Makna Keberhasilan Bagi Siswa

Matra Pendidikan -  Kadang-kadang siswa memaknai suatu keberhasilan secara dangkal dan sederhana. Siswa A sudah merasa berhasil dan puas karena dapat mencapai ketuntasan belajar pada ulangan harian meskipun nilainya hanya  pada batas nilai KKM.

Begitu pula ketika naik kelas atau lulus ujian nasional (UN). Yang penting ia mencapai ketuntasan belajar, naik kelas dan lulus ujian. Meskipun nilai perolehannya pas-pasan.

Berbeda dengan siswa B.  Merasa belum berhasil karena belum mencapai nilai tertinggi dalam setiap ujian. Tidak menjadi juara kelas. Tidak menjadi juara umum di sekolahnya.

makna sukse,siswa,belajar

Makna keberhasilan itu bagi siswa ternyata bersifat relatif. Hal ini tergantung pada sejauh mana ambisi siswa untuk mewujudkan keberhasilannya. Seperti ilustrasi di atas, siswa A ternyata kurang berambisi untuk meraih prestasi belajar yang maksimal. 

Mungkin karena sadar diri bahwa pelajarannya sangat sulit. Upaya yang dilakukan seadanya.

Siswa B justru sangat ambisius untuk menjadi yang terbaik di antara semua temannya. Tentu saja, ambisi tersebut sudah diiringi dengan usaha yang optimal. 

Untuk menjadi yang terbaik memang harus unggul dalam hal belajar. Rajin, tekun dan menguasaai cara belajar yang efektif.
Share this :

0 Response to "Makna Keberhasilan Bagi Siswa"

Poskan Komentar