Makna Keberhasilan Bagi Siswa

Makna keberhasilan bagi siswa - Para siswa telah menerima rapor semester ganjil. Ada siswa yang merasa sangat gembira setelah melihat nilai yang tertera pada rapor mereka. Namun tidak sedikit yang terpekur sedih merima kenyataan. Hasil belajar mereka tidak memuaskan bahkan mengecewakan.

Lalu, apa sesungguhnya makna keberhasilan atau kegagalan bagi siswa? Jika anda sering bertanya kepada siswa yang baru saja menerima rapor, niscaya anda akan memperoleh jawaban yang beragam.

Kadang-kadang siswa memaknai suatu keberhasilan secara dangkal dan sederhana. Sebagai contoh, siswa A sudah merasa berhasil dan puas karena dapat mencapai ketuntasan belajar pada mata pelajaran tertentu yang dirasa sangat sulit.


Makna keberhasilan bagi siswa akan bersifat relatif, tergantung pada siswa yang memperoleh nilai atau hasil belajar. Mari kita coba mengidentifikasi makna keberhasilan bagi siswa.

1.Semua mata pelajaran bernilai bagus meskipun tidak meraih peringkat terbaik.

2.Menjadi juara kelas, juara umum di sekolah atau mendapat ranking 10 besar di kelas.

3.Lulus ujian nasional dengan nilai memuaskan atau pas-pasan sekalipun.

4.Berhasil naik kelas meskipun tidak mendapat ranking baik.

5.Mempertahankan prestasi belajar.

6.Berhasil mengungguli nilai teman sekelas.



Untuk menjadi yang terbaik memang harus unggul dalam hal belajar. Rajin, tekun dan menguasaai cara belajar yang efektif.


0 Response to "Makna Keberhasilan Bagi Siswa"

Posting Komentar