Fisika itu Zat dan Energi

Fisika itu zat dan energi - Jika sobat pernah belajar menggunakan Kurikulum 1975, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah zat dan energi dalam mata pelajaran fisika. Pada kesempatan ini admin hendak mengungkapkan bahwa kajian mata pelajaran fisika SMP menurut kurikulum pendidikan saat itu adalah masalah zat dan energi.

Buku pelajaran pokok fisika berjudul Zat dan Energi 1 (untuk kelas 1), Zat dan Energi 2 untuk kelas 2 dan Zat dan Energi 3 untuk kelas 3. Meskipun tidak diberi judul “fisika” namun yang dimaksud fisika itu sendiri adalah zat dan energi. 


fisika,zat,energi

Judul fisika pada buku pokok, sebagaimana buku yang beredar sekarang untuk siswa SMP, sesungguhnya sama dengan zat dan energi pada kurikulum pendidikan 1975.

Salah satu penyebab mata pelajaran fisika dianggap sulit oleh sebagian besar siswa sekarang ini, akibat penggantian nama dari Zat dan Energi menjadi fisika. Istilah zat dan energi ternyata lebih optimis dan bersifat psikologis. 

Namun fisika terkesan agak memberatkan, apalagi dipenuhi oleh banyak rumus yang membuat kepala siswa pusing tujuh keliling.

Pada hakikatnya belajar fisika itu adalah mengkaji segala sesuatu yang berkaitan dengan zat dan energi. Zat adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruangan. Benda padat, cair dan gas (udara) adalah zat. Ketiga jenis zat ini memiliki massa karena dapat diukur/ditimbang dan sudah pasti menempati tempat tertentu (ruang).

Bagaimana jika tidak memiliki massa alias tidak bisa ditimbang (diukur massaanya)? Nah, ini dikelompokkan ke dalam energi. Contoh; grafitasi bumi dan kalor (panas) tidak bisa ditimbang massanya, begitu juga dengan gelombang, cahaya dan bunyi. 

Oleh sebab itu materi pelajaran ini termasuk energi. Kita tidak pernah mendengar ada orang yang  menimbang panas, gelombang atau cahaya untuk mengetahui berapa massanya.

Kesimpulannya, apapun konsep dan sub-konsep pelajaran fisika di SMP menurut kurikulum yang berlaku sekarang ini,  hanyalah membahas masalah zat dan energi yang ada di sekitar kita. Fisika itu ada dimana-mana di sekitar lingkungan kita. Kalau begitu, mengapa pelajaran fisika harus dianggap sulit? 

Share this :

3 Responses to "Fisika itu Zat dan Energi"

  1. wah kalau fisika saya sangat suka sekali mas uda saya sangat senang sekalu mata pelajaran tersebut .

    BalasHapus
  2. fisika merupakan zat dan sekaligus sumber energi ya pak... tanpa kita sadari energi fisika setiap hari terlibat dalam aktivitas kita sehari2 :D

    BalasHapus
  3. saya pun begitu, menganggap fisika sebagai pelajaran yang sulit dulu.

    BalasHapus