cara,menerima,informasi,belajar

2.Cara mendengar

Siswa menerima informasi belajar dengan cara mendengarkan penjelasan guru atau media belajar audio.

3.Cara merasakan

Mereka dapat belajar dengan baik menggunakan indera peraba dan perasa, serta  merasakan secara langsung. Mengapa tubuh manusia kedinginan? Karena suhu di luar tubuh lebih rendah daripada dalam tubuh. Begitu pula saat mempelajari bagian-bagian alat perasa (lidah). MIsalnya ujung lidah untuk merasakan rasa asin.

4.Cara melakukan

Penyerapan informasi belajar dengan baik bila siswa melakukan dan mengalaminya secara langsung. Misalnya, kegiatan praktikum yang dilakukan di laboratorium sekolah. Materi pelajaran yang bersifat teori tidak bias dipahami oleh siswa tanpa melakukan praktik langsung.

Share this :

2 Responses to "Cara Siswa Menerima Informasi Belajar"