Fungsi Perangkat Mengajar

Fungsi perangkat mengajar – Sebelum melaksanakan tugas mengajar di ruang kelas, guru telah membuat persiapan tertulis. Semua persiapan untuk keperluan mengajar dikenal dengan istilah perangkat mengajar.

Perangkat mengajar dibuat di awal tahun pelajaran baru setelah dewan guru melakukan lokakarya di sekolah. Lokakarya bertujuan untuk menyamakan visi dan misi guru dalam hal pelaksanaan kurikulum pendidikan di sekolah.

Pengkajian terhadap kalender pendidikan merupakan kegiatan penting dalam lokakarya di sekolah. Roh pelaksanaan kurikulum di sekolah adalah kalender pendidikan yang ditetapkan oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

fungsi,perangkat,mengajar

Kesepakatan hasil lokakarya akan diimplementasikan dalam perangkat mengajar setiap guru. Dalam sebuah perangkat mengajar akan tergambar bagaimana seorang guru merancang dan mempersiapkan pembelajaran selama satu tahun, satu semester atau satu kali pertemuan.

Ada beberapa macam perangkat mengajar yaitu silabus mata pelajaran, program tahunan, program semester, rencana pembelajaran, bahan ajar, dan lain sebagainya. Perangkat mengajar ini diminta dan diperiksa di awal tahun pelajaran oleh kepala sekolah.Semua perangkat tersebut bagi guru berfungsi untuk:

1.Perangkat mengajar menjadi bukti bahwa guru telah siap mengajar. 2.Pertanggungjawaban ilmiah tugas guru dalam pembelajaran
3.Bukti fisik kegiatan guru untuk keperluan naik pangkat/golongan, program sertifikasi guru dan keperluan lainnya.
4.Sebagai panduan oleh guru dalam menjalankan kegiatan pembelajaran.

Perangkat mengajar dikatakan mencapai sasaran apabila isi dan muatan yang ada di dalamnya dapat diimplementasikan oleh guru dalam pembelajaran di kelas.

Share this :

0 Response to "Fungsi Perangkat Mengajar"

Poskan Komentar